Sukses

7 Tips Menata Buku di Rumah Agar Rapi dan Enak Dipandang

Tips menata buku di rumah agar rapi tidak hanya melihat penyusunannya saja.

Liputan6.com, Jakarta Tips menata buku di rumah agar rapi dan enak dipandang bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Di kala memiliki banyak waktu luang untuk bersih-bersih rumah, tidak ada salahnya kamu menengok ke bagian rak buku dan memperhatikan nasib buku-buku koleksimu.

Kegiatan ini tentunya sangat menyenangkan untuk dilakukan karena dapat membuatmu nostalgia saat membaca buku-buku tersebut. Dengan membersihkan dan merapikan rak buku, kamu tentunya akan lebih tertarik untuk sering-sering membaca.

Tips menata buku di rumah agar rapi tidak hanya melihat penyusunannya saja, namun juga memperhatikan kondisi rak dan kondisi buku. Selain harus menatanya dengan rapi, kamu juga perlu untuk menjaga ketahanan rak dan buku yang akan ditata sehingga lebih enak dipandang.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang tips menata buku di rumah dari berbagai sumber, Selasa (7/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Menata Buku di Rumah

Menata Buku berdasarkan Warna

Tips menata buku di rumah yang pertama adalah dengan menyusunnya sesuai warna. Hal ini tentunya sangat diperhatikan oleh kamu yang senang melihat sesuatu tertata rapi dan bernuansa seni.

Mungkin akan cukup sulit untuk menemukan warna yang persis sama dari masing-masing buku. Jadi kamu harus memberikan sedikit ruang ketika ingin mencocokkan.

Tips yang baik dalam hal ini adalah mengelompokkan rona berbeda dengan warna yang sama. Misalnya, kombinasikan warna biru, dongker, dan biru langit. Penataan sepeti ini memberikan efek yang sangat bagus di rak.

Menata Buku Horizontal dan Vertikal

Kamu bisa atur buku dari ukuran paling tinggi ke terendah seperti anak tangga. Secara visual pasti lebih rapi karena tidak ada yang tiba-tiba menonjol sendiri di tengah-tengah rak.

Namun kamu juga bisa menyusun buku sekreatif mungkin. Tidak harus menatanya dari yang paling tinggi hingga paling rendah terus, namun bisa juga ditata secara kombinasi. Agar susunan tidak terlihat membosankan, kamu bisa menyusun buku seperti grafik atau gelombang. Rak bukumu tentu akan kelihatan lebih rapid an berseni.

Selain itu, jika memiliki lemari kecil seperti meja di samping tempat tidur, sebaiknya buku disusun secara vertikal. Tetapi jika memiliki rak buku yang besar, coba letakkan semua mendatar atau mencampurnya, artinya beberapa buku bisa saling bertumpukan, sementara yang lain berdiri tegak berjajar.

3 dari 4 halaman

Tips Menata Buku di Rumah

Menata Buku Berdasarkan Abjad

Jika koleksi buku yang kamu miliki sangat banyak, kamu juga bisa mencoba menata buku berdasarkan abjad judul buku. Tips menata buku di rumah agar rapi ini tentunya akan memudahkan siapa saja untuk memilih bacaan yang diinginkannya.

Selain dapat mempermudah kamu dalam menemukan buku yang ingin dibaca, menata buku berdasarkan abjad juga sangat bagus untuk mendata semua koleksi bukumu. Tinggal melihat bagian abjad judul buku yang kamu inginkan, maka kamu akan segera mendapatkan buku tersebut.

Menata Buku Sesuai Penulis

Orang-orang yang memiliki kebiasaan membaca buku dan hobi mengoleksi buku tentunya memiliki penulis favorit. Tidak aneh kamu memiliki beberapa buku yang ditulis oleh penulis favoritmu. Maka dari itu, kamu juga bisa menata buku sesuai dengan penulisnya.

Tips menata buku di rumah ini tentunya juga akan lebih rapi dan mudah untuk dibaca kembali. Kamu bisa menata buku sesuai dengan huruf abjad nama penulis, membuat kamu juga lebih mudah dalam mencarai buku yang diinginkan.

Menata Buku Sesuai Genre

Tips menata buku di rumah berikutnya adalah menyusunnya sesuai genre. Biasanya, sebuah genre buku memiliki suasana dekorasi cover yang mirip, sehingga masih cocok ketika disandingkan satu sama lain.

Menyusun buku berdasarkan genre juga akan mempermudah kamu untuk mencarinya ketika sewaktu-waktu sedang ingin membaca. Kamu bisa mengelompokkan buku sesuai genre, misalnya fiksi, misteri, non-fiksi, sejarah, puisi, fantasi, romance, dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Tips Menata Buku di Rumah

Menambah Aksesoris di Rak Buku

Tips menata buku di rumah selanjutnya adalah menambah aksesoris. Rak buku tentunya tidak harus semua bagiannya diisi penuh dengan buku. Kamu bisa menyediakan ruang-ruang kosong di untuk meletakkan aksesoris atau hiasan yang cantik namun tidak berlebihan.

Hal ini berguna untuk membuat rak bukumu lebih enak dipandang. Jadi, pemandangan pad arak buku tidak monoton dan membosankan. Pemberian ruang kosong untuk aksesoris ini juga dapat menimbulkan kesan lebih lapang pada ruangan.

Gunakan Kamper atau Gel Silicon untuk Mengurangi Lembap

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memelihara buku koleksimu adalah kelembapan. Jika kamu menyimpan buku di tempat yang terlalu lembab, maka buku-bukumu akan mudah rusak.

Oleh karena itu, selipkan kamper atau silica gel untuk mengurangi kelembaban dan menghindari serangga yang dapat merusak buku. Jika menggunakan kamper, maka gunakan kamper yang dilapisi wadah atau simpan kamper di wadah, baru diselipkan pada buku-bukumu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini