Sukses

23 Wisata Kediri yang Paling Terkenal, Wajib Banget Dijelajahi

Wisata Kediri yang terkenal ini cocok dikunjungi bersama keluarga, pasangan, dan teman-teman.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Kediri yang terkenal tak boleh dilewatkan saat sedang berada di Jawa Timur. Kediri adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur yang daerah potensi wisatanya sangat banyak. Mulai dari di daerah perkotaan sampai pelosok desanya wajib dijelajahi.

Di kota, wisata Kediri yang terkenal identik dengan monumen-monumen, museum, dan aneka macam bangunan indah. Di pelosok desa, wisata Kediri yang terkenal mayoritas menyuguhkan pesona alam megah. Ada gunung, hutan, air terjun, sampai perkebunan. 

Konon di wisata Kediri yang terkenal ini tak pernah sepi kedatangan pengunjung. Tempatnya mudah dijumpai, banyak yang masih asri, dan tak perlu rogoh kocek dalam untuk dijelajahi. Untuk berswafoto sudah pasti hasilnya instagenic dan estetik, cocok untuk mempercantik feed.

Berikut Liputan6.com ulas wisata Kediri yang terkenal dan wajib dikunjungi dari berbagai sumber, Jumat (16/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata Kediri yang Terkenal

Museum Fotografi Kediri

Destinasi wisata Kediri yang terkenal dan tidak boleh dilewatkan yaitu museum fotografi Kediri. Wisata Kediri yang terkenal karena berlokasi di dekat Alun-alun Kota Kediri. Biasanya para wisatawan menikmati berbagai hasil fotografi di akhir pekan.

Meski tidak terlalu besar dan luas, tapi lokasi wisata Kediri yang terkenal ini punya banyak penggemar tersebut adalah tempat unik dan berbeda dibanding dengan lokasi wisata Kota Kediri lainnya.

Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan destinasi wisata Kediri yang terkenal untuk dikunjungi. Pemandangan indah dari gunung ini tersaji sejauh mata memandang. Cocok untuk berlibur bersama keluarga, pasangan, dan teman-teman.

Untuk dapat menikmati wisata Kediri yang terkenal satu ini, Anda cukup membayar retribusi sebesar yang sangat terjangkau. Faktor ini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan berminat untuk berkunjung ke area wisata Kediri yang terkenal ini.

Crop Circle Kediri

Crop circle adalah wisata Kediri yang terkenal. Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Kedung Malang, Papar, Kediri, Jawa Timur. Memang, wisata Kediri yang terkenal ini buatan tangan dari penduduk setempat. Tapi tak bisa dipungkiri jika keindahannya saat ini banyak mendapat perhatian dari banyak wisatawan.

Hutan Pinus Kediri

Wisata Kota Kediri yang tidak kalah menarik lainnya adalah Hutan Pinus Kediri. Tempat wisata Kediri yang terkenal satu ini berlokasi di Dusun Plapar, Selopanggung, Semen, Kediri, Jawa Timur.

Pemandangan alam wisata Kediri yang terkenal sangat cantik. Selain itu, ada beragam jajanan pasar dan makanan khas Kediri yang dijual oleh pedagang di sekitar area wisata Kediri yang terkenal ini.

3 dari 7 halaman

Wisata Kediri yang Terkenal

Masjid Agung Kediri

Masih dari kawasan Kota Kediri, Masjid Agung Kediri adalah salah satu destinasi wisata Kediri yang terkenal. Masjid ini banyak disinggahi oleh para wisatawan.

Tidak hanya terkenal dengan keelokan bangunannya saja. Melainkan lokasi dari wisata Kediri yang terkenal ini cukup strategis dan tak ayal membuat wisatawan tertarik untuk datang.

Wisata Kediri yang terkenal disebut sebagai satu-satunya bangunan termegah dan unik yang ada di Kota Kediri. Letak dari Masjid Agung Kediri sendiri berada di Jalan Panglima Sudirman, Dalem, Kota Kediri, Jawa Timur.

Monumen Simpang Lima Gumul

Destinasi wisata Kediri yang terkenal dan ikonik adalah Monumen Simpang Lima Gumul. Jika Anda penggemar fotografi, maka lokasi wisata Kediri yang terkenal satu ini akan sangat tepat untuk mengabadikan foto dengan latar belakang ikonik dari Kota Kediri tersebut.

Letak dari wisata Kediri yang terkenal ini berada di Desa Tugurejo, Ngasem, Kediri, Jawa Timur. Monumen Simpang Lima Gumul semakin populer lantaran punya bentuk bangunan unik dan mirip dengan salah satu bangunan perancis, yaitu Arc de Triomphe di Paris, Prancis.

Kampung Inggris Pare Kediri

Kampung Inggris Pare terletak di Desa Tulungrejo dan Pelem, Pare, Kediri. Destinasi wisata Kediri yang terkenal satu ini merupakan perkampungan warga yang sudah dikenal seantero negeri. Banyak lembaga hingga warga setempat yang piawai menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari. Inilah yang membuat daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Alun-Alun Kediri

Tiap kota pasti punya taman pusat kota yang biasa disebut dengan alun-alun. Kota Kediri juga punya alun-alun yang tidak kalah menarik dan bisa Anda kunjungi. Alun-alun Kota Kediri merupakan wisata Kediri yang terkenal. Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk sekadar istirahat dan menikmati pemandangan yang disuguhkan.

4 dari 7 halaman

Wisata Kediri yang Terkenal

Klenteng Tjoe Hwie Kiong

Salah satu tempat wisata Kediri yang terkenal ini berlokasi di Jl. Yos Sudarso No. 148, Pakelan, Kec. Kediri, Kediri, Jawa Timur. Lokasi ini merupakan salah satu saksi bisu era Kolonial. Letak dari wisata Kediri yang terkenal ini ada di dekat sungai Brantas dan jadi salah satu spot foto yang wajib Anda kunjungi saat berada di Kediri.

Taman Wisata Sumber Oebalan Kediri

Destinasi wisata Kediri yang terkenal ada Taman Wisata Sumber Oeabalan Kediri. Taman wisata ini punya kolam ikan hias dan sangkar burung merak besar yang jadi salah satu daya tariknya. Lokasi wisata Kediri yang terkenal ini cocok untuk foto-foto dan bersantai di akhir pekan.

Gua Selomangkleng

Gua Selomangkleng adalah wisata Kediri yang terkenal. Lokasinya ada di Pojok, Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. Untuk menikmati keindahan lokasi ini sangat terjangkau bagi para wisatawan. Anda dapat mulai menjelajahi wisata Kediri yang terkenal ini mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB.

Kebun Bibit

Kebun Bibit Kediri sejatinya merupakan sebuah kafe sebagai lokasi nongkrong. Tempat inipun menyediakan bibit buah yang bisa kamu beli untuk ditanam di rumah. Uniknya lagi, wisata Kediri yang terkenal ini punya spot cantik yang kerap dijadikan lokasi berfoto pengunjung. Spot yang dimaksud adalah deretan rumah kayu berbentuk segitiga bak rumah kurcaci dalam dongeng Putri Salju.

5 dari 7 halaman

Wisata Kediri yang Terkenal

Pancar Wonotirto

Daerah Pancar Wanatirto berada ini dahulunya bukan merupakan daerah wisata, tetapi memiliki sungai yang cukup deras, dangkal, dan bersih. Wisata Kediri yang terkenal ini buka setiap hari pukul 08.00–19.00 WIB. Tiket masuk wisata Pancar Wonotirto sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 2.000 per sepeda motor.

Tidak hanya permainan air yang disuguhkan di wisata Kediri yang terkenal ini. Melainkan ada penyewaan kuda dengan harga Rp 20 ribu per orang selama 30 menit. Terdapat pula tempat pemancingan ikan dan beberapa warung yang menyediakan makan serta minuman bagi pengunjung.

Taman Bunga Matahari

Taman bunga matahari yang terhampar di atas lahan seluas 900 meter persegi di Jalan Selo mangkleng, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, mulai ramai lagi dikunjungi wisatawan. 

Proses penanaman di tempat wisata Kediri yang terkenal ini melibatkan warga desa sekitar. Ide pembuatannya sendiri muncul dari istri Wali Kota Kediri kala itu. Tak hanya menjadi tempat bermain, taman wisata ini juga juga menjadi wahana edukasi bagi wisatawan yang ingin belajar soal tanaman hortikultura.

Para pelajar yang datang ke lokasi wisata Kediri yang terkenal akan mendapatkan bimbingan langsung dari pihak pengelola. Mulai dari mengenal jenis tanaman hingga belajar tata cara penanaman. Di sini tak hanya ada bunga matahari, tetapi ada tomat, kangkung, cabai, hingga buah labu.

Taman Durian

Sambil menikmati keindahan lereng gunung Kelud, wisatawan bisa mampir ke Taman Durian dan mengunjungi Taman Agrowisata. Wisata Kediri yang terkenal ini punya koleksi beragam bunga dan tanaman langka yang dirawat dengan baik.

Di wisata Kediri yang terkenal, Anda bisa menikmati beragam kuliner olahan durian. Di tempat ini wisatawan pun bisa belajar cara pembibitan, menanam, hingga merawat pohon durian dengan baik. Mereka juga jual bibit durian unggul asli Slumbung

6 dari 7 halaman

Wisata Kediri yang Terkenal

Bukit Ongakan

Bukit Ongakan adalah wisata Kediri yang terkenal dengan pesona alamnya. Di tempat ini, kamu bisa melihat pemandangan alam dari ketinggian. Pesona alam dengan area hutan dan perbukitan yang hijau, ditambah udara sejuk yang menenangkan tentunya sangat dibutuhkan saat liburan. Pesona alam yang ditawarkan wisata Kediri yang terkenal ini begitu luar biasa.

Bukit Gandrung

Bukit Gandrung Tanggulasi merupakan wisata Kediri yang terkenal dan baru. Tempat ini juga menawarkan pamandangan dari ketinggian dengan alam yang begitu mengesankan. Apalagi dengan adanya beberapa fasilitas untuk berfoto, kamu tentunya akan mendapatkan potret yang makin bagus.

Bukit View 138

Bukit View 138 adalah wisata Kediri yang terkenal. Bukit ini berada di kawasan Gunung Klotok dan menawarkan pemandangan alam yang indah dari ketinggian. Berlokasi di kawasan Hutan Mojoroto. Wisata Kediri yang terkenal ini menawarkan asupan untuk ketenangan dan kebahagiaan dengan pesona panorama yang mengagumkan.

Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo adalah wisata Kediri yang terkenal dan terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Destinasi wisata Kediri yang terkenal ini bakal membuat pengunjung terpesona karena kealamian alam di sekitarnya, serta udara yang sejuk dan air yang menyegarkan. Wisata Kediri yang terkenal ini berada di bagian timur lereng Gunung Wilis, yang memiliki ketinggian 125 meter dan 1800 meter di atas permukaan laut.

7 dari 7 halaman

Wisata Kediri yang Terkenal

Air Terjun Ngleyangan

Ada pula wisata Kediri yang terkenal dan tidak kalah menarik dikunjungi, yaitu Air Terjun Ngleyangan. Lokasi wisata Kediri yang terkenal ini berada di wilayah Gunung Cemorosewu, Banyakan.

Untuk mencapai wisata Kediri yang terkenal ini memang diperlukan usaha ekstra. Akan tetapi saat kamu sampai di lokasi, semua perjuanganmu akan terbayarkan.

Kamu akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa indah, perpaduan air terjun dan hutan tropis nan hijau yang indah, lengkap dengan nuansa natural di sekitarnya.

Gunung Wilis

Kaki Gunung Wilis merupakan wisata Kediri yang terkenal. Gunung berapi dengan ketinggian 2169 mdpl tersebut termasuk salah satu gunung yang menantang untuk didaki. Apalagi, saat mendaki gunung ini kamu akan disajikan keindahan alam khas pegunungan yang sangat menawan.

Durian Subur Makmur

Agrowisata yang baru dibuka awal tahun 2019 ini dibangun di atas lahan seluas sekitar 5 hektare, dengan beragam pohon durian yang sudah masuk masa panen. Satu buah durian di wisata Kediri yang terkenal ini dijual pada kisaran harga antara Rp 20-100 ribu.

Buah durian lokal dijual Rp 20 ribu, sementara jenis montong Rp 100 ribu. Biasanya buah durian yang sudah masak (matang) akan jatuh dari pohonya. Dengan kondisi buah yang masih segar, durian yang baru saja jatuh dari pohonnya bisa langsung dibeli pengunjung.

Taman Umbalan

Sumber mata air di wisata Kediri yang terkenal ini diyakini tidak pernah menyusut walau pun memasuki musim kemarau. Karena sumber mata air yang melimpah, pemerintahan Belanda kemudian berinisiatif untuk membuat tempat saluran irigrasi.

Di area sumber mata air juga terhubung sebuah sendang. Sendang itu diberi nama Sendang Pengantin. Konon jika ada sepasang kekasih yang mandi di sendang tersebut, mereka akan menjadi jodoh dan akhirnya menikah. 

Selain sendang, di lokasi wisata Kediri yang terkenal seperti Ubalan, ada sungai kecil yang diberi nama Sungai Cinta. Sungai cinta diperuntukan sebagai wisata air. Pihak pengelolah menyediakan sebuah perahu mesin serta perahu kayuh. Untuk berkeliling, setiap satu orang penumpang ditarik biaya Rp 2500.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.