Sukses

6 Cara Menghilangkan Panu di Wajah dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami

Cara menghilangkan panu di wajah dengan cepat ternyata sangat mudah dan cukup dengan bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan panu di wajah dengan cepat bisa Anda praktikkan agar kepercayaan diri kembali meningkat. Benar saja, panu yang menyerang bagian wajah bisa membuat kurang percaya diri ketika berada di tempat umum. Sebab, panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang memang menjadi indikasi adanya jamur, dimana jamur tersebut akan menyebabkan bercak putih pada kulit.

Selain bercak putih pada kulit, adanya panu atau yang memiliki nama ilmiah tinea versicolor ini, juga menyebabkan rasa gatal yang membuat tidak nyaman. Rasa gatal tersebut umumnya muncul ketika kulit mulai berkeringat. Panu sangat berbeda dengan jerawat, karena jerawat terlihat menonjol sedangkan panu tidak menonjol.

Jamur yang menyebabkan timbulnya panu adalah jenis jamu Malassezia. Jamur ini tidak berbahaya dan memang sangat umum ditemukan pada kulit manusia. Penyakit yang disebabkan oleh jamur ini sifatnya tidak menular. Akan tetapi, apabila Anda terkena panu, seiring berjalannya waktu bercak-bercak panu yang ada pada kulit akan meluas.

Hal ini tidak lain disebabkan oleh pertumbuhan jamur panu yang tidak terkendali. Ketika ini sudah terjadi, maka dapat menambah rasa tidak nyaman pada penderitanya. Sebab area kulit yang terkena panu akan terasa gatal dan bisa membuat tampilan kulit menjadi terlihat kasar dan bersisik. Maka dari itu, segera praktikkan cara menghilangkan panu di wajah dengan cepat agar dampaknya tidak meluas.

Lalu bagaimana cara menghilangkan panu di wajah dengan cepat tersebut? Berikut ini Liputan6.com telah melansir dari fimela.com mengenai cara menghilangkan panu di wajah dengan cepat yang bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai bahan alami yang mudah Anda temukan, Selasa (28/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Lengkuas

Cara menghilangkan panu di wajah dengan cepat yang pertama bisa menggunakan bantuan dari lengkuas. Sebab, lengkuas sendiri memiliki kandungan yang sangat baik bagi tubuh, seperti sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, quercetin, galangin, dan masih lain sebagainya.

Selain itu, senyawa yang terkandung dalam lengkuas mampu menghambat oksida-nitar dan produksi lipopolisakarida. Sedangkan salah satu senyawa yang mampu membasmi jamur penyebab panu yaitu senyawa flavonoid, amilum, dan kuersetin.

Cara pakai:

a. Haluskan 2 ruas jari lengkuas dengan 1 sdt garam.

b. Oleskan pada panu.

c. Diamkan selama 30 menit.

d. Bilas dengan air hangat.

3 dari 7 halaman

2. Kunyit

Kunyit mengandung minyak volatile dan mampu dijadikan anti-inflamasi. Kunyit juga memiliki kandungan kurkumin yang merupakan anti-oksidan kuat dan mampu menetralkan radikal bebas. Kombinasi curcumin serta minyak volatile tersebut mampu membasmi jamur penyebab panu.

Cara pakai:

a. Tumbuk halus 2 ruas jari kunyit.

b. Selanjutnya oles rata ke seluruh bagian kulit wajah yang terpapar panu.

c. Diamkan selama 15 menit.

d. Bilas dengan air hangat.

4 dari 7 halaman

3. Bawang putih

Selanjutnya, salah satu bahan pelengkap masakan ini memiliki kandungan allicin yang merupakan komponen biologis aktif dan berguna sebagai zat anti-bakteri. Bawang putih juga memiliki kandungan antioksidan. Kandungan itulah yang menjadikan bawang putih efektif untuk anti-virus, anti-bakteri, dan anti-jamur.

Cara pakai:

a. Ambil 1 siung bawang putih, lalu potong menjadi dua bagian.

b. Gosokkan bawang putih ke panu selama 5 menit.

c. Bilas dengan air hangat.

5 dari 7 halaman

4. Tea tree oil

Teh merupakan salah satu jenis tanaman yang mengandung antiseptik yang tinggi. Umumnya, tanaman ini digunakan untuk menyembuhkan luka. Bahkan, banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa tea tree oil mampu membasmi banyak bakteri, virus, dan jamur.

Cara pakai:

a. Siapkan tea tree oil, minyak kelapa, dan minyak lavender.

b. Campurkan 1 sdt minyak kelapa, 5 tetes tea tree oil, dan 5 tetes minyak lavender.

c. Aduk rata lalu usapkan pada area panu dengan menggunakan kapas.

6 dari 7 halaman

5. Belimbing wuluh

Selain bahan di atas, Anda bisa juga menggunakan belimbing wuluh. Tumbuhan ini memiliki kandungan glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat, yang mana memiliki sifat anti jamur yang mampu menghilangkan jamur penyebab panu.

Cara pakai:

a. Siapkan 1 buah belimbing wulu, potong jadi 4 bagian.

b. Usapkan belimbing wuluh pada panu selama 5-10 menit.

c. Biarkan mengering.

d. Bilas dengan air bersih.

7 dari 7 halaman

6. Cuka apel

Cara menghilangkan panu di wajah dengan cepat yang terakhir bisa menggunakan cuka apel. Cuka apel mengandung salah satu zat yang berguna sebagai anti-mikroba. Kandungan tersebut sangat baik dalam membasmi jamur penyebab panu di kulit wajah.

Cara Pakai:

a. Larutkan 1 sdm cuka apel sengan 1 sdm air hangat.

b. Ambil kapas lalu oleskan merata ke panu.

c. Diamkan selama 15 menit.

d. Bilas dengan air hangat hingga bersih.

Seluruh cara menghilangkan panu di wajah dengan cepat di atas tadi akan semakin efektif jika dilakukan dengan rutin. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.