Sukses

14 Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Bahan dan Cara Alami, Aman dan Mudah

Ada ragam cara membersihkan karang gigi yang bisa kamu coba terapkan.

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan karang gigi bisa menggunakan cara alami tanpa harus ke dokter. Cara membersihkan karang gigi bisa kamu coba terapkan di rumah. Namun prosesnya tidak bisa secepat saat kamu melakukan proses scaling untuk membersihkan karang gigi. Cara membersihkan karang gigi dengan proses yang alami harus pelan-pelan dan bertahap.

Karang gigi merupakan plak yang mengeras di permukaan gigi. Umumnya karang gigi bisa ditemukan di atas garis gusi. Ketika disentuh dengan menggunakan lidah, karang gigi tersebut akan terasa kasar. Cara membersihkan karang gigi di rumah sebenarnya akan efektif hasilnya jika kondisi dari plak masih tipis.

Karang gigi memang harus segera dibersihkan. Terkadang karang gigi ini juga membuat rasa mulut menjadi tidak nyaman, karena saat tersentuh lidah, akan terasa kasar. Karang gigi yang dibiarkan terus menerus dapat muncul semakin banyak dan mengiritasi gusi. Oleh sebab itu kamu perlu memahami bagaimana cara membersihkan karang gigi sendiri.

Karang gigi memang bisa kamu bersihkan sendiri jika plak masih tipis. Namun apabila plak sudah tebal, sebaiknya kamu membersihkan karang gigi dengan bantuan dokter. Dalam dunia medis, prosedur pembersihan karang gigi dinamakan scaling. Selain scaling, ada cara membersihkan karang gigi lainnya yang bisa kamu lakukan.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang cara membersihkan karang gigi dengan mudah dan aman, Kamis (12/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Bahan Alami

Karang gigi memang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri ketika tersenyum. Paslanya, karang gigi yang sudah menguning bahkan berwarna membuat kepercayaan diri seseorang hilang. Kamu bisa mencoba cara membersihkan karang gigi agar gigi kamu menjadi bersih dan meningkatkan kepercayaan diri.

1. Baking Soda

Cara membersihkan karang gigi bisa dengan bahan alami salah satunya adalah baking soda. Baking soda juga dikenal cukup ampuh dijadikan cara menghilangkan karang gigi. Sifat basa yang dimiliki baking soda sangat bisa membantu menetralkan pembusukan asam yang terjadi di dalam mulut.

Kombinasikan 1 sendok teh baking soda dengan ½ sendok teh garam. Aduk rata kedua bahan dalam cangkir. Jadikan campuran tersebut sebagai pasta gigi dan oleskan pada sikat gigi. Terapkan satu minggu sekali untuk hasil maksimal.

2. Kulit Jeruk

Cara membersihkan karang gigi berikutnya yakni dengan menggunakan kulit jeruk. Tak hanya menghilangkan karang gigi, kulit ini bisa sekaligus memutihkannya. Hal ini dikarenakan kulit jeruk mengandung limonene serta vitamin C yang berperan sebagai antibakteri.

Cukup usapkan kulit jeruk segar pada bagian gigi yang berkarang. Diamkan selama 7 jam atau kamu bisa menggunakannya saat malam hari menjelang tidur. Kemudian kumur dengan air hingga bersih pada pagi hari.

3. Daun Sirih

Cara membersihkan karang gigi berikutnya, kamu bisa menggunakan daun sirih. Tak hanya bisa membersihkan karang gigi, daun sirih juga bisa membantu menghilangkan bau mulut. Ambil selembar daun sirih, tambahkan 1 biji cengkeh lalu lipat daun sirih dan cengkeh tadi, kunyah-kunyah sampai halus. Agar cara menghilangkan karang gigi ini bisa bekerja efektif lakukan perawatan secara rutin.

4. Strawberry

Strawberry merupakan bahan alami berikutnya yang bisa digunakan untuk membersihkan karang gigi. Strawberry dan tomat bisa dipadukan sebagai cara menghilangkan karang gigi membandel. Hal ini disebabkan karena keduanya adalah sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan rongga mulut.

Gosokkan kedua buah ini langsung ke gigi, dan diamkan selama 5 menit. Biarkan kandungan vitamin C-nya memperlunak timbunan karang gigi. Setelah itu berkumurlah dengan air hangat yang dicampur baking soda.

5. Melon

Cara membersihkan karang gigi berikutnya kamu bisa menggunakan melon. Jenis buah satu ini kaya mineral, air, dan vitamin. Selain itu, melon juga bisa diandalkan sebagai cara menghilangkan karang gigi membandel. Hanya dengan memakan dan mengunyahnya saja bisa membantu menghilangkan karang gigi.

Bahkan produksi air liur bisa lebih dimaksimalkan dengan melon. Jika air liur banyak, maka bakteri dalam mulut menjadi mudah mati. Sehingga bau mulut dan kesehatan gigi bisa tetap terjaga dengan baik.

6. Apel

Jenis buah berikutnya yang bisa digunakan untuk membersihkan karang gigi. Hal ini disebabkan karena kandungan asam alami pada buah apel. Kandungan ini bisa bereaksi pada karang gigi dengan baik. Cara ini tergolong cukup mudah dan juga mempunyai manfaat ganda. Pasalnya, selain menghilangkan karang gigi, apel juga memberi manfaat vitamin dan mineral bagi tubuh.

3 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Karang gigi juga kerap dipengaruhi oleh gaya hidup dan makanan yang kamu konsumsi. Selain menggunakan bahan alami, kamu juga membersihkan karang gigi secara alami.

1. Rajin Menggosok Gigi

Cara membersihkan karang gigi secara alami yang pertama yakni rajin menggosok gigi. Dalam sehari kita dianjurkan untuk menggosok gigi sebanyak 2 kali. Namun tidak hanya 2 kali sehari saja, Anda juga dianjurkan pula untuk menyikat gigi selama 2 menit. Hal ini untuk memastikan bahwa semua gigi Anda telah tersikat dengan rata. Cara ini akan efektif terutama bagi jenis karang gigi yang masih berwarna putih alias belum parah. 

2. Sikat Gigi dengan Benar

Menyikat gigi dengan benar harus kamu perhatikan agar dapart memberikan efek yang baik dan tidak sia-sia. Sikatlah gigi dengan gerakan memutar dari atas ke bawah. Pastikan kamu menyikat setiap bagian gigi sehingga plak dan sisa makanan yang menempel akan hilang. Mulai dari gigi geraham atau pada sisi belakang di salah satu sisi mulut.

Selain itu, kamu juga perlu pastikan tidak menyikat terlalu keras atau menekan gigi. Kebiasaan ini malah akan mengikis permukaan luar gigi (enamel) yang jadi pemicu gigi sensitif.

3. Bersihkan dengan Benang

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya yakni kamu bisa menggunakan benang. Menyikat gigi tidak dapat membantu membersihkan karang gigi di sela-sela gigi. Karang gigi, juga banyak ditemukan di sela-sela gigi. Kamu bisa menggunakan benang khusus untuk membersihkan karang gigi di sela-sela gigi.

Meski sudah menyikat gigi dengan benar, tapi belum tentu sela-sela gigi dapat bersih dengan sempurna. Itulah mengapa penggunaan benang menjadi penting dalam membersihkan sela gigi. Sebab, kebanyakan plak justru lebih sering ditemukan di bagian sela-sela gigi atau gusi.

Jenis benang yang digunakan untuk membersihkan sela gigi juga tidak bisa sembarangan. Selalu gunakan benang gigi (dental floss) yang banyak dijual di pasaran. Rutin membersihkan gigi dengan benang akan berguna dalam mengurangi risiko penyakit gusi dan bau mulut. Hindari menggesek benang ke sela gigi dan gusi terlalu keras karena bisa menyebabkan iritasi.

4. Menggunakan Obat Kumur

Cara membersihkan karang gigi berikutnya kamu bisa menggunakan obat kumur. Penggunaan obat kumur dapat membantu dalam merontokkan plak, kotoran, dan sisa makanan yang menempel di gigi. Namun usahakan menghindari jenis obat kumur yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan mulut menjadi kering. Anda juga perlu memastikan jika produk obat kumur yang digunakan terdaftar Badan POM.

4 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

5. Bersihkan Lidah

Cara membersihkan karang gigi secara alami selanjutnya yakni dengan membersihkan lidah. Campuran air liur dan bakteri dapat membentuk plak di atas permukaan lidah. Sayangnya, plak ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan membilasnya dengan air atau berkumur pakai obat kumur.

Cara terbaik dan paling efektif untuk menghilangkan plak yang menempel di permukaan lidah adalah dengan menyikat lidah. Gosoklah lidah Anda dari pangkal lidah paling dalam dan tarik perlahan ke depan dalam satu gerakan. Jangan digosok bolak-balik. Ulangi cara ini beberapa kali sampai lidah Anda benar-benar bersih atau kesat.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Cara membersihkan karang gigi secara alami berikutnya kamu bisa perbanyak minum air putih. Konsumsi air putih yang cukup akan membantu meningkatkan produksi air liur di dalam mulut. Kandungan air liur yang cukup akan berfungsi untuk menjaga kelembapan mulut dan menghancurkan plak serta sisa makanan pada permukaan gigi.

7. Tidak Makan Sembarangan

Cara selanjutnya yakni kamu harus bijak memilih makanan. Bakteri yang di mulut tentu berasal dari makanan yang masuk ke dalam mulut kita. Terutama ketika kita mengonsumsi makanan manis dan bertepung, kita justru memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak. Ketika bakteri bertemu dengan makanan manis dan bertepung, mereka akan mengeluarkan zat asam.

8. Hindari Merokok

Cara membersihkan karang gigi berikutnya yakni dengan menghindari merokok. Sebab, zat kimia pada rokok akan mempermudah pembentukan plak dan karang gigi. Itulah mengapa mulai sekarang hindari kebiasaan merokok agar karang gigi tidak terbentuk.

 

5 dari 6 halaman

Bahaya Membiarkan Karang Gigi Menumpuk

Karang gigi yang dibiarkan menumpuk akan menimbulkan masalah kesehatan pada rongga mulut. Tidak hanya itu, kesehatan organ tubuh lainnya juga dapat berpengaruh dengan adanya karang gigi. 

1. Tempat Bersarangnya Bakteri

Karang gigi memiliki efek serius pada kesehatan mulut, terutama jika tumbuh di atas garis gusi. Pasalnya, ini merupakan tempat yang tepat bagi bakteri untuk bersarang, kemudian menyelinap ke dalam gusi sehingga membuatnya rusak, serta mengalami iritasi dan peradangan.

2. Aroma Mulut Menjadi Tidak Sedap

Salah satu penyebab terjadinya bau mulut adalah menumpuknya karang gigi. Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya endapan dari sisa-sisa makanan yang tidak tersikat ketika menggosok gigi sehingga terjadilah pembusukan di dalam mulut.

3. Gigi Lebih Mudah Goyang

Bahaya membiarkan karang gigi menumpuk lainnya adalah bisa memicu peradangan pada gusi yang disebut dengan gingivitis. Pada peradangan yang semakin parah, bisa menyebabkan gusi menjadi mudah berdarah. Pada kondisi ini peradangan sudah menjalar hingga ke tulang penyangga gigi dan dapat menyebabkan gigi goyang.

4. Memicu Penyakit Jantung

Dengan menjaga kesehatan mulut ternyata juga bisa mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan peradangan. Adanya bakteri dan mikroorganisme yang terdapat dalam plak gigi bisa masuk ke dalam aliran darah dan menimbulkan reaksi peradangan. Kondisi inilah yang menyebabkan kerusakan dan penyumbatan pada pembuluh darah.

5. Diabetes

Peradangan pada gusi juga lebih rentan terjadi pada penderita diabetes. Oleh karena itu, penderita diabetes harus rajin merawat kebersihan gigi dan mulut agar tidak memperburuk keadaan.

 

 

 

6 dari 6 halaman

Penyebab Karang Gigi

Karang gigi disebabkan karena adanya penumpukan sisa makanan yang dalam jangka waktu yang lama. Plak gigi merupakan lapisan tipis yang terdiri dari beragam jenis mikroorganisme yang menempel pada sela-sela gigi atau gusi. Mikroorganisme ini sendiri kebanyakan berasal dari makanan yang masuk ke mulut kita saat makan. Tanpa pembersihan yang optimal, tumpukan ini lama-lama akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi.

Di dalam plak inilah hidup mikroorganisme yang memproduksi asam, sehingga mampu merusak enamel gigi. Enamel gigi yang rusak membuat gigi rentan terhadap berbagai masalah kesehatan gigi dan tidak jarang memberikan dampak negatif pada kamu yang memiliki kerusakan gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.