Sukses

6 Manfaat Lari Pagi untuk Kecantikan, Bisa Bikin Awet Muda

Salah satu manfaat lari pagi bisa membuat awet muda.

Liputan6.com, Jakarta Cantik secara alami ternyata bisa didapatkan dari manfaat lari pagi. Kecantikan kulit wajah dan kecantikan tubuh tentunya. Cara menerapkannya juga cukup mudah, hanya perlu meluangkan waktu selama 150 menit dalam satu minggu dan 30 menit dalam satu harinya.

Asal mau konsisten melakukannya setiap pagi, maka tidak akan lagi memberatkan. Manfaat lari pagi sama halnya dengan melakukan aktivitas fisik yang sangat baik untuk sirkulasi darah. Jadi, tidak heran jika sirkulasi darah dapat mendorongnya menjaga kesehatan juga kecantikan.

Manfaat lari pagi untuk kecantikan ada banyak sekali. Mulai dari mampu mengatasi masalah jerawat, penuaan, hingga berat badan. Jadi, tidak salah jika kecantikan alami semakin mudah didapatkan dengan lari pagi ini.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat lari pagi untuk kecantikan dari berbagai sumber, Selasa (12/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kulit Lebih Bersih

Saat melakukan aktivitas olahraga seperti lari pagi, tubuh pasti akan mengeluarkan keringat. Dan ternyata manfaat lari pagi yang menghasilkan keringat inilah, yang mampu membuat kulit nampak lebih bersih dan sehat.

Saat berlari kelenjar keringat dalam tubuh akan memproduksi lebih banyak keringat, yang keluar dari pori-pori kulit. Nah, dengan keringat inilah kotoran yang terkunci di dalam pori-pori kulit akan terdorong keluar oleh keringat. Jadi, tidak heran jika pori-pori akan kembali bersih dan segar.

Sehingga sangat dianjurkan untuk langsung mandi setelah selesai melakukan olahraga lari pagi. Setelah keringat mengering dan suhu tubuh kembali normal. Hal ini dilakukan agar kotoran tidak kembali menumpuk pada kulit setelah berolahraga.

3 dari 7 halaman

Kulit Lebih Cerah

Manfaat lari pagi sudah pasti akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Sirkulasi darah yang lancar inilah yang akan membawa banyak dampak positif untuk kulit. Hal ini disebabkan karena peredaran darah yang lancar, akan membuat suplai oksigen dan nutrisi kulit tercukupi dengan baik. Jadi, tidak heran jika kulit akan menjadi lembap dan tampak lebih cerah secara alami.

4 dari 7 halaman

Mencegah Munculnya Jerawat

Munculnya jerawat pada kulit tidak hanya disebabkan oleh kotoran yang menumpuk saja, tetapi juga stres. Stres ini yang akan membuat produksi hormon dan minyak tubuh menjadi tidak stabil. Nah, manfaat lari pagi inilah yang akan membantu menghilangkan kondisi stres. Jika stres sudah bisa diatasi, maka efek rileks pada otak dan tubuh akan didapatkan. Sehingga akan ada produksi hormon endorfin pada tubuh, yang akan membuatmu merasa lebih tenang dan bahagia. 

5 dari 7 halaman

Mencegah Penuaan

Manfaat lari pagi ternyata bisa membantu mencegah penuaan. Penuaan ini ditandai dengan pengeriputan pada kulit. Pengeriputan juga bisa ditandai dengan bertambahnya usia dan dampak radikal bebas bagi yang selalu beraktivitas di luar rumah. Namun, tidak perlu khawatir lagi karena penuaan ini bisa dicegah dengan olahraga seperti lari pagi secara rutin.

Kulit yang keriput ini pada umumnya disebabkan oleh produksi kolagen yang menurun. Bahaya dari produksi kolagen yang menurun ini harus dihindari, tentu saja agar elastisitas dan kekuatan kulit tetap terjaga. Nah, dengan berolahraga seperti lari pagi secara rutin ternyata bisa membantu meningkatkan produksi kolagen. Sehingga tidak heran jika proses penuaan dini pada kulit bisa dicegah dengan lebih baik.

6 dari 7 halaman

Mengurangi Stres dan Awet Muda

Manfaat lari pagi memang sangat bisa mengurangi tekanan atau stres. Saat dalam kondisi stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Bahayanya dari hormon kortisol ini justru akan menghambat produksi kolagen. Dan hal ini akan mengakibatkan penipisan lapisan kulit dan menimbulkan kerusakan kulit lain yang berbahaya.

Nah, agar produksi hormon kortisol bisa dihambat, maka biasakan diri untuk berolahraga seperti lari pagi secara rutin. Rutin berolahraga seperti lari pagi ini akan membantu menyembuhkan kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, dan jerawat.

 

Awet Muda

Selain itu, berolahraga seperti lari pagi juga akan membantu fisik menjadi awet muda. Menurut sebuah penelitian, lari setiap pagi atau jogging dapat membuat tubuh menjadi 20 tahun lebih muda. Berdasarkan hasil penelitian Copenhagen City Heart di Denmark, bahwa orang yang melakukan lari pagi akan semakin panjang umur.

Dimana wanita yang rutin berlari akan memperpanjang usianya rata-rata 6,2 tahun. Sementara untuk kaum pria, mereka akan menambah usia rata-rata 5,6 tahun lebih lama. Hal ini sangat direkomendasikan bagi para orang tua atau lansia karena selain ringan, lari pagi juga akan membuatnya lebih sehat luar dan dalam.

7 dari 7 halaman

Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan yang ideal bisa didapatkan dari manfaat lari pagi. Hal ini disebabkan karena berolahraga seperti lari pagi dapat membantu membakar banyak kalori. Selain itu, kalori tidak akan langsung berhenti terbakar setelah berolahraga. Lari pagi ini harus tetap rutin dilakukan, agar kalori bisa terbakar lebih maksimal hingga menghasilkan berat badan yang ideal.

Tidak hanya lari pagi, tetapi bisa juga dengan diimbangi olahraga penguat otot lain agar hasilnya lebih maksimal. Selain itu, lari pagi juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini disebabkan karena otot-otot yang bergerak saat lari pagi mampu menggerakkan otot-otot pada bagian perut dan memacu pergerakan usus. Sehingga masalah buang air besar seperti sembelit akan lebih mudah diatasi dan dicegah lebih dini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini