Sukses

17 Macam Pencemaran Terhadap Lingkungan Hidup Serta Penyebab dan Dampaknya

Pencemaran lingkungan dibagi menjadi 5 jenis, yaitu pencemaran air, tanah, udara, cahaya, dan pencemaran suara.

Liputan6.com, Jakarta Macam pencemaran terhadap lingkungan dapat dibagi dalam beberapa kelompok, yaitu udara, air, tanah, suara, dan cahaya. Pencemaran lingkungan adalah kontaminasi  komponen fisik dan biologis dari sistem bumi atau atmosfer sedemikian rupa di mana proses lingkungan terganggu.

Pencemaran lingkungan bukanlah hal baru yang ada di lingkungan sekitar. Sudah banyak kasus yang terjadi dan berdampak pada kerugian besar bagi makhluk hidup khususnya manusia. Namun, sebenarnya pencemaran terhadap lingkungan juga disebabkan oleh kegiatan manusia dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya.

Macam pencemaran terhadap lingkungan terjadi ketika lingkungan tidak dapat memproses dan menetralkan produk sampingan berbahaya dari aktivitas manusia. Hal ini tentunya memberikan dampak negatif terhadap unsur-unsur alam yang menjadi kebutuhan mutlak bagi kehidupan di bumi.

Untuk lebih rinci, berikut ini penjelasan mengenai macam pencemaran lingkungan beserta penyebab dan dampaknya bagi makhluk hidup di bumi yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (7/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Menurut Santos, pencemaran lingkungan adalah sebagai kontaminasi habitat, pemanfaatan sumber daya alam yang tidak dapat terurai. Setiap penggunaan sumber daya alam yang melebihi kapasitas alam untuk memulihkan dirinya sendiri dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Sedangkan menurut kamus Britannica, pencemaran lingkungan adalah penambahan zat atau bentuk energi misalnya, panas, suara, radioaktivitas terhadap lingkungan di tingkat yang lebih cepat dibandingkan kemampuan alam untuk menguraikannya melalui dispersi, penghancuran, daur ulang atau penyimpanan dalam bentuk tidak berbahaya.

Dengan demikian, pencemaran dapat diartikan sebagai memasukkan kontaminan ke dalam lingkungan yang menyebabkan kerugian bagi manusia atau makhluk hidup lainnya. Kontaminan ini dapat berupa zat kimia, energi seperti kebisingan, panas atau cahaya. Zat pencemar dapat berasal dari zat alami atau energi, tetapi dianggap kontaminan ketika melebihi tingkat alamiah. Pencemaran adalah salah satu prioritas masalah lingkungan hidup.

3 dari 3 halaman

Macam Pencemaran terhadap Lingkungan Beserta Penyebab dan Dampaknya

1. Pencemaran Air

Pencemaran air adalah macam pencemaran terhadap lingkungan di mana masuknya makhluk hidup, zat, energi atau komponen lain ke dalam air, sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu. Berikut macam pencemaran terhadap lingkungan pada air, diantaranya:

a. Sampah

Membuang sampah ke sungai menjadi penyebab umum pencemaran air. Air sungai menjadi tidak layak konsumsi dan mengganggu makhluk hidup air yang lain. Parahnya lagi, membuang sampah di sembarangan juga dapat menyebabkan banjir.

b. Penggunaan Pupuk

Penggunaan pupuk yang berlebihan termasuk dari macam pencemaran terhadap lingkungan. Hal ini disebabkan saat hujan, sisa pupuk yang tidak terserap akar tanaman akan terbawa aliran air hujan. Aliran air ini pada akhirnya akan menuju sungai atau danau terdekat dan menyebabkan air terkontaminasi pupuk.

c. Limbah

Macam pencemaran terhadap lingkungan ini terutama disebabkan oleh limbah pabrik yang tidak memiliki tempat pembuangan khusus. Limbah ini biasanya langsung dibuang menuju sungai di permukiman. Dampaknya akan membuat sungai menjadi tercemar dan kualitas air penduduk di permukiman buruk. Kesehatan penduduk akan ikut memburuk dan makhluk hidup sungai akan mati.

d. Racun dan bahan peledak

Racun dan bahan peledak untuk menangkap ikan sangat berbahaya bagi lingkungan. Bahkan dapat membuat air terkontaminasi bahan kimia. Selain membuat kualitas air buruk, kegiatan ini juga dapat mengakibatkan ekosistem air sungai atau laut rusak.

2. Pencemaran Udara

Macam pencemaran terhadap lingkungan hidup yang selanjutnya adalah pencemaran udara. Pencemaran udara adalah pencemaran yang diakibatkan oleh kegiatan manusia, baik disengaja atau tidak yang memengaruhi kualitas udara. Berikut macam pencemaran terhadap lingkungan pada udara, diantaranya:

a. Kendaraan

Macam pencemaran terhadap lingkungan udara yang paling banyak ditemukan adalah pencemaran akibat asap kendaraan. Polutan utama yang dipancarkan dari kendaraan dan dari pompa bensin selama pengisian adalah partikulat, nitrogen oksida, hidrokarbon, karbon monoksida dan senyawa organik yang mudah menguap. Konsentrasi tinggi polutan udara kendaraan ini terkait dengan peningkatan morbiditas dan mortalitas pada populasi.

b. Industri

Selain produksi energi, sektor industri utama yang bertanggung jawab atas polusi udara adalah industri petrokimia, industri kimia, industri mineral (pertambangan dan penggalian), dan industri produksi dan pengolahan logam, serta kegiatan tambahan yang terkait dengan pengolahan limbah, industri makanan, dan dry cleaning.

c. Pengolahan limbah

Pembakaran sampah di TPA menjadi salah satu penyebab polusi udara. Gas yang dihasilkan dari proses pembuangan akhir di TPA, yang umumnya adalah gas metan yang berbahaya bagi kesehatan. Aktivitas membakar sampah menjadi lebih berisiko saat musim kemarau, karena dapat memicu kebakaran.

d. Kebakaran hutan

Asap dari kebakaran hutan termasuk macam pencemaran terhadap lingkungan. Beberapa bahan pencemar dari kebakaran hutan yang dapat mencemari udara, diantaranya adalah hidrokarbon, karbon dioksida, senyawa sulfur oksida, senyawa nitrogen oksida dan nitrogen dioksida.

e. Produksi energi listrik

Produksi energi dari pembangkit listrik bertanggung jawab atas emisi sekitar 65% dari total emisi nasional oksida sulfur, 45% dari total emisi nitrogen oksida nasional, dan 38% dari total emisi. Produksi Energi dari pembangkit listrik tenaga batu bara dianggap yang paling mencemari lingkungan.

f. Kegiatan pertanian yang menggunakan zat kimia

Debu zat kimia maupun partikel-partikel sebagai hasil dari industri pertanian dan perkebunan termasuk dalam macam pencemaran terhadap lingkungan. Polusi udara yang disebabkan dari aktivitas pertanian terjadi dalam bentuk amonia (NH3), yang masuk ke udara sebagai gas dari ladang yang sangat subur dan limbah ternak.

3. Pencemaran Tanah

Macam pencemaran terhadap lingkungan selanjutnya adalah pencemaran tanah. Pencemaran tanah merupakan keadaan dimana adanya berbagai bahan substansi kimia yang masuk ke dalam lapisan tanah sehingga mengubah struktur dan lingkungan di dalam tanah. Berikut macam pencemaran terhadap lingkungan pada tanah, diantaranya:

a. Pencemaran organik

Pencemaran organik pada umumnya senyawa kimia buatan manusia seperti pestisida atau bahan industri lainnya yang kemungkinan sulit atau tidak terurai oleh kegiatan mikroorganisme tanah. Pencemaran organik yang jadi masalah bagi lingkungan dan manusia adalah pencemar yang berasal dari industri dan pertanian (pestisida).

b. Pencemar Anorganik

Pencemar anorganik terutama logam berat cenderung berada di dalam tanah dalam waktu yang lama, meskipun status kimianya kemungkinan berubah menurut waktu. Pencemar anorganik dibagi menjadi tiga golongan utama yaitu pencemaran garam-garaman, nitral dan posfat, dan logam berat.

c. Pencemar Mikrobiologis

Tanah secara alamiah terkandung mikroorganisme di dalamnya. Variasi jenis dan jumlahnya sangat beragam, hal ini dikarenakan tanah merupakan lingkungan hidup bagi mikroorganisme seperti bakteri, virus, jamur, protozoa dan nematoda. Penyebab pencemaran mikroorganisme pada tanah adalah air buangan domestik, tangki septik, pipa riol (sewer) atau efluent pengolahan limbah yang tidak sempurna.

d. Pencemaran Radioaktif

Bahan radioaktif dapat memicu pencemaran tanah. Pencemaran akibat radioaktif ini bisa menimbulkan kanker dan tumor. Biasanya pencemaran radioaktif ini berasal dari bom atau reaktor nuklir.

4. Pencemaran Cahaya

Macam pencemaran terhadap lingkungan hidup yang selanjutnya ini mungkin masih banyak dianggap remeh, yaitu pencemaran cahaya. Padahal, pencemaran cahaya ini dapat membuat sikluas alami tumbuhan dan hewan menjadi terganggu. Hal ini nantinya juga akan berdampak buruk terhadap manusia, sebab penurunan kualitas tumbuhan dan hewan dapat juga memengaruhi kualitas udara hingga ketersediaan makanan bagi manusia.

Penyebab pencemaran lingkungan yang satu ini adalah cahaya atau sinar. Cahaya yang merupakan polutan adalah cahaya buatan manusia, yang berasal dari lampu-lampu. Intensitas tinggi dari cahaya buatan tersebut akan membuat langit malam menjadi terang sehingga mengganggu ekosistem. Hal ini biasanya terjadi di kota-kota besar.

5. Pencemaran Suara

Pencemaran suara termasuk bagian dari macam pencemaran terhadap lingkungan meskipun tidak begitu signifikan. Pencemaran ini berupa suara yang mengganggu aktivitas manusia dan merusak pendengaran. Berikut ini ada macam pencemaran suara meliputi:

a. Kendaraan

Suara dari kendaraan bermotor seperti mobil, truk, motor, bahkan pesawat terbang termasuk sumber dari pencemaran suara. Suara-suara yang terus menerus muncul bisa menimbulkan kebisingan dan gangguan pendengaran.

b. Industri pabrik

Suara dengan intensitas tinggi, seperti yang dikeluarkan oleh banyak mesin industri juga dapat menimbulkan kebisingan. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengurangi atau bahkan menghilangkan suara-suara yang mengganggu dengan menerapkan peraturan di setiap wilayah yang rentan mengalami masalah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini