Sukses

10 Manfaat Air Rebusan Kayu Manis, Hangatkan Tubuh

Air rebusan kayu manis bisa hangatkan tubuh dan cegah penyakit

Liputan6.com, Jakarta Kayu manis kerap menjadi penambah rasa untuk berbagai masakan dan kue. Kayu manis adalah rempah yang berasal dari cabang pohon "Cinnamomum". Kayu manis telah dikenal dengan sifat obatnya selama ribuan tahun.

Kayu manis juga bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman. Batang kayu manis bisa direbus atau diseduh dengan air mendidih dan diminum. Air rebusan kayu manis penuh dengan senyawa bermanfaat yang dapat menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Air rebusan kayu manis juga memberikan efek hangat pada tubuh. Minuman ini cocok dikonsumsi saat musim hujan. Efek obat dalam kayu manis menjadikan minuman ini kaya manfaat. Manfaat ini termasuk membantu penurunan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi kram menstruasi, dan mengurangi peradang.

Berikut manfaat minum air rebusan kayu manis, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (19/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Anti kanker dan sehatkan jantung

Punya sifat antikanker

Kayu manis telah dipelajari secara luas untuk potensinya dalam pencegahan dan pengobatan kanker. Penelitian tabung reaksi telah mengamati bahwa ekstrak kayu manis dapat membantu membunuh jenis sel kanker tertentu, termasuk sel kanker kulit. Sifat antioksidan yang dimiliki kayu manis sangat berperan dalam pencegahan kanker.

Sehatkan jantung

Studi tabung menunjukkan bahwa senyawa dalam kayu manis dapat mengurangi penanda peradangan. Ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Studi juga melaporkan bahwa kayu manis dapat mengurangi tekanan darah, serta kadar trigliserida dan kolesterol buruk.

Terlebih lagi, kayu manis dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik), yang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Kayu manis mengandung sejumlah besar kumarin yang bisa mencegah penyempitan pembuluh darah dan penggumpalan darah.

3 dari 6 halaman

Turunkan gula darah dan berat badan

Turunkan gula darah

Kayu manis dapat memberikan efek antidiabetik yang kuat dengan menurunkan kadar gula darah. Kayu manis bertindak dengan cara yang mirip dengan insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan gula dari aliran darah. Kayu manis juga membantu memperlambat penguraian karbohidrat di usus, mencegah kadar gula darah meningkat setelah makan,

Dilansir dari Medical News Today, penelitian yang diterbitkan pada tahun 2003 di Diabetes Care menemukan bahwa kayu manis dapat membantu menstabilkan kadar glukosa dan lipid pada pasien dengan diabetes tipe 2.

Dukung penurunan berat badan

Air rebusan kayu manis bisa dijadikan minuman untuk diet. Konsumsi kayu manis diyakini bisa membantu penurunan lemak atau pengurangan lingkar pinggang. Kayu manis juga bisa membantu mengurangi respons negatif tubuh terhadap makan makanan berlemak tinggi yang mengakibatkan penambahan berat badan.

4 dari 6 halaman

Atasi PMS dan lawan infeksi

Atasi PMS

Teh kayu manis dapat membantu mengatasi beberapa gejala menstruasi, seperti sindrom pramenstruasi (PMS) dan dismenore. Air rebusan kayu manis bisa meringankan nyeri haid dan menenangkan perut. Ada juga bukti bahwa kayu manis dapat mengurangi perdarahan menstruasi, frekuensi muntah, dan keparahan mual selama PMS.

Lawan bakteri dan jamur

Kayu manis memiliki beberapa sifat antibakteri dan antijamur yang kuat. Minum air rebusan kayu manis bisa membantu mencegah penyakit yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur. Penyakit ini termasuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus, Salmonella, dan E.coli.

Sifat antimikroba pada air rebusan kayu manis dapat mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi pada kulit. Selain itu, efek antibakteri kayu manis dapat membantu mengurangi bau mulut dan mencegah kerusakan gigi.

5 dari 6 halaman

Sehatkan otak dan cegah penuaan

Sehatkan otak

Minum air rebusan kayu manis juga bisa membantu menjaga fungsi otak. Dua senyawa yang ditemukan dalam kayu manis tampaknya menghambat penumpukan protein di otak. Kayu manis membantu melindungi neuron, tingkat neurotransmitter yang dinormalisasi dan meningkatkan fungsi motorik.

Efek ini mencegah penyakit degeneratif yang ditandai oleh hilangnya struktur atau fungsi sel-sel otak secara progresif. Penyakit Alzheimer dan Parkinson adalah dua jenis yang paling umum.

Cegah penuaan

Minum air rebusan kayu manis juga bisa melawan penuaan kulit. Studi menunjukkan bahwa kayu manis dapat meningkatkan pembentukan kolagen dan meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit. Efek ini mencegah kerutan, penggelapan, dan tampilan penuaan pada kulit. Efek antibakteri pada kayu manis juga menjaga kulit dari bakteri penyebab jerawat.

6 dari 6 halaman

Kaya antioksidan dan tingkatkan kekebalan

Kaya antioksidan

Air rebusan kayu manis mengandung banyak antioksidan yang merupakan senyawa bermanfaat yang membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Antioksidan melawan oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas ini dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti penyakit diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Kayu manis sangat kaya akan antioksidan polifenol. Polifenol dapat membantu mencegah pembekuan darah, mengurangi kadar gula darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Senyawa ini juga dapat meningkatkan fungsi otak, meningkatkan pencernaan, dan menawarkan perlindungan terhadap kanker.

Tingkatkan kekebalan

Kayu manis juga memiliki sifat antiperadangan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sifat antiperadangan ini membantu tubuh melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan. Kayu manis bisa membantu tubuh melawan berbagai masalah kekebalan tubuh, mencegah penyakit, dan menjadikan tubuh tetap sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini