Sukses

Bukan Hiasan Biasa, 5 Patung Ini Ternyata Miliki Makna Tersembunyi

Patung-patung ini miliki makna tersembunyi dibalik pembuatannya

Liputan6.com, Jakarta Bila di sebuah persimpangan jalan atau suatu tempat terdapat patung maupun monumen, tentu hal tersebut adalah sebuah gambaran untuk mengenang suatu momen atau kejadian yang pernah terjadi di masa lalu.

Keberadaannya adalah untuk mengingatkan kisah yang pernah ada, agar bisa menjadi pembelajaran di masa mendatang. Seperti yang dilakukan oleh pematung modern yang mencoba untuk membuat sesuatu yang sangat tidak biasa.

Karya-karya dari para pematung dapat bergerak, menyala, atau bahkan melanggar hukum fisika. Namun, ada monumen yang terlihat cukup sederhana. Tetapi ada hal-hal menakjubkan tentang patung ini dan ada kisah-kisah tersembunyi di balik keberadaan patung tersebut.

Berikut ulasan mengenai 5 patung dengan makna tersembunyi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Patung Woman With Bag

Monumen ini didirikan di Växjö, untuk mengenang Danuta Danielsson, seorang wanita Swedia yang menunjukkan keberanian sipil sejati. Itu terjadi pada tahun 1985 selama demonstrasi Partai Reich Nordik, sekelompok orang agresif yang mendukung ide-ide Nazi.

Sementara orang lain mencoba untuk tidak melihat demonstrasi ini dan mencoba untuk menghindari, Danuta memukul salah satu pria dengan tas tangannya di kepalanya. Hal inilah yang menginspirasi orang lain dan semua orang mulai berkumpul untuk meninggalkan Neo-Nazi. 

Setelah itu, banyak bermunculan kartu dan patung menggambarkan sosok Danuta dan tas tangannya dibuat serta dijual di kota. Dia sekarang diasosiasikan dengan seseorang yang tidak mau hanya menonton ketika sesuatu yang buruk dan tidak adil terjadi.

3 dari 6 halaman

Patung Knitting Mouse

Monumen ini didirikan di Rusia di kampus Novosibirsk University dan dibuka pada 1 Juli 2013. Asal muasal penciptaan patung ini adalah para ilmuwan untuk mengungkapkan rasa terima kasih mereka kepada tikus-tikus lab yang memberi manusia kesempatan untuk mempelajari gen dan mekanisme fisik dan molekuler penyakit, dan mengembangkan obat-obatan.

4 dari 6 halaman

Patung Loyal Fan

Patung seorang lelaki buta didirikan di stadion klub sepak bola Valencia. Patung tersebut diciptakan untuk mengenang penggemar setia Vicente Aparicio yang berusaha untuk tidak melewatkan pertandingan kandang tim.

40 Tahun yang lalu, Vicente kehilangan penglihatannya. Tetapi dia tidak pernah berhenti mengunjungi stadion untuk berada di dekat penggemar klub sepakbola lainnya dan menikmati suasana pertandingan.

5 dari 6 halaman

Patung Shark on The Roof

Anda dapat melihat patung ini di Oxford, Inggris. Pada pandangan pertama, sepertinya seekor ikan besar baru saja menabrak atap salah satu rumah.

Terlepas dari kenyataan bahwa itu terlihat lucu, ia memiliki makna yang sangat menyedihkan. Hiu itu melambangkan sebuah bom yang dipasang di sana pada peringatan 41 tahun serangan Nagasaki.

6 dari 6 halaman

Patung The Red Brave Fićo

Monumen ini  terletak di Osijek, Kroasia. Mobil Fićo merah kecil (Fiat) terlihat mendorong sebuah tank besar ke tanah dengan roda-rodanya. Patung ini dibuat untuk mengenang kisah nyata.

'Fićo berani' yang sebenarnya menjadi terkenal pada 27 Juni 1991, ketika pasukan militer Yugoslavia memasuki kota. Salah satu warga memarkir Fiat merah kecilnya di jalan tank untuk menunjukkan ketidaktaatannya kepada musuh. Setelah itu, pria itu baru saja meninggalkan mobilnya dan berjalan pergi.

Mobil itu hancur tetapi insiden itu direkam dalam  video yang kemudian ditampilkan di TV. Alhasil, mobil itu menjadi terkenal dan menjadi simbol semangat warga Osijek. Namun pada saat penyerangan tersebut, banyak orang yang berada di kota ini meninggal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini