Sukses

12 Manfaat Yogurt untuk Kesehatan dan Kecantikan, Mampu Cegah Penuaan

Ada banyak manfaat baik dari yogurt untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat yogurt untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah penting untuk diketahui. Yogurt adalah produk olahan yang terbuat dari fermentasi susu. Selama ini, Yogurt dikenal sebagai sumber makanan yang tinggi probiotik dan bakteri lainnya untuk kesehatan.

Rasanya yang sedikit asam menjadikan yogurt cukup digemari banyak orang. Tak hanya itu, yogurt terkenal mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Yogurt juga mampu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit secara menyeluruh, termasuk mencerahkan kulit menjadi lebih berkilau atau glowing.

Yogurt tergolong sebagai makanan yang mengandung probiotik tinggi. Kandungan itu bermanfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya untuk sistem pencernaan usus dan lambung. Konsumi bakteri baik tersebut juga menjadikan tubuh Anda bisa menyerap mineral dan kandungan lainnya dengan lebih maksimal.

Lantas, apa saja manfaat yogurt bagi kesehatan dan kecantikan? Berikut ini manfaat yogurt bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit wajah yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (16/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Menurunkan Risiko Kanker Paru-paru dan Tekanan Darah

1. Menurunkan Risiko Kanker Paru-Paru

Manfaat yogurt yang pertama adalah menurunkan risiko kanker paru-paru. Dalam sebuah penelitian dari Vanderbilt University Medical Center menemukan bahwa konsumsi yoghurt setiap hari dapat menurunkan risiko kanker paru-pari hingga 20 persen. Bahkan, bila diikuti dengan diet yang tepat, bisa menurunkan risiko hingga 30 persen. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa beberapa kandungan probiotik dan bakteri di dalamnya memiliki zat-zat untuk menangkal penyebab radang dan sel kanker.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat yogurt yang selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa yoghurt bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, terlebih bagi wanita. Berdasarkan data dari American Heart Association, wanita yang mengonsumsi yoghurt lebih dari lima kali dalam seminggu, terlebih jika dibarengi dengan diet akan mendapatkan risiko darah tinggi lebih rendah hingga 20 persen. Yoghurt dengan kandungan gula lebih rendah akan memberikan hasil yang lebih baik.

3 dari 7 halaman

Mencegah Osteoporosis dan Memperkuat Sistem Imun

3. Mencegah Osteoporosis

Manfaat yogurt yang selanjutnya adalah mencegah osteoporosis. Berbicara mengenai kesehatan tulang, zat utama yang dibutuhkan adalah vitamin D dan kalsium. Ternyata, di dalam segelas yoghurt juga mengandung zat tersebut. Rata-rata, Anda bisa mendapatkan kalsium, protein, potasium, fospor dan vitamin D. Semua vitamin dan mineral yang ada merupakan zat yang berperan penting untuk kesehatan tulang, dan dapat mencegah osteoporosis. Kondisi tulang yang mudah patah akibat osteoporosis dapat dicegah dan dibantu dengan konsumsi yoghurt yang menambah kekuatan dan massa tulang.

4. Memperkuat Sistem Imun

Manfaat yogurt yang selanjutnya adalah memperkuat sistem imun. Selain probiotik yanng ada, kandungan zat mineral lainnya seperti magnesium, zinc, selenium juga ada di dalam yoghurt. Karenanya, pengonsumsian secara rutin memiliki peranan penting bagi kesehatan, serta dapat meningkatkan sistem imun sehingga melindungi tubuh dari penyakit. Vitamin D yang ada dalam yoghurt juga telah dipelajari dapat membantu pencegahan flu dan demam.

4 dari 7 halaman

Menurunkan Tingkat Alergi dan Mencegah Infeksi Jamur di Area Kewanitaan

5. Menurunkan Tingkat Alergi

Manfaat yoghurt lainnya adalah bisa membantu mencegah terjadinya alergi. Saat alergi, IgE (Immunoglobulin E) yang merupakan sebuah antibodi dalam darah akan menstimulasikan histamin yang dapat menyebabkan hidung dan mata berair, bersin-bersin dan masalah kulit lainnya. Ternyata, dalam yoghurt ada kandungan bernama Lactobacillus casei yang dapat menurunkan tingkat IgE sehingga sistem imun juga dapat menangkal zat alergen lainnya.

6. Mencegah Infeksi Jamur di Area Kewanitaan

Tak perlu repot-repot membeli pembersih area kewanitaan. Ternyata, yoghurt bisa membantu untuk mencegah munculnya infeksi jamur di area sensitif wanita. Hal ini dikarenakan kandungan-kandungan di dalamnya dapat membantu menyeimbangkan kadar pH sehingga jamur akan enggan untuk hadir.

5 dari 7 halaman

Menjaga Kesehatan Pencernaan dan Membantu Mengontrol Berat Badan

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Beberapa jenis yogurt mengandung bakteri hidup atau probiotik yang dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Jenis-jenis probiotik yang ditemukan dalam yogurt, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus, telah terbukti mampu mengurangi gejala dari sindrom iritasi usus besar (IBS). Sebuah penelitian meminta pasien IBS untuk mengonsumsi yogurt yang mengandung Bifidobacteria secara rutin. Setelah tiga minggu mengonsumsi yogurt, mereka melaporkan efek peningkatan frekuensi buang air besar.

8.  Membantu Mengontrol Berat Badan

Manfaat yogurt yang selanjutnya adalah membantu mengontrol berat badan. Yogurt memiliki sejumlah kandungan yang dapat membantu mengontrol berat badan agar tidak berlebih. Yogurt kaya akan protein yang bekerjasama dengan kalsium untuk meningkatkan kadar hormon penurun nafsu makan seperti peptida YY dan GLP-1. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi yogurt dikaitkan dengan penurunan berat badan, persentase lemak tubuh, dan lingkar pinggang yang mengecil.

6 dari 7 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung dan Sumber Mineral dan Vitamin

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat yogurt yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Yoghurt rendah gula atau bebas lemak berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Sejumlah penelitian menemukan bahwa asupan lemak dari produk susu murni ataupun fermenrasi dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga berguna untuk melindungi jantung. Yogurt dapat menurunkan risiko penyakit jantung berbahaya dan mencegah terjadinya stroke. Namun, Anda perlu mengonsumsi yogurt murni tanpa perasa atau pemanis buatan supaya hasilnya lebih maksimal.

10. Sumber Mineral dan Vitamin

Yogurt mempunyai kandungan asupan vitamin B kompleks, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, selenium, dan zink. Kandungan vitamin B12 pada yogurt bermanfaat untuk membantu sistem saraf kamu agar berfungsi dengan baik serta melindungimu dari penyakit jantung.

7 dari 7 halaman

Melembapkan Kulit Maksimal dan Mengurangi Kerutan Wajah

11.  Melembapkan Kulit Maksimal

Manfaat yogurt yang selanjutnya adalah melembapkan kulit maksimal. Jika kulit Anda kering, moisturizer yang ampuh untuk mengatasinya adalah yoghurt. Kandungan di dalamnya bisa secara efektif membuat kulit menjadi lebih lembap. Anda bisa memanfaatkannya dengan mengolahnya menjadi masker. Yang Anda butuhkan adalah 4 sendok makan yogurt, 1 sendok makan cocoa dan 1 sendok makan madu.

12.  Mengurangi Kerutan Wajah

Manfaat yogurt yang selanjutnya adalah mengurangi kerutan wajah. Mungkin yoghurt bisa membantu mewujudkan keinginan Anda dalam mengurangi kerutan di wajah. Yogurt telah terbukti mampu mengurangi kerutan kulit di wajah secara signifikan, sehingga Anda bisa terlihat lebih muda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.