Sukses

10 Cara Atasi Fibromyalgia Secara Alami, Bantu Hilangkan Lelah Kronis

Fibromyalgia menyebabkan nyeri dan kelelahan kronis.

Liputan6.com, Jakarta Fibromyalgia adalah kondisi kompleks yang menyebabkan nyeri, kelelahan, dan titik nyeri di sekitar tubuh. Nyeri dan lelah biasanya terasa pada otot-otot bagian tubuh tertentu, termasuk leher, bahu, punggung, pinggul, lengan, dan kaki. Fibromyalgia bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

Perhatian medis diperlukan karena fibromyalgia bisa sulit untuk ditangani. Orang dengan fibromyalgia perlu berkonsultasi dengan dokter mereka untuk membuat rencana perawatan terbaik.

Tidak ada obat khusus untuk fibromyalgia, tetapi pengobatan, perubahan gaya hidup, dan pengobatan alami dapat membantu orang mengelola gejalanya. Perawatan standar untuk fibromyalgia termasuk obat penghilang rasa sakit, antidepresan, dan obat anti-kejang. Selain obat, beberapa cara alami bisa dilakukan.

Cara alami ini merupakan bentuk perubahan gaya hidup seperti olahraga, meditasi, hingga pola makan. Cara-cara ini bisa membantu meredakan gejala fibromyalgia yang mengganggu.

Berikut cara atasi fibromyalgia secara alami seperti dirangkum Liputan6.com dari Medical News Today, Senin (11/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara atasi fibromyalgia secara alami

Istirahat cukup

Orang dengan fibromyalgia dapat lebih mudah. Istirahat merupakan salah satu kebutuhan penting untuk mengatasi gejalanya. Mencoba melakukan terlalu banyak olahraga atau terlalu banyak aktivitas dapat meningkatkan rasa sakit dan kelelahan. Jadi beraktivitas cukup dan tidak berlebihan adalah kuncinya.

Tidur

Tidur yang cukup sangat penting untuk mengelola gejala fibromyalgia. Istirahat yang cukup membantu memerangi kelelahan yang menyertai kondisi tersebut.

Cara-cara untuk meningkatkan kualitas tidur seperti pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, membatasi cahaya dan kebisingan pada waktu tidur, menghindari paparan layar sebelum tidur, memberi jeda 2-3 jam antara makan berat dan pergi tidur, dan menghindari alkohol dan kopi sebelum tidur.

3 dari 6 halaman

Cara atasi fibromyalgia secara alami

Olahraga

Olahraga bisa membantu memperkuat tubuh untuk mengatasi gejala fibromyalgia. Beberapa orang dengan fibromyalgia mungkin merasa sulit berolahraga pada awalnya, tetapi membangun secara bertahap dan konsisten dapat bermanfaat.

Saat kekuatan otot meningkat seiring waktu, rasa sakit dan ketidaknyamanan akan berkurang. Orang dengan fibromyalgia harus berbicara dengan dokter sebelum memulai rejimen olahraga. Seorang ahli terapi fisik dapat membantu mengatur program yang sesuai.

Pola makan

Makan makanan yang seimbang dan sehat, berolahraga, dan mengurangi penggunaan kafein, alkohol, produk nikotin, dan obat-obatan terlarang dapat membantu mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati. Ini dapat membantu mengurangi gejala fibromyalgia yang tidak nyaman.

Pola makan untuk fibromyalgia harus mencakup buah dan sayuran segar, biji-bijian, lemak sehat, produk susu rendah lemak, dan protein tanpa lemak, seperti ayam atau ikan. Hindari makanan tidak sehat, termasuk apapun yang diproses atau digoreng, dan lemak jenuh dalam jumlah yang berlebihan. Juga, batasi jumlah garam dan gula dalam makanan.

4 dari 6 halaman

Cara atasi fibromyalgia secara alami

Hindari stres

Stres dapat memperburuk gejala fibromyalgia. Cara mengurangi stres di antaranya seperti melakukan yoga dan jenis olahraga lainnya, melakukan hobi, berinteraksi dengan teman dan keluarga, atau bergabung dengan kelompok dukungan untuk penderita fibromyalgia. Mengurangi stres melalui yoga, pijat, dan meditasi dapat membantu meredakan fibromyalgia.

Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara mengurangi stres penyebab fibromyalgia. Meditasi dapat mengubah cara fungsi otak, membantu memperbaiki gejala fibromyalgia. Tinjauan penelitian yang diterbitkan dalam Current Pain and Headache Reports juga menemukan bukti bahwa meditasi dapat meredakan nyeri terkait fibromyalgia. Ini dapat membantu menenangkan pikiran dan meredakan tubuh, mempromosikan istirahat yang dalam dan relaksasi.

5 dari 6 halaman

Cara atasi fibromyalgia secara alami

Akupuntur

Akupunktur adalah jenis pengobatan tradisional Tiongkok dengan memasukkan jarum kecil ke titik-titik pemicu tertentu di tubuh. Beberapa orang percaya bahwa jarum ini mengubah aliran darah dan kadar kimiawi, yang dapat membantu meredakan nyeri dan ketidaknyamanan akibat fibromyalgia.

Sebuah artikel yang diterbitkan dalam Cochrane Database of Systematic Reviews menemukan bahwa akupunktur membantu mengobati fibromyalgia. Para penulis meninjau sembilan studi dengan total 395 peserta. Mereka menemukan beberapa bukti bahwa akupunktur dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan.

Pijat

Pijat adalah pengobatan yang dikenal luas untuk mengatasi nyeri otot dan persendian. Pijat bisa meningkatkan rentang gerak, mengurangi stres, meningkatkan relaksasi, dan menghilangkan rasa sakit.

6 dari 6 halaman

Cara atasi fibromyalgia secara alami

Yoga

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat membantu meringankan gejala fibromyalgia. Para peneliti di jurnal Pain mengaitkan yoga dengan tingkat nyeri terkait fibromyalgia yang lebih rendah.

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Pain Research menemukan hasil yang serupa. Wanita dengan fibromyalgia yang mengikuti kelas yoga selama 75 menit dua kali seminggu selama delapan minggu melaporkan lebih sedikit rasa sakit pada akhir penelitian. Mereka juga memiliki kadar hormon stres kortisol yang lebih rendah dalam darah mereka.

Tai chi

Tai chi adalah praktik relaksasi Tiongkok kuno. Ini melibatkan menggerakkan tubuh secara perlahan dan lembut melalui serangkaian pose. Tai chi telah menunjukkan beberapa potensi gejala fibromyalgia.

Sebuah studi yang dilaporkan dalam New England Journal of Medicine menemukan hasil yang menjanjikan. Peserta dengan fibromyalgia mengambil bagian dalam kelas tai chi selama 60 menit, dua kali seminggu selama 12 minggu. Mereka yang melakukan tai chi mengalami penurunan dalam rasa sakit, depresi, peningkatan kualitas tidur, dan kualitas hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini