Sukses

5 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat daun pandan untuk kesehatan bisa didapatkan lewat ekstraknya.

Liputan6.com, Jakarta Daun pandan mungkin sudah tidak asing bagi kebanyakan orang. Bahkan banyak orang yang menanam daun pandan di rumahnya. Daun pandan biasanya digunakan sebagai pengharum alami makanan, karena memang memiliki bau yang harum.

Selain menjadi pengharum saja, daun pandan bahkan juga menjadi bahan pewarna dan penambah rasa alami pada makanan. Karena itulah, daun pandan sangat mudah ditemui, menilik berbagai manfaat yang diberikannya untuk makanan.

Manfaat daun pandan untuk kesehatan bisa didapatkan lewat ekstraknya. Berbagai kandungan yang terdapat di dalam daun pandan memiliki berbagai manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh. Daun pandan mengandung berbagai jenis senyawa seperti polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, hingga alkaloid. Senyawa-senyawa ini dapat bertindak sebagai antibakteri. Dari kandungan berbagai senyawa inilah daun pandan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/8/2019) beberapa manfaat daun pandan untuk kesehatan yang jarang diketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengatasi Rematik

Penyakit rematik merupakan penyakit yang menyerang tulang tubuh. Biasanya, rematik banyak diderita oleh seseorang yang sudah berusia cukup tua. Agar terbebas dari rematik, kamu bisa memanfaatkan daun pandan. Caranya dengan merebus daun pandan segar dengan minyak kelapa, lau diaduk hingga merata. Setelah dingin, kamu bisa menggunakan olahan daun pandan ini untuk dioleskan pada bagian rematik. Rasa nyeri, kaku, hingga bengkak pada sendi akan dapat segera diatasi.

3 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat daun pandan selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan rambut, khususnya dalam menghilangkan ketombe dan mencegah rambut rontok. Bahkan bila kamu ingin mendapatkanr ambut yang sehat, hitam, lembut dan berkilau, kamu bisa memanfaatkan daun pandan. Cara penggunaannya, kamu bisa menjadikan daun pandan sebagai masker rambut. Tumbuk halus daun pandan dan tambahkan air, lalu aduk hingga rata. Selanjutnya, kamu tinggal mengoleskannya ke rambut dan pijat kulit kepala dengan lembut. Diamkan beberapa menit, lalu cuci rambut hingga bersih.

4 dari 6 halaman

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang cukup sering menyerang beberapa orang. Darah tinggi biasanya disebabkan karena pola makan yang tidak sehat dan mengalami stress berat. Bahkan sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak daun pandan dapat mengurangi gula darah. Secara umum, daun pandan memiliki potensi sebagai sumber alami antihiperglikemik.

Untuk mengatasi tekanan darah tinggi, kamu bisa menggunakan daun pandan sebagai minuman. Rebus daun pandan dengan dua gelas air dan tunggulah air rebusan tinggal setengahnya. Minum air ini setiap pagi dan sore hari hingga tekanan darah kembali normal.

5 dari 6 halaman

Menetralkan Racun

Selanjutnya, daun pandan memiliki manfaat untuk menetralkan racun. Minuman teh atau jus daun pandan menguras kotoran yang menumpuk dalam tubuh, sekaligus memiliki kegunaan untuk menetralkan zat beracun. Jaid tidak hanya air kelapa hijau saja yang dapat menetralkan racun. Bahkan daun pandan sangat efektif dalam detoksifikasi tubuh, terutama untuk organ hati. Daun pandan juga aman digunakan oleh anak-anak sebagai pencahar ringan.

6 dari 6 halaman

Meredakan Rasa Nyeri

Memiliki sifat analgetik, daun pandan juga dapat bermanfaat sebagai pereda sakit kepala, pereda nyeri, arthritis, nyeri dada, hingga kram perut. Untuk mendapatkan manfaat satu ini, kamu bisa mengolah daun pandan menjadi teh, dan meminumnya secara rutin dua kali sehari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini