Sukses

12 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami, Ampuh dan Cepat Terangkat

Cara menghilangkan komedo secara alami dapat dengan mudah dilakukan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan komedo secara alami dapat dengan mudah dilakukan di rumah. Tak hanya lebih praktis, cara menghilangkan komedo dengan bahan alami ini diketahui lebih aman dan minim efek samping. 

Selain di wajah, komedo dapat muncul juga di bagian tubuh lain, seperti leher, punggung, dada, lengan, atau bahu. Namun, komedo memang lebih sering terjadi pada wajah, terutama hidung. Komedo bisa muncul ketika folikel atau pori-pori rambut di kulit wajah tersumbat oleh sel kulit mati, bakteri, dan minyak. 

Bila dibiarkan, komedo bisa berkembang menjadi jerawat. Supaya kulit terbebas dari jerawat dan halus kembali, Anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan komedo menggunakan bahan-bahan alami.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara menghilangkan komedo dengan bahan alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

1. Lidah buaya

Tak hanya dapat menjaga kesehatan rambut, lidah buaya juga kerap digunakan untuk memelihara kesehatan kulit wajah. Manfaat ini berasal dari senyawa aktif yang bersifat antiradang dan antikuman di dalamnya, sehingga dapat menekan pertumbuhan bakteri yang menyumbat pori-pori wajah. Anda bisa memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasi komedo dengan cara menggunakannya sebagai pelembap atau masker wajah.

2. Masker tanah liat

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami adalah menggunakan masker tanah liat. Masker tanah liat sering kali dianggap sebagai produk yang cocok untuk kulit berminyak, karena dapat mengangkat kotoran dan minyak berlebih dari pori-pori sehingga mencegah terbentuknya komedo. Anda bisa menggunakan jenis masker ini sebanyak 1–2 kali seminggu.

3. Masker arang

Arang dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Masker arang berperan dalam mengeluarkan minyak, sel kulit mati, dan kotoran dari pori-pori. Dengan begitu, wajah pun bisa menjadi mulus kembali dan bebas komedo. Anda disarankan untuk menggunakan masker ini sekali dalam seminggu.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

4. Tea tree oil

Tea tree oil dapat digunakan untuk membantu menghilangkan kotoran dan minyak di kulit yang dapat menyumbat pori-pori dan berpotensi menyebabkan komedo. Tea tree oil juga memiliki sifat anti-komedogenik (antibakteri dan antiinflamasi) yang dapat membantu menghilangkan komedo. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda tinggal mengoleskan tea tree oil pada bagian wajah yang berkomedo. Agar lebih optimal, tea tree oil dapat dicampur dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak jojoba saat digunakan sebagai bahan oles.

5. Oatmeal

Menurut sebuah artikel dalam Journal of Drugs in Dermatology, oatmeal memiliki sifat antiinflamasi, pengelupasan kulit, dan menyejukkan kulit. Ini bermanfaat juga untuk menghilangkan komedo. Cara menghilangkan komedo menggunakan oatmeal adalah dengan mencampur 2 sendok makan oatmeal dengan 3 sendok makan yogurt alami dan 1 sendok makan minyak zaitun. Setelah bahan tercampur, oleskan ke kulit yang telah dilembabkan, lalu biarkan selama 15 menit.

6. Putih telur

Putih telur memiliki sifat mengencangkan kulit dan dapat membantu menghilangkan komedo. Untuk memanfaatkannya, Anda akan lebih baik mencampur putih telur dari 3 butir telur dengan 2 sendok makan air lemon. Oleskan masker untuk membersihkan kulit dari komedo dengan jari-jari Anda atau kuas yang bersih dan lembut. Biarkan masker mengering dan oleskan lagi masker sebagai tahap kedua. Setelah 20 menit, bilas dengan air hangat.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

7. Gula

Gula adalah exfoliator alami yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit terluar. Ini juga bermanfaat untuk mengilangkan komedo. Cara menghilangkan komedo dengan gula adalah campurkan 1 cangkir gula putih dengan 3 sendok makan minyak ramah kulit, seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak jojoba. Setelah kering, bilas masker dengan air hangat. Untuk hasil terbaik, oleskan masker atau scrub ini seminggu sekali guna membantu pengelupasan kulit dan menghilangkan komedo. Jika memiliki jenis kulit yang lebih berminyak, Anda mungkin dapat menggunakan masker dua kali seminggu tanpa mengeringkan kulit Anda.

8. Lemon

Melansir Boldsky, lemon dapat membantu mengecilkan pori-pori dan menghilangkan komdedo. Air lemon juga mencegah tanda atau bekas jerawat di kulit. Cara menghilangkan komedo  dengan lemon secara alami cukup mudah. Anda tinggal mengoleskan air perasan lemon pada kulit berkomedo, lalu biarkan kering. Setelah itu, cuci muka Anda dengan air hangat. Ulangi proses ini 2-3 kali dalam seminggu hingga komedo hilang.

9. Kulit jeruk

Kulit jeruk mengandung vitamin C dan nutrisi efektif lainnya yang bagus untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Cara menghilangkan komedo dengan kulit jeruk, yakni:

a. Keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari dan jadikan itu bubuk halus.

b. Campurkan 1 sendok makan bubuk jeruk dan 2 sendok makan air mawar dalam mangkuk.

c. Buat menjadi masker yang halus.

d. Sekarang, oleskan masker ini pada area kulit berkomedo dan biarkan mongering.

e. Gosok dengan lembut menggunakan tangan yang basah.

f. Cuci muka Anda dengan air dingin.

g. Lakukan cara ini berulang kali hingga komedo hilang.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

10. Stroberi

Stroberi mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengontrol produksi minyak berlebih. Sementara, asam salisilat dalam stroberi diyakini berkhasiat untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo. Untuk menggunakannya, Anda perlu menambah masker stroberi dengan madu atau air perasan lemon, kemudian oleskan pada wajah sembari dipijat. Setelah 10-15 menit, bersihkan masker dengan air hangat.

11. Mentimun

Mentimun dianggap sebagai bahan yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, sehingga bisa dijadikan sebagai solusi untuk menghilangkan komedo. Melansir Buku Pintar Merawat Kecantikan di Rumah (2010) oleh Windya Novita, jika bermasalah dengan komedo, Anda bisa mencoba masker mentimun. Berikut cara menghilangkan komedo dengan mentimun, yaitu:

a. Ambil ½ buah timun, 1 sendok teh perasan air lemon, dan 1 sendok teh air perasan daun mint.

b. Lumatkan semua bahan dengan blender, masukan ke dalam botol kecil, dan dinginkan dalam lemari es selama sekitar 10 menit.

c. Oleskan ramuan tersebut pada wajah, lalu diamkan.

d. Setelah 15 menit, bilas wajah dengan air hangat dan ikuti dengan air dingin.

e. Lakukan perawatan ini secara teratur seminggu sekali.

12. Madu

Madu dapat digunakan untuk membantu menjaga kulit lembab, sehingga mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori oleh sel-sel kulit mati. Selain itu, madu juga dapat membantu menghilangkan komedo. Untuk memanfaatkannya, Anda hanya perlu mengoleskan madu pada kulit yang berkomedo, lalu biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas masker madu dengan air jika sudah selesai. Lakukan perawatan ini secara teratur 3-4 kali seminggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.