Sukses

7 Manfaat Wortel Ungu untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat wortel ungu dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang melimpah.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat wortel ungu ternyata sangat baik untuk kesehatan. Jenis wortel satu ini mungkin masih belum begitu populer di Indonesia, namun manfaat kesehatannya cukup istimewa. Terutama jika dibandingkan dengan wortel oranye yang biasa kamu konsumsi.

Semua wortel dalam warna apa pun memiliki kandungan nutrisi yang tak jauh berbeda, seperti serat, kalium, vitamin C, mangan, vitamin A, dan beberapa vitamin B. Tapi, wortel ungu memiliki sejumlah keistimewaan tersendiri.

Manfaat wortel ungu dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang melimpah. Wortel ungu memiliki warna yang unik ini dikarenakan kandungan antioksidan, yang disebut anthocyanin. Rasanya juga lebih manis dari wortel oranye biasa.

Berikut Liputan6.com rangkum dari KlikDokter, Kamis (28/1/2021) tentang manfaat wortel ungu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Baik untuk Kesehatan Mata dan Kaya Antioksidan

Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat wortel ungu untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mata, sebagaimana dimiliki oleh wortel oranye juga. Namun, Manfaat wortel ungu untuk mata jauh lebih besar dibandingkan wortel oranye. Karena, wortel ungu memiliki antosianin dan lutein.

Antosianin dan lutein dapat mencegah gangguan penglihatan, seperti degenerasi makula dan katarak akibat penuaan. Bahkan, kadar lutein di dalam wortel ungu jauh lebih banyak dibandingkan wortel oranye.

Kaya Antioksidan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, antioksidan unik yang terkandung di dalam wortel ungu adalah antosianin. Antosianin merupakan antioksidan jenis polifenol yang bisa ditemukan pada buah maupun sayuran berwarna ungu.

Selain antosianin, wortel ungu juga mengandung antioksidan asam kafeat dan asam klorogenat. Bahkan, wortel ini mengandung antioksidan polifenol sekitar sembilan kali lebih banyak dibandingkan wortel warna lainnya.

3 dari 4 halaman

Baik untuk Pencernaan dan Membantu Menurunkan Berat Badan

Baik untuk Pencernaan

Selain itu, manfaat wortel ungu juga baik untuk kesehatan pencernaan. Hal ini berkat kandungan seratnya. Selain itu, antosianin dari sayuran ini juga mampu menjaga sistem pencernaan.

Lalu, antosianin memiliki efek antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan kronis pada saluran pencernaan. Caranya yaitu dengan menurunkan produksi protein penyebab inflamasi. Namun, hal tersebut baru sebatas penelitian pada hewan. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia demi melihat efek antiinflamasinya untuk peradangan usus.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Wortel mengandung kalori dalam jumlah sedikit namun sangat bernutrisi. Oleh karena itu, sayuran ini baik dijadikan makanan penurun berat badan. Kandungan gizi wortel ungu berupa serat tinggi dapat membantu menurunkan nafsu makan. Caranya, dengan meningkatkan produksi hormon yang menghasilkan rasa kenyang seperti peptide YY.

Selain itu, sebuah penelitian yang melibatkan 124.000orang menunjukkan, orang yang mengonsumsi sayuran ungu seperti wortel ungu dapat mengurangi berat badan lebih banyak, baik pada laki-laki maupun perempuan.

4 dari 4 halaman

Mencegah Penyakit Jantung, Efek Antikanker, dan Bermanfaat untuk Kulit

Mencegah Penyakit Jantung

Efek antiinflamasi pada wortel ungu juga berperan dalam mencegah penyakit jantung. Fungsi tersebut akan mencegah terbentuknya plak pada pembuluh darah dan membantu menurunkan produksi kolesterol jahat. Dengan demikian, risiko serangan jantung akan berkurang.

Efek Antikanker

Penelitian tahun 2018 menunjukkan, tikus yang diberi makan ekstrak wortel ungu memiliki pertumbuhan kanker yang lebih sedikit dibandingkan yang tidak ketika terpapar senyawa pemicu kanker.

Selain itu, sebuah penelitian observasi menggunakan tabung reaksi menunjukkan, antosianin mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara, hati, kulit, darah, dan kolon (usus besar).

Selain antosianin; alfa-karoten, beta-karoten, dan vitamin A juga berkontribusi dalam mencegah kanker. Khasiat antikanker memang lebih menonjol pada buah-buahan dan sayuran berwarna ungu.

Bermanfaat untuk Kulit

Manfaat wortel ungu untuk kulit bisa didapatkan karena kandungan vitaminnya, terutama vitamin C. Beta-karoten juga bermanfaat untuk mewujudkan kulit yang sehat. Karena, kandungan ini berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Selain itu, kadar antioksidan tinggi di dalam wortel ungu dapat mengatasi radikal bebas yang menyebabkan penuaan pada kulit. Dengan demikian, pembentukan kerutan di wajah bisa berkurang. Perlawanan terhadap radikal bebas ini juga akan mencegah kanker kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini