Sukses

8 Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Tangan saat Masak

Cara menghilangkan noda kunyit di tangan diterapkan dengan menggunakan bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan noda kunyit di tangan tentunya menjadi masalah tersendiri bagi kamu yang suka masak. Bagaimana tidak, noda kunyit yang melekat di tangan ataupun kuku sulit sekali dihilangkan. Kamu tidak bisa mencucinya menggunakan air saja jika ingin cepat hilang.

Padahal, kunyit merupakan salah satu rempah yang sangat penting sebagai bumbu masakan. Walaupun hanya terkena sedikit, noda kuning kunyit ini sulit sekali hilang. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan beberapa bahan alami untuk menghilangkannya.

Cara menghilangkan noda kunyit di tangan diterapkan dengan menggukan bahan alami. Dengan begitu, noda kuning kunyit di kulitmu akan cepat hilang. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi saat masak menggunakan kunyit sebagai rempahnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/7/2020) tentang cara menghilangkan noda kunyit di tangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gunakan Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa

Gunakan Minyak Zaitun

Cara menghilangkan noda kunyit di tangan yang pertama adalah menggunakan minyak zaitun. Caranya cukup mudah, hangatkan minyak ini sampai suam-suam kuku kemudian gosokkan ke kulit yang terkena kunyit. Agar noda lebih cepat hilang, gosokkan minyak pakai kain lap atau handuk. Kamu bisa menerapkan cara ini beberapa kali hingga noda kunyit benar-benar hilang.

Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda kunyit di tangan. Minyak kelapa dapat menghilangkan bekas kunyit jika terlanjur terkena kuku dan kulit tangan. Penggunaannya sama saja dengan minyak zaitun.

Selain itu, kamu juga bisa mengoleskan minyak kelapa pada sekitar kuku dan tangan sebelum mengupas kunyit. Minyak akan mencegah warna kuning melekat pada kulit. Bisa juga menggunakan minyak jarak jika tidak ada minyak kelapa.

3 dari 5 halaman

Scrub Gula dan Susu

Scrub Gula

Cara menghilangkan noda kunyit di tangan selanjutnya adalah dengan scrub gula. Gula berfungsi untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan warna kunyit yang membandel.

Caranya mudah, cukup pilih gula pasir yang halus dan campur dengan sedikit air (sebaiknya air hangat), lalu gosokkan merata di kulit. Lakukan cara ini beberapa kali hingga noda kunyit menghilang sepenuhnya.

Susu

Susu juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda kunyit di tangan. Kandungan asam laktat pada susu ternyata bisa menghilangkan warna kuning bekas kunyit. Bahkan, susu juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit.

Cara menerapkannya mudah saja, gunakan kapas lalu celupkan ke dalam susu. Kemudian, gosok pada tangan yang terkena kunyit hingga noda hilang.

4 dari 5 halaman

Baking Soda dan Cuka Apel

Baking Soda

Cara menghilangkan noda kunyit di tangan dan kuku juga bisa menggunakan baking soda. Capurkan baking soda dengan sedikit air dan gosokkan merata pada bagian yang kuning. Ulangi beberapa kali hingga hilang.

Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda kunyit di tangan. Cara menggunakannya juga tidak sulit. Cukup teteskan 3-4 cuka apel pada permukaan tangan dan kuku. Kemudian gosok perlahan hingga noda hilang. Setelah itu, kamu tinggal bilas dengan air bersih.

5 dari 5 halaman

Lemon dan Kupas di Dalam Air

Lemon

Kamu juga bisa menggunakan lemon sebagai cara menghilangkan noda kunyit di tangan selanjutnya. Untuk menggunakannya, kamu tinggal memeras air lemon, lalu oleskan pada tangan dan kuku. Kemudian diamkanlah sejenak, lalu gosok perlahan sampai noda kuning menghilang.

Kupas di Dalam Air

Salah satu cara agar kamu tidak terkena noda kunyit adalah dengan mengupasnya di dalam air. Mengupas kunyit di dalam air atau di air mengalir akan mengurangi konsentrasi warna kekuningan pada kunyit yang menempel di tangan. Dalam menerapkan cara ini, sebaiknya jangan terlalu menekan kunyit sehingga warnanya tidak terlalu menempel di kulit.

Itulah beberapa cara menghilangkan noda kunyit di tangan saat masak yang bisa kamu terapkan di rumah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini