Sukses

1 Galon Berapa Liter? Ketahui Juga Bahaya Konsumsi Air Isi Ulang Bagi Tubuh

Pertanyaan sepele seperti 1 galon berapa liter sering dilupakan orang-orang.

Liputan6.com, Jakarta Galon menjadi kebutuhan penting masyarakat Indonesia yang mudah untuk ditemukan. Asupan air bagi tubuh sangat terbantu dengan adanya galon. Hal ini menjadikan galon sebagai pilihan utama keluarga di Indonesia. Galon mampu memenuhi kebutuhan air seluruh anggota keluarga selama kurang lebih satu minggu. Galon yang sudah kosong dapat diisi ulang kembali dengan memanggil tukang galon atau datang langsung ke depot air minum.

Pertanyaan sepele seperti 1 galon berapa liter sering dilupakan orang-orang. Padahal mengetahui volume galon menjadi hal yang harus diperharikan. Dengan begitu, kita dapat menghitung secara berapa lama galon tersebut dapat memenuhi kebutuhan asupan air pada tubuh manusia. Kekurangan asupan air dapat menyebabkan beberapa gangguan dalam tubuh seperti dehidrasi. Namun, perlu diperhatikan juga jika melakukan isi ulang pada galon karena terdapat berbagai bahaya di dalamnya.

Berikut informasi jawaban tentang pertanyaan 1 galon berapa liter hingga bahaya air galon isi ulang bagi tubuh yangLiputan6.com telah melansirnya dari berbagai sumber, Jumat (2/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1 Galon Berapa Liter?

Pertanyaan sederhana mengenai 1 galon berapa liter belum tentu bisa dijawab oleh banyak orang. Mereka hanya mengonsumsi galon tanpa peduli berapa volume dari galon tersebut. Bagi mereka kualitas dari galon lebih penting untuk diketahui daripada volume dari galon itu sendiri. Melansir laman sciencetrends.com ada dua jawaban berbeda dari pertanyaan 1 galon berapa liter. Jawaban berbeda itu merujuk pada dua galon dari AS dan Inggris.

Galon AS memiliki volume 3,785 liter sedangkan galon Inggris mencapai 4,546 liter. Jika di Indonesia, galon memiliki ukuran lima kali lipat dari galon AS. Galon memiliki diameter 28 cm dan tinggi 52 cm. Secara umum, galon di Indonesia berukuran 19 liter. Namun, ukuran tersebut bergantung pada merek air mineral galon di pasaran. Pasalnya tidak ada ukuran yang disepakati secara pasti 1 galon berapa liter di Indonesia.

Kebutuhan asupan air yang ideal untuk manusia adalah 1,8 liter setiap harinya. Jika seseorang tinggal sendirian, galon dapat bertahan hingga 10 hari. Kebutuhan air tersebut harus dipenuhi oleh manusia setiap harinya. Kekurangan asupan air akan menyebabkan seseorang dehidrasi dan kehilangan fokus saat melakukan suatu kegiatan.

3 dari 4 halaman

Pengertian Galon

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, galon merupakan suatu takarab barang cair seperti bensin dan sebagainya. Galon berasal dari kata “galun” dalam bahasa Prancis dan kata “gallet” dalam bahasa Inggris Kuno. Secara umum galon diartikan sebagai ukuran benda-benda cair. Bahkan di AS, galon (gallon) dipakai sebagai satuan untuk benda cair.

Di Indonesia sendiri, galon merujuk pada tempat air mineral yang memiliki berbagai merek di pasaran. Berbagai merek galon menawarkan keunggulannya masing-masing. Mereka bersaing dengan mengklaim bahwa galon mereka lah yang paling terbaik. Dengan memasang harga yang beragam, merek galon memiliki penggemarnya masing-masing.

4 dari 4 halaman

Bahaya Air Galon Isi Ulang Bagi Tubuh

Pertanyaan 1 galon berapa liter sudah dapat kita jawab. Selanjutnya terkait dengan bahaya galon isi ulang yang masih banyak dikonsumi orang-orang. Isi ulang ini dianggap menjadi kegiatan yang praktis dan mudah untuk dilakukan. Mereka dapat memanggil tukang galon atau mengisi ulang secara langsung di depot air minum. Kualitas isi ulang air galon seringkali berbeda antara satu merek dengan merek yang lainnya. Ada beberapa oknum yang tidak memperhatikan kualitas air galon hingga menimbulkan bahaya di dalamnya.

Paparan sinar matahari pada galon membuat bakteri dan mikroba berkembang dengan cepat dalam galon tersebut. Hal ini dapat menimbulkan berbagai penyakit pada manusia. galon isi ulang dalam jangka panjang dapat membuat kesehatan manusia semakin menurun. Berikut beberapa bahaya galon isi ulang bagi tubuh.

  • Infeksi pada saluran pencernaan akibat Bakteri E. coli
  • Menyebabkan berbagai penyakit seperti tifus dan disentri
  • Gangguan pada reproduksi manusia
  • Salah satu pemicu keracunan pada tubuh
  • Tubuh dengan imun yang lemah lebih rentan terkena gangguan
  • Konsumsi dalam jangka panjang dapat menimbulkan penyakit kronis seperti kanker dan tiroid

Memilih depot air minum yang resmi dapat menjadi salah satu langkah untuk menjaga kualitas air galon yang dikonsumsi. Mengonsumsi kualitas air galon yang baik seperti menanamkan pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati” Mencegah tubuh untuk terhindar dari penyakit lebih baik daripada mengobatinya saat sudah terkena penyakit.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.