Sukses

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Operasi Plastik, Buat Tujuan Realistis

Prosedur ini menjadi salah satu jalan yang ditempuh untuk mendapatkan penampilan yang menarik, namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangakan sebelum operasi plastik.

Liputan6.com, Jakarta Operasi plastik yang dikenal juga dengan bedah plastik adalah prosedur medis yang bertujuan untuk memperbaiki, mengubah penampilan fisik seseorang. Prosedur ini dilakukan oleh dokter bedah plastik yang telah menjalani pendidikan spesialis bedah plastik. Operasi plastik dapat melibatkan berbagai bagian tubuh, termasuk wajah, payudara, dan anggota tubuh lainnya. 

Prosedur ini menjadi salah satu jalan yang ditempuh untuk mendapatkan penampilan yang menarik, namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangakan sebelum operasi plastik. Secara umum operasi plastik dapat dikelompokan menjadi dua tujuan, yaitu rekonstruksi dan estetik atau kosmetik.

Jenis operasi rekonstruksi dilakukan untuk memperbaiki cacat atau kerusakan fisik yang disebabkan oleh kelainan bawaan, kecelakaan, trauma, atau penyakit. Sedangkan, operasi estetik dilakukan untuk meningkatkan penampilan fisik seseorang, meskipun tidak ada masalah medis yang signifikan. Hal yang perlu dipertimbangakan sebelum operasi plastik penting dipahami bagi orang yang ingin menjalani operasi plastik dengan tujuan apapun.

Sebelum menjalani operasi plastik, pasien akan menjalani konsultasi dengan dokter bedah plastik untuk mendiskusikan tujuan, harapan, dan kemungkinan risiko serta manfaat dari prosedur tersebut. Berikut hal yang perlu dipertimbangakan sebelum operasi plastik, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (1/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Buat Tujuan Realistis

Hal yang perlu dipertimbangakan sebelum operasi plastik pertama adalah membuat tujuan yang realistis. Hal ini akan membantu mengarahkan proses pengambilan keputusan dan memastikan diri sendiri memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang dapat dicapai melalui operasi ini. 

2. Biaya 

Operasi plastik dapat menjadi investasi finansial yang signifikan. Pertimbangkan biaya yang terlibat, termasuk biaya operasi itu sendiri, pemeriksaan pra-operasi, perawatan pascabedah, dan kunjungan-kunjungan berikutnya. Biaya operasi plastik yang tidak murah harus dipertimbangkan secara matang sebelum memutuskan untuk melakukannya. 

Selain itu, perlu diingat jika hasil yang diinginkan tidak tercapai, operasi tambahan mungkin saja diperlukan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan anggaran dengan matang sebelum Anda memutuskan untuk menjalani operasi plastik.

3. Kualifikasi Dokter

Hal yang perlu dipertimbangakan sebelum operasi plastik selanjutnya adalah kualifikasi dokter yang akan melakukan operasi. Pilihlah dokter bedah plastik yang berkualifikasi dan berpengalaman. Lakukan penelitian menyeluruh tentang kredensial, pengalaman, dan reputasi dokter yang akan melakukan operasi. Sebaiknya minta rekomendasi dari dokter atau teman yang terpercaya. Memilih dokter yang berpengalaman dapat membantu meminimalkan risiko dan meningkatkan hasil operasi.

4. Persiapan Fisik dan Mental

Operasi plastik bukanlah keputusan yang dapat diambil secara sembarangan. Persiapan fisik dan mental yang baik menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangakan sebelum operasi plastik. Diskusikan dengan dokter mengenai persyaratan pra-operasi, seperti menjaga pola makan sehat, menghindari alkohol atau merokok, dan mengambil suplemen yang dianjurkan. Selain itu, persiapkan diri secara mental dengan memahami proses operasi, pemulihan, dan hasil yang diharapkan.

3 dari 3 halaman

5. Pemilihan Prosedur Medis

Hal yang perlu dipertimbangakan sebelum operasi plastik selanjutnya salah memahami prosedur medis yang akan dijalani. Pasien berhak mendapatkan pemahaman yang jelas tentang prosedur medis yang akan dilakukan, baik sebelum, selama, maupun setelah operasi. 

Salah satu informasi yang penting untuk diketahui adalah jenis pembiusan yang akan digunakan. Tidak semua operasi plastik memerlukan pembiusan penuh. Misalnya, operasi lipatan kelopak mata, pengangkatan kantung mata, operasi hidung, atau liposuction sering kali dapat dilakukan dengan menggunakan pembiusan lokal saja.

Pasien dapat menanyakan kepada dokter mengenai jenis pembiusan yang akan digunakan. Apakah akan menggunakan pembiusan umum, yang akan membuat pasien tidak sadar selama operasi, atau pembiusan lokal yang hanya menghilangkan rasa sakit atau ketidaknyamanan di area yang dioperasi.

6. Resiko Komplikasi

Setiap prosedur medis memiliki risiko, termasuk operasi plastik. Penting untuk memahami risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi selama atau setelah operasi. Diskusikan dengan dokter mengenai kemungkinan efek samping dan risiko yang terkait dengan prosedur yang akan dilakukan. Pertimbangkan apakah manfaat yang diharapkan dari operasi tersebut sebanding dengan risiko yang mungkin timbul.

Selain menanyakan tentang prosedur yang akan dilakukan selama operasi plastik, penting untuk mencari informasi tentang perawatan pasca-operasi yang diperlukan. Dokter bedah plastik akan memberikan panduan mengenai pemulihan, penggunaan perban atau balutan, perawatan luka, obat-obatan yang mungkin diperlukan, serta batasan aktivitas fisik selama masa pemulihan. Mematuhi instruksi perawatan pasca-operasi dengan baik akan membantu mempercepat proses pemulihan dan mengurangi risiko komplikasi.

Selalu berkomunikasi secara terbuka dengan dokter bedah plastik dan jangan ragu untuk menanyakan pertanyaan atau kekhawatiran sehubungan dengan perawatan pasca-operasi. Tujuan utama adalah memastikan pemulihan yang optimal dan keselamatan pasien yang terjamin.

7. Waktu Pemulihan

Pemulihan setelah menjalani operasi plastik membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses pemulihan bisa berlangsung selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Selama fase awal penyembuhan, pasien mungkin akan mengalami rasa sakit, ketidaknyamanan, dan memar. Jika memiliki jadwal yang padat atau aktifitas yang intens, maka waktu yang diperlukan untuk pemulihan menjadi hal yang perlu dipertimbangakan sebelum operasi plastik secara seksama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.