Sukses

Siswi SMP Ini Pakai Baju Pengantin di Momen Wisuda, Alasannya Unik

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video viral di TikTok memperlihatkan momen wisuda siswa SMP. Dalam video yang berdurasi 14 detik itu, tampak sejumlah siswa yang maju ke atas panggung secara berurutan untuk bersalaman dengan bapak/ibu guru. Di video tersebut, tampak seorang sisiwi yang mencuri perhatian.

Pasalnya, siswi tersebut tampil beda dengan mengenakan baju pengantin di hari wisudanya. Video yang dibagikan oleh laman TikTok @shin3yyaa pun kini sudah ditonton hingga 10,2 juta kali. Di saat siswa siswi lain memakai jas dan kebaya, siswi tersebut justru tampil bak pengantin wanita.

"Ga kerasa, tiba-tiba lulus," tulis pemilik akun dalam keterangan unggahan yang dikutip Liputan6.com dari TikTok @shin3yyaa, Selasa (30/5/2023).

Rupanya, bukan tanpa alasan. Dalam kolom komentar, beberapa warganet memberikan penjelasan kenapa siswi tersebut memakai busana pengantin lengkap dengan riasan dan siger Sunda di kepala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 3 halaman

Pakai baju pengantin lengkap di momen wisuda

Seperti wisuda pada umumnya, kebanyakan siswa mengenakan jas dan kebaya untuk para siswi. Dalam momen wisuda tersebut, tampak para siswa dan siswi yang telah lulus naik ke atas panggung untuk prosesi pengalungan medali kelulusan dan bersalaman dengan bapak/ibu guru yang telah berjajar.

Menurut keterangan pada video, momen wisuda tersebut dilakukan di salah satu SMP di Majalengka, Jawa Barat. Seorang siswi yang menjadi sorotan itu tampak mengenakan riasan serta kebaya pengantin, lengkap dengan siger Sunda dan sanggul yang dihiasi rangkaian bunga melati.

Busana pengantin yang dikenakan saat wisuda itu langsung mengundang perhatian netizen. Pasalnya, mereka jarang menemukan momen tersebut di acara wisuda sekolah. Namun, bagi mereka yang tinggal di Jawa Barat, momen unik itu bukan suatu hal yang aneh, melainkan sudah biasa dilihat.

Hal tersebut terungkap dari komentar beberapa netizen yang menjelaskan bahwa ada tradisi di beberapa sekolah bagi siswa yang meraih nilai terbaik. Nantinya, siswa terbaik itu akan berdandan layaknya seorang pengantin saat wisuda sekolah.

3 dari 3 halaman

Video viral dan komentar warganet

@shin3yyaa

ga kerasa,tiba tiba lulus

♬ suara asli - CB HASIL CABE - saya gandul

Video viral seorang siswi memakai baju pengantin saat momen wisuda itu kini telah mendapat 10,2 juta penonton. Meski terlihat unik, namun bagi orang yang tinggal di wilayah Jawa Barat, hal itu sudah biasa dan merupakan sebuah tradisi. Seperti yang dijelaskan oleh beberapa warganet di kolom komentar.

"Bukan nikah, biasanya yang jadi pengantin itu yang nilainya terbaik," tulis akun @yesajaa4.

"Emang daerah mana aja yg ada tradisi pengantin gini?" tanya akun @ndylfks.

"Di sekolah gw juga kalo rangking 1 harus jadi pengantin," tulis akun @hillhilman425.

"Kalo di daerah sunda kan tiap kelulusan pasti upacara adat mungkin si tetehnya jadi perwakilan buat jadi penganten upacara adatnya," tulis akun @awansky28 menjelaskan.

"Itu juara umum dari keseluruhan angkatan gaess," tulis akun @milkitaenaktau011.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.