Sukses

5 Tanda Handphone Telah Disadap, Perlu Waspada

Jangan anggap sepele gangguan kecil pada handphone.

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan perangkat elektronik sangat rentan terhadap yang namanya penyadapan. Terlebih pada handphone, penyadapan membuat penggunanya menjadi cemas.

Penyadapan mejadi wajar dilakukan hanya untuk kepentingan penyidikan. Namun, jika penyadapan dilakukan untuk kepentingan tertentu dan membuat orang lain rugi akan membuat penggunanya menjadi cemas.

Penyadapan sering dilakukan oleh pihak ketiga guna mencuri informasi secara diam-diam. Untuk itu, pengguna handphone perlu selalu waspada dan mengenali tanda-tanda handphone-nya sedang disadap.

Berikut ini ada beberapa tanda yang mudah dikenali jika handphone telah disadap. Telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya, Selasa (5/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Baterai Mudah Panas dan Cepat Habis

Ada banyak penyebab baterai handphone menjadi panas dan membuatnya jadi cepat habis. Beberapa di antaranya dikarenakan pemakaian aplikasi yang terlalu banyak dan penggunaannya yang tak terkontrol.

Namun, kamu perlu waspada jika baterai handphone cepat habis padahal penggunaannya masih dalam batas wajar. Hal ini menandakan handphone kamu berhasil disadap oleh pihak ketiga.

Daya baterai yang lebih cepat habis tanpa penggunaan berlebihan, bisa jadi tanda handphone terdapat malware. Hal ini dikarenakan, handphone yang disadap akan merekam dan mengirimkan semua aktivitas kepada pihak ketiga.

Inilah yang menyebabkan baterai handphone cepat berkurang hingga membuat kapasitasnya menurun sangat drastis. Handphone yang disadap juga dapat merekam percakapan di dalam ruangan termasuk ketika handphone pada posisi diam.

3 dari 6 halaman

Penggunaan Data Seluler Meningkat

Untuk menghubungkan handphone agar bisa mengakses jaringan internet, biasanya dibutuh data selulur atau sambungan sinyal. Penggunaan data seluler yang tidak wajar atau berlebihan bisa menghilangkan datanya dengan sangat cepat.

Ketika dirasa penggunaan data seluler tidak berlebihan dan data mengalami pengurangan yang cukup drastis, maka kamu perlu curiga. Kondisi ini menandakan adanya pihak ketiga yang sedang masuk ke perangkat kamu.

Untuk itu, periksa handphone kamu apakah ada peningkatan data tidak wajar dalam penggunaannya. Apabila kamu menemukan sumber masalah seperti aplikasi yang berjalan atau tethering internet, maka ini memungkinkan ada pihak lain yang menumpang lalu lintas internet lewat perangkat kamu.

4 dari 6 halaman

Kinerja Handphone Semakin Menurun

Apabila handphone kamu mengalami kinerja menurun atau semakin melambat, maka kamu perlu sedikit curiga. Walaupun sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan membersihkan cache atau menghapus sejumlah data tak terpakai.

Ketika penyelesaian masalah tersebut tak membuahkan hasil, maka kamu perlu curiga. Di mana kondisi ini merupakan salah satu penyebab yang mungkin terjadi diakibatkan oleh adanya malware.

Di sini malware akan mengakses informasi dasar termasuk memotong lalu lintas pesan dalam sebuah perangkat. Kondisi ini membuat data yang dibutuhkan melakukan prosesnya dengan menjadikan performa menjadi lebih lambat.

5 dari 6 halaman

Mendapat Teks atau Pesan Aneh

Pesan aneh atau spam merupakan salah satu tanda lainnya untuk mengetahui kalau handphone kamu telah berhasil disadap. Untuk itu, sebisa mungkin untuk tidak mengabaikan pesan begitu saja yang tiba-tiba muncul dan berisi karakter, angka, atau simbol acak.

Pesan singkat yang dikirimkan semacam ini merupakan salah satu bentuk kejahatan siber yang biasa dilakukan. Bahkan, apabila berhasil menyusup ke prangkat, pihak yang menyerang dapat mengirim pesan tanpa diketahui oleh si pemilik handphone.

Pesan yang dikirimkan tersebit biasanya menjadi celah untuk menyerang sasaran lainnya yang diambil berdasarkan kontak korban pertama. Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan pesan yang terkirim dari handphonemu dan perhatikan apakah ada pesan yang dikirim tanpa persetujuan pengguna.

6 dari 6 halaman

Ada Aplikasi Tiba-tiba Terpasang

Hampir sebagain besar pengguna handphone pasti menyadari aplikasi dan tampilan layar perangkatnya. Namun, hal ini bukan berarti menghilangkan risiko datangnya aplikasi berbahaya yang bisa muncul sewaktu-waktu.

Ternyata, handphone bisa disadap lewat pemasangan aplikasi tanpa sepengatahuan pengguna. Biasanya, aplikasi ini tidak ditampilkan di handphone, tetapi dapat berjalan sendiri di background.

Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan aplikasi yang sedang berjalan dan lihat apakah ada aplikasi yang tidak biasa guna memastikan handphone kamu baik-baik saja. Selain itu, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah pihak lain berusaha untuk menyadap atau menyusup ke handphone kamu.

Salah satunya dengan mengunduh aplikasi dari toko aplikasi resminya.. Handphone Apple dan Google sudah memiliki sistem penyaringan, terlebih untuk memastikan sebuah aplikasi tersebut aman. Tetap berhati-hati ketika membuka tautan atau pesan dari sumber tak jelas untuk mencegah penyusup bisa mengakses perangkatmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini