Sukses

Cara Membuat Ayam Krispi KFC Anti Gagal, Renyah dan Mirip Aslinya

Cara membuat ayam krispi KFC tidak begitu sulit dan bisa dibuat di rumah

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat ayam krispi KFC tidak begitu sulit. Pada umumnya, masakan olahan ayam memang cukup mudah untuk dibuat. Termasuk ayam dengan dilapisi tepung memiliki sensasi kriuk saat disantap yang dapat membuat berbagai kalangan sangat menyukainya, yaitu ayam krispi KFC.

Gerai ayam krispi KFC memang bisa ditemukan dimana-mana sekarang. Rasa ayam yang enak dan gurih, gerai KFC tidak pernah sepi pembeli. Namun, sekarang kamu bisa mengikuti cara membuat ayam krispi KFC ini untuk menghemat pengeluaran.

Cara membuat ayam krispi KFC tidak begitu sulit dan bisa dibuat di rumah. Namun, banyak orang yang ketika mencoba membuatnya di rumah, hasilnya malah gagal dan tidak seperti yang diinginkan. Oleh karena itu, setiap bahan-bahan dan langkah-langkah dalam membuat ayam krispi KFC ini harus dipersiapkan dengan baik terlebih dahulu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (25/8/2019) cara membuat ayam krispi KFC sendiri di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan-bahan

Cara membuat ayam krispi KFC tentunya harus dipersiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Memang bahan yang harus dipersiapkan dalam cara membuat ayam krispi KFC ini cukup banyak, namun kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan nantinya dengan mengikuti semuanya. Jangan sampai meninggalkan bahan-bahan terkecil sekalipun dalam cara membuat ayam krispi KFC ini, karena semua bahan akan memiliki peran penting dalam membuat ayam menjadi lebih lezat.

Bahan pertama yang perlu dipersiapkan:

- 800 sampai 1000 gram ayam bagian paha atau dada, potong sesuai selera.

- 1 butir telur, yang ditambahkan dengan sedikit garam, kocok lepas.

- 250 ml air es.

- 1 sdt baking soda.

Bahan kedua yang diperlukan:

- 10 siung bawang putih.

- 1 sdt merica bubuk atau butiran.

- 1 ruas jahe.

- 2 blok kaldu ayam.

- 1 sdt garam.

- ½ sdt ketumbar.

- 3 buah cabe merah.

- 1 ruas kunyit.

Bahan ketiga yang diperlukan:

- 450 gram terigu dengan protein tinggi.

- 150 gram maizena.

- 1 sdt bubuk cabe merah (untuk mendapatkan rasa pedas).

- Kaldu bubuk atau garam secukupnya.

- 1 sdt bubuk basil.

- 1 sdt bubuk oregano.

- 1 sdt bubuk lada.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Ayam Krispi KFC

Setelah mengumpulkan semua bahan-bahan yang diperlukan, kamu bisa melanjutnya pada cara membuat ayam krispi KFC. Ikuti cara membuat ayam krispi KFC ini dengan seksama agar hasil yang didapatkan nantinya sesuai dengan ekspektasi. Kebanyakan orang yang gagal, tidak mengikuti cara membuat ayam krispi KFC ini dengan teliti, akibatnya beberapa hal tertinggal atau terlupa. Berikut cara membuat ayam krispi KFC:

1. Aduk seluruh bahan ketiga yang telah disiapkan tadi. Aduk hingga tercampur dengan rata, kemudian sisihkan.

2. Selanjutnya, cuci bersih ayam kemudian campur dengan bahan-bahan kedua yang sudah dihaluskan, kemudian masukkan ke kulkas semalaman agar bumbunya meresap. Bisa juga hanya disimpan dalam kulkas cukup dengan 3-5 jam saja.

3. Siapkan untuk bahan celupannya. Caranya, air es yang ada dibahan pertama dicampur dengan 5 sdm campuran dari bahan yang ketiga. Tambahkan juga soda kue dari bahan pertama. Sisihkan atau simpan di kulkas dulu agar tetap dingin sehingga lebih menempel maksimal.

4. Keluarkan ayam dari kulkas, tambahkan dengan kocokan telur di bahan yang pertama, dan aduk rata. Kemudian balurkan ayam pada tepung pelapis (bahan ketiga tadi), lalu kibas-kibas ayam, celup sebentar dalam air es, balurkan lagi dalam tepung pelapis sambil diremas-remas agar tepung menempel. Lakukan hal ini hingga adonan habis.

5. Agar hasilnya renyah, saat melakukan penepungan ke bahan pelapis usahakan tepat di waktu sesaat mau masuk ke penggorengan berikutnya. Barulah proses remas. Dengan begitu ayam tepungnya tidak terlalu lama menunggu. Karena jika terlalu lama didiamkan hasilnya bisa menjadi keras.

6. Goreng ayam dengan minyak yang banyak, goreng hingga matang kuning kecoklatan. Jangan terlalu sering untuk membolak-balikkan, agar tidak menyerap minyak.

7. Tekstur daging ayam di dalamnya bisa matang sempurna, asal waktu menggorengnya menggunakan teknik deep fry atau menggunakan banyak minyak dengan penggunaan api sedang cenderung kecil.

8. Ayam goreng tepung yang renyah siap disajikan. Saat sudah matang, kamu bisa sajikan ayam goreng tepung ini dengan saus sambal atau saus tomat. Agar kerenyahan ayam goreng tepung lebih tahan lama, kamu bisa simpan ayam ke dalam wadah kedap udara.

4 dari 4 halaman

Kesalahan yang Biasa Terjadi Saat Membuat Ayam Krispi

Mendiamkan Ayam Terlalu lama

Setelah ayam dibaluri dengan tepung, jangan mendiamkannya terlalu lama. Kerap dianggap sepele, ternyata cara ini menjadi salah satu faktor yang membuat ayam goreng tepung kamu menjadi renyah. Pastikan untuk langsung menggoreng ayam yang sudah dibaluri dengan tepung agar tidak lengket atau berhimpitan dengan ayam lainnya.

Tidak Meremas-remas Tepung

Kesalahan yang paling sering terjadi dalam cara membuat ayam krispi KFC ini adalah tidak meremas-remas adonan tepung ke ayam dengan jari tangan. Seharusnya, kamu perlu memasukkan ayam ke dalam air dingin atau putih telur. Kemudian ayam dilapisi dengan tepung kering. Pada bagian inilah yang menentukan ayam goreng tepung menjadi renyah atau tidak. Kamu perlu meremas-remas ayam dengan adonan tepung menggunakan jari, remas atau cubit dengan ujung jari agar keritingnya sempurna.

Mengaduk Ayam di Penggorengan

Saat ayam tepung baru pertama kali masuk penggorengan, jangan langsung mengaduknya. Hal ini akan membuat ayam goreng tepung menjadi hancur. Kamu perlu mendiamkan terlebih dahulu ayam di dalam minyak hingga tepungnya sudah mengeras. Setelah itu, kamu boleh membolak-baliknya. Pastikan juga untuk menggunakan minyak yang banyak dan ayam terendam di dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini