Sukses

Penyebab Miom dan Gejalanya pada Wanita, Beda dengan Kista

Penyebab miom penting diketahui setiap wanita.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab miom penting diketahui setiap perempuan. Miom atau juga disebut fibroid merupakan kondisi umum yang terjadi di rahim. Penyebab miom seringkali muncul tanpa gejala. Namun, tak sedikit pula penyebab miom menimbulkan gejala seperti nyeri dan pendarahan hebat.

Miom merupakan pertumbuhan tumor jinak di dalam rahim. Penyebab miom biasanya tidak bersifat kanker dan bisa diatasi. Penyebab miom sering dikaitkan dengan hormon.

Meski tidak berbahaya, penting mengetahui penyebab miom dan gejalanya. Terkadang, miom kerap disamakan dengan kista. Berikut penyebab miom dan gejalanya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(08/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Apa itu miom?

Miom adalah adalah pertumbuhan non-kanker yang berkembang di dalam atau di sekitar rahim. Miom juga dikenal dengan sebutan mioma, leiomioma, mioma uteri, fibroma, atau fibroid. Miom sangat umum terjadi pada perempuan selama tahun-tahun masa suburnya.

Penyebab miom bersifat jinak dan tidak menyebabkan kanker. MIom memiliki ukuran beragam, mulai dari sekecil benih sampai massa besar yang dapat mendistorsi dan memperbesar rahim. Perempuan dapat memiliki satu atau beberapa fibroid. Dalam kasus ekstrim, beberapa fibroid dapat memperluas rahim sehingga mencapai tulang rusuk dan dapat menambah berat badan.

3 dari 10 halaman

Penyebab miom secara umum

Penyebab miom secara pasti belum diketahui. Masih belum jelas apa yang menyebabkan miom. Kondisi ini mungkin terkait dengan kadar estrogen. Selama tahun-tahun reproduksi, kadar estrogen dan progesteron lebih tinggi. Ketika kadar estrogen tinggi, terutama selama kehamilan, fibroid cenderung membengkak.

Mereka juga lebih mungkin berkembang ketika seorang wanita mengonsumsi pil KB yang mengandung estrogen. Faktor genetik juga diperkirakan berdampak pada perkembangan fibroid. Ada juga bukti bahwa obesitas, daging merah, alkohol, dan kafein dapat meningkatkan risiko penyebab miom.

4 dari 10 halaman

Faktor penyebab umum miom

Penelitian dan pengalaman klinis menunjukkan ada sejumlah faktor yang bisa menjadi penyebab miom. Berikut faktor penyebab miom:

Hormon

Hormon Estrogen dan progesteron yang diproduksi oleh ovarium, menyebabkan lapisan rahim untuk beregenerasi selama setiap siklus menstruasi. Ini dapat merangsang pertumbuhan fibroid. Fibroid mengandung lebih banyak reseptor estrogen dan progesteron daripada sel-sel otot rahim yang khas. Fibroid cenderung menyusut setelah menopause karena penurunan produksi hormon.

Perubahan genetik

Banyak fibroid mengandung perubahan gen yang berbeda dari sel otot rahim yang khas.

Riwayat keluarga

Miom dapat diturunkan dalam keluarga. Jika ibu, saudara perempuan, atau nenek memiliki riwayat kondisi ini, mungkin juga seorang perempuan akan mengalaminya.

5 dari 10 halaman

Faktor penyebab umum miom

Kehamilan

Kehamilan meningkatkan produksi estrogen dan progesteron dalam tubuh. Miom dapat berkembang dan tumbuh dengan cepat saat hamil. Miom dapat menyebabkan masalah selama kehamilan dan persalinan, dan mereka meningkatkan kemungkinan membutuhkan persalinan sesar.

Faktor pertumbuhan lainnya

Zat yang membantu tubuh mempertahankan jaringan, seperti faktor pertumbuhan seperti insulin, dapat mempengaruhi pertumbuhan miom.

Ras

Meskipun semua wanita usia reproduksi dapat mengembangkan miom, wanita kulit hitam lebih mungkin memiliki miom daripada wanita dari kelompok ras lain. Selain itu, wanita kulit hitam memiliki miom pada usia yang lebih muda, dan mereka juga cenderung memiliki miom yang lebih banyak atau lebih besar, bersama dengan gejala yang lebih parah.

6 dari 10 halaman

Jenis miom

Ada empat jenis miom yang bisa tumbuh pada wanita:

Intramural

Ini adalah tipe yang paling umum. Fibroid intramural tertanam di dinding otot rahim.

Fibroid subserosal

Meluas ke luar dinding rahim dan tumbuh di dalam lapisan jaringan rahim luar sekitarnya. Mereka dapat berkembang menjadi fibroid bertangkai, di mana fibroid memiliki tangkai dan bisa menjadi cukup besar.

Fibroid submukosa

Jenis ini dapat mendorong ke dalam rongga rahim. Biasanya ditemukan di otot di bawah lapisan dalam dinding.

Fibroid serviks

Fibroid serviks berakar di leher rahim.

7 dari 10 halaman

Gejala miom

Sakit panggul

Meskipun biasanya jinak, miom rahim pada dasarnya adalah pertumbuhan berlebih seperti tumor dari jaringan abnormal. Ini membuat penyebab miom di dalam dan di rahim dapat menyebabkan gejala seperti rasa penuh atau kembung. Fibroid submukosa, khususnya, dapat memberikan rasa berat di rahim.

Miom juga dapat menyebabkan nyeri umum karena mereka mengambil ruang yang dimaksudkan untuk rahim atau organ lainnya. Nyeri akut jarang terjadi tetapi dapat terjadi jika miom melebihi suplai darahnya atau secara signifikan menghambat fungsi organ lain yang tepat.

Menstruasi berat

Menstruasi berat adalah gejala yang paling umum dari miom. Gejala ini umum dialami penderita fibroid submukosa, yang tumbuh di bagian dalam rahim, dan fibroid intramural yang tumbuh tertanam di dinding otot rahim.

8 dari 10 halaman

Gejala miom

Seks yang menyakitkan

Miom submukosa dan intramural, khususnya, mengganggu operasi normal rahim, menariknya keluar dari bentuk dan membuat kontraksi atau tekanan menjadi menyakitkan. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan saat berhubungan seks, termasuk pendarahan jika miom terletak di dekat leher rahim.

Infertilitas

Penyebab miom yang tidak diobati dapat berisiko mengganggu kesuburan. Miom dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan, mengakibatkan kunjungan tambahan ke dokter, komplikasi kesehatan bagi ibu dan anak, dan kemungkinan enam kali lebih besar untuk memerlukan operasi caesar darurat.

9 dari 10 halaman

Gejala miom

Sakit punggung dan kaki

Nyeri punggung dan kaki paling sering terjadi pada miom rahim Subserosal, yang tumbuh di bagian luar rahim. Jika miom terletak di bagian belakang rahim, sangat dekat dengan tulang belakang. Jika menjadi cukup besar dapat menekan atau mencubit saraf di daerah itu, menyebabkan nyeri miom. Ini juga dapat menyebabkan linu panggul saat penyebab miom menekan saraf linu panggul dan mengirimkan rasa sakit ke bagian belakang kaki.

Sering buang air kecil

Jika miom rahim tumbuh di bagian atas rahim, ia berbagi ruang panggul dengan kandung kemih. Ini membatasi ukuran yang tersedia untuk kandung kemih, menyebabkan kebutuhan untuk buang air kecil meningkat. Paling buruk, obstruksi kandung kemih dan saluran kemih juga dapat menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK) dan darah dalam urin.

10 dari 10 halaman

Gejala miom

Sembelit

Jika penyebab miom terletak di dekat usus besar, hal itu dapat menghalangi pergerakan usus yang normal dan menyebabkan sembelit serta buang air besar yang menyakitkan. Jika Anda sering mengalami ISK, sembelit, atau menemukan darah dalam urin atau tinja, segera cari perawatan medis.

Rahim membesar

Miom dapat menyebabkan pembengkakan di perut, membuat peru besar dan buncit. Hal ini tidak hanya dapat menyebabkan masalah pada penampilan, tetapi juga dapat mempersulit untuk menemukan pakaian yang sesuai dan merusak citra diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.