Sukses

12 Manfaat Buah Okra Hijau untuk Kesehatan, Turunkan Kolesterol dan Gula Darah

Buah okra hijau memiliki nutrisi tinggi sehingga cocok untuk jaga kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah okra hijau belum begitu banyak diketahui oleh masyarakat. Salah satu pemicunya karena buah okra hijau cukup sulit untuk diolah menjadi makanan. Cara mengolah buah okra hijau membutuhkan sedikit usaha karena okra cenderung berlendir dan lengker terutama ketika dipanaskan menjadi salah satu alasan mengapa okra kurang diminati.

Kini kamu bisa menjadikan okra sebagai bahan mengolah masakan. Karena okra mengandung berbagai nutrisi penting seperti mineral (kalium, magnesium, tembaga, fosfor, seng, dan kalsium). Selain itu, buah okra hijau juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B, C hingga vitamin K. Dengan begitu kamu dapat merasakan manfaat buah okra hijau untuk kesehatan.

Untuk medapatkan buah okra hijau pun sangat mudah. Kini sudah banyak orang yang membudi daya okra hijau. Tanaman yang berbentuk panjang dan meruncing di bagian ujungnya ini mirip dengan jari-jari lentik wanita. Oleh karena itu, buah okra hijau biasa dikenal dengan sebutan Lady’s Finger.

Tanaman dengan nama ilmiah Abelmoschus esculentus ini umumnya tumbuh di negara beriklim tropis.Berkat kandungan nutrisinya, buah okra hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat buah okra hijau untuk kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat Buah Okra Hijau untuk Kesehatan

Bersifat Anti Kanker

Manfaat buah okra hijau untuk kesehatan pertama adalah anti-kanker. Manfaat ini didapat karena buah okra hijau tinggi antioksidan yang baik dan berguna untuk meningkatkan sistem kekabalan tubuh.

Sehingga manfaat buah okra hijau bisa dijadikan sebagai anti-kanker. Sigat sehatnya ini bisa melindungi tubuh dari radikal bebas serta mencegah mutasi sel kanker.

Jaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah okra hijau berikutnya adalah dapat melindungi jantung. Manfaat buah okra ini didapat karena memiliki efek hepatoprotektif atau mampu melindungsi organ hati dari kerusakan akibat peradangan atau radikal bebas.

Senyawa antioksidan dan serat yang terkandung pada buah okra hijau mampu membantu proses detoksifikasi racun dari dalam hati dan mengeluarkannya sehingga hati dapat berfungsi dengan lebih baik dan terhindari dari masalah kesehatannya.

3 dari 7 halaman

Manfaat Buah Okra Hijau untuk Kesehatan

Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah okra hijau bisa dirasakan bagi kamu yang memiliki kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan adanya serat larut yang ada dalam okra dapat membantu menurunkan kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan tingginya risiko stroke serta penyakit jantung.

Menurut Harvard Health Publications, serat dapat mengikat lemak di dalam tubuh sehingga lemak tersebut ikut dicerna bersama dengan makanan lainnya. Rendahnya kadar kolesterol dalam tubuh, pembuluh darah bisa mengalirkan darah dengan baik dan risiko terkena stroke dan penyakit jantung bisa dihindarkan.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Tanaman yang masih satu keluarga dengan tanaman kapas dan Hibiscus ini diketahui mampu menurunkan kadar gula darah dan mencegah penyakit diabetes. Manfaat buah okra hijau ini didapat karena adanya serat yang terkandung di dalamnya sehingga  mampu mengendalikan kadar gula atau indeks glikemiks dalam tubuh dan meningkatkan sensitivitas insulin yang merupakan hormon pengendali gula darah.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Poorva Dubey and Sunita Mishra dari University (A Central University) Vidya Vihar Lucknow, India pada tahun 2017 menyebutkan bahwa buah okra hijau memiliki efek anti-diabetik yang mampu mengurangi kadar gula dalam tubuh sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Cara mendapatkan manfaat okra untuk kesehatan dan menyembuhkan diabetes adalah dengan mengonsumsi 6-8 buah okra hijau setiap hari. Sifat alaminya mampu menurunkan kadar insulin dalam tubuh.

4 dari 7 halaman

Manfaat Buah Okra Hijau untuk Kesehatan

Cegah Gangguan Fungsi Ginjal

Manfaat buah okra hijau berikutnya dapat mencegah gangguan fungsi ginjal. Cara mendapatkan manfaat buah okra hijau ini dengan mengonsumsinya secara teratur. Cara ini terbukti dapat mencegah gangguan fungsi ginjal.

Hal tersebut ditunjukkan dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005 yang diterbitkan dalam Jilin Medical Journal. Jurnal tersebut dijelaskan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak buah okra hijau secara rutin memiliki gejala gangguan fungsi ginjal yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak memakan okra.

Cegah Anemia

Manfaat buah okra hijau untuk kesehatan selanjutnya dapat dijadikan sebagai pencegah anemia. Caranya dengan rutin mengonsumsi buah okra hijau. Kebiasaan mengonsumsi buah okra hijau akan membantu produksi sel darah merah yang secara efektif bisa mencegah atau mengobati anemia.

5 dari 7 halaman

Manfaat Buah Okra Hijau untuk Kesehatan

Jaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah okra hijau lainnya dapat membantu menguatkan tulang. Hal ini karena buah okra hijau tinggi folat yang diketahui bisa membantu menguatkan tulang serta mencegah osteoporosis.

Buah kaya vitamin K ini mampu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Kandungan vitamin K pada buah okra hijau apat membantu tubuh menyerap kalsium yang dibutuhkan tulang dengan lebih baik.

Mengurangi Asma

Manfaat buah okra hijau untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu mengurangi asma. Manfaat ini didapat karena buah okra hijau mengandung sejumlah vitamin C dan zat antioksidan. Kandungan tersebut bisa membantu mengurangi serangan asma secara aktif.

6 dari 7 halaman

Manfaat Buah Okra Hijau untuk Kesehatan

Cegah Penyakit Sistem Pencernaan

Buah okra hijau merupakan bahan makanan yang baik untuk diet karena kaya serat alami, sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan serat larut dari okra terbilang serupa dengan serat yang terdapat pada sereal.

Manfaat buah okra hijau ini sangat baik untuk sistem pencernaan. Lendir okra hijau dapat membantu mencegah konstipasi atau sembelit. Kandungan serat dan lendir di dalamnya merupakan obat pencahar alami yang dapat meningkatkan pergerakan usus. BAB pun lancar dan risiko kanker usus besar akan turun.

Bukan hanya itu, adanya kandungan senyawa anti-inflamasi dan anti-bakteri pada buah okra hijau juga bermanfaat untuk mencegah penyakit lambung atau maag dengan mengurangi infeksi akibat pakteri Helicobater Pylori. Sebagaimana dalam pengobatan tradisional di Asia, buah okra hijau biasa digunakan sebagai obat untuk mencegah penyakit sistem pencernaan.

Bantu Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah okra hijau lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Manfaat ini didapat karena jumlah vitamin C serta zat antioksidan okra hijau yang tinggi.

Vitamin C dapat merangsang produksi sel darah putih yang menjadi komponen penting dalam sistem kekebalan tubuh. Sementara, zat antioksidan berperan dalam menghancurkan semua radikal bebas yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

7 dari 7 halaman

Manfaat Buah Okra Hijau untuk Kesehatan

Jaga Kesehatan Mata

Manfaat buah okra hijau untuk kesehatan selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Hal ini berkat kandungan beta karoten, lutein dan xanthin yang ada pada okra. Okra kaya beta karoten, lutein, dan xanthin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Jaga Kesehatan Ibu Hamil

Adanya kandungan folat pada okra hijau mampu membantu perkembangan janin dalam rahim dan menurunkan risiko cacat ketika lahir. Mengonsumsi okra hijau saat hamil bisa jadi salah satu alternatif untuk memenuhi asupan folat harian dimana dalam 100 gram okra terkandung sekitar 60 mcg folat dengan rekomendasi 400 mcg folat per harinya.

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.