Sukses

6 Tempat Wisata di Jakarta Timur Ini Cocok untuk Tujuan Liburan Sambil Belajar

Tempat wisata di Jakarta Timur bisa menjadi hiburan akhir pekan

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Jakarta Timur didominasi oleh destinasi untuk liburan bersama keluarga. Banyak lokasi wisata yang menyediakan wahana bermain sekaligus sebagai edukasi untuk anak. Oleh karena itu, bila ingin membawa anak-anak liburan, Jakarta Timur mungkin bisa menjadi salah satu pilihan tepat. 

Berbagai destinasi memang ditujukan untuk kepentingan liburan dan edukasi untuk anak-anak. Jadi tidak hanya bermain-main saja, saat kamu mengunjungi tempat wisata di Jakarta Timur, kamu juga bisa sekaligus mengedukasi anak-anak dengan cara yang menyenangkan.

Tempat wisata di Jakarta Timur bisa menjadi hiburan akhir pekan. Saat tiap harinya kamu pening dengan kegiatan-kegiatan rutin pekerjaan, kamu bisa liburan ke berbagai tempat wisata di Jakarta Timur bersama keluarga di akhir pekan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/8/2019) tentang tempat wisata di jakarta timur

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Taman Mini Indonesia Indah

Tempat wisata di Jakarta Timur yang pertama dan yang paling terkenal tentunya adalah Taman Mini Indonesia Indah atau TMII. TMII dibangun pada era Presiden Soeharto. Tempat wisata tersebut terletak di Cipayung, Jakarta Timur.

Taman Mini Indonesia Indah ini memiliki luas total sebesar 150 hektar. Taman mini Indonesia Indah ini merupakan tempat wisata yang sangat kental dengan nilai – nilai kebudayaan.

Taman Mini Indonesia Indah ini merupakan suatu tempat rekreasi yang menjadi suatu miniatur dari daerah-daerah yang ada di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dengan adanya anjungan-anjungan daerah dari berbagai macam provinsi yang tentu saja sangat khas dengan daerah-daerahnya masing-masing.

Tak hanya itu, anjungan rumah adat ini juga biasanya dilengkapi dengan pakaian-pakaian khas suatu daerah, tarian-tarian tradisional, sampai dengan aksesori-aksesoris mendetail yang memiliki keunikan tersendiri.

Selain itu, tempat wisata di Jakarta timur ini juga menyediakan berbagai macam wahana tambahan untuk rekreasi keluarga dan anak-anak. Seperti istana anak-anak, kolam renang snow bay, dino park, dan lain sebagainya. Belum lagi wahana-wahana edukasi seperti museum, akuarium air tawar dan lain-lain. Berkunjung ke TMII bisa menjadi paket komplit liburanmu bersama keluarga.

3 dari 7 halaman

Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur

Tempat wisata di Jakarta Timur selanjutnya ada di Cibubur, yaitu Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur. Tempat wisata di Jakarta Timur ini berlokasi di pinggir tol Jagorawi km 13 dan  memiliki luas tanah sektiar 210 hektar dengan hutan berbukit.

Suasana yang sangat asri, sejuk, dan alami di tempat ini sangat cocok untuk melakukan kegiatan perkemahan atau kegiatan luar ruangan lainnya. Di tempat ini, kamu juga bisa piknik bersama keluarga, dengan tempat yang luas, anak-anak akan senang berlarian kesana kemari.

Selain itu, ada juga wahana-wahana menarik lainnya, serta fasilitas yang ditawarkan bumi perkemahan dan graha wisata cibubur ini juga telah lengkap.  

4 dari 7 halaman

Cibubur Garden Dairy

Tempat wisata di Jakarta Timur selanjutnya adalah Cibubur Garden Dairy. Di Garden Galery ini anak-anak bisa bermain sambil belajar pengalaman baru. Anak-anak tidak akan merasa bosan karena banyak sekali permainan yang menarik, salah satunya berinteraksi dengan hewan ternak secara langsung. Kemudian anak-anak juga bisa merasakan serunya bagaimana cara memerah susu sapi.

Di tempat wisata di Jakarta Timur yang sering disebut juga Cibugary ini, kamu dapat melihat proses memerah sapi, dan pengolahan susunya. Selain melihat sapi dan anak sapi, anda juga dapat mencoba memandikan sapi, memberi makan sapi, dan memerah susu sapi. Karena itulah, Cibugary sering ramai dikunjungi oleh anak sekolah.

5 dari 7 halaman

Kampung Cina Cibubur

Masih berlokasi di kawasan Cibubur, tempat wisata di Jakarta Timur selanjutnya adalah Kampung Cina. Kamu bisa merasakan seakan berada di Negeri Cina saat berkunjung ke Kampung Cina Cibubur ini.

Bagi kamu yang ingin berbelanja dan membeli oleh-oleh khas Cina, bisa membeli di tempat wisata ini. Pasalnya di Kampung China tersebut, terdapat banyak toko yang menjual baju dan suvenir dengan harga terjangkau.

6 dari 7 halaman

Monumen Pancasila Sakti

Monumen Pancasila Sakti merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta Timur yang cocok dikunjungi sebagai edukasi untuk anak-anak. Monumen Pancasila Sakti yang berlokasi di Jalan Lubang Buaya, Jakarta Timur adalah sebuah tempat wisata sejarah yang lebih dikenal dengan nama Lubang Buaya dan merupakan monumen untuk mengenang G30S/PKI.

Di lokasi ini terdapat sumur tempat pembuangan jenazah, museum pengkhianatan PKI, rumah penyiksaan, pos komando, dapur, museum paseban, ruang teater, dan mobil yang dipakai pada peristiwa G30S/PKI. Disini kamu bisa menambah pengetahuan tentang sejarah G30S/PKI.

7 dari 7 halaman

Telaga Arwana Cibubur

Tempat wisata di Jakarta Timur selanjutnya adalah Telaga Arwana Cibubur. Tempat ini cocok menjadi tempat rekreasi keluarga yang cukup menyenangkan dan murah.

Dengan orientasi edukatif dan kreatif, Telaga Arwana Cibubur sangat cocok untuk anak-anak. Berbagai fasilitas seperti restoran dengan suasana pedesaan, permainan tangkap ikan, permainan floating donut, kolam renang, kolam pemancingan, permainan ATV, rumah keramik, wahana outbound, flying fox, dan wahana lainnya bisa kamu nikmati di sini.

Tempat wisata edukasi ini cocok untuk kamu yang ingin mengenalkan anak dengan alam sambil menambah pengetahuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.