Sukses

28 Jenis-Jenis Ikan Koi Berdasarkan Corak Warna, Perhatikan Perbedaannya

Corak warna dan harga ikan koi membuatnya selalu menjadi primadona.

Liputan6.com, Jakarta Ikan koi adalah jenis ikan yang memiliki harga, jumlah, dan peminat relatif stabil dari tahun ke tahun dibanding jenis ikan lainnya. Paling menarik dari jenis-jenis ikan koi yang ada, yakni corak warnanya yang beranekaragam. 

Melansir dari laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan atau KKP, pada Jumat (4/2/2022) ada lebih kurang 28 jenis-jenis ikan koi yang perlu diketahui. Selain warna yang beranekaragam, ikan koi mampu mencapai ukuran besar.

“Di Indonesia jenis-jenis ikan koi yang paling diminati adalah Kohaku, Showa, dan Sanke,” dijelaskan.

Hal lain yang menjadikan jenis-jenis ikan koi masih terus menjadi primadona adalah bervariasinya harga dari ribuan hingga ratusan juta per ekor. Selain itu, hampir seluruh daerah di Indonesia melakukan pengembangan budidaya ikan koi secara individu maupun kelompok.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang jenis-jenis ikan koi berdasarkan corak warnanya, Jumat (4/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Ikan Koi Berdasarkan Corak Warna

1. Jenis Ikan Koi Hi Utsuri

Jenis-jenis ikan koi pertama, memiliki warna dasar hitam dengan kombinasi merah atau orange.

2. Jenis Ikan Koi Ki Utsuri

Jenis-jenis ikan koi kedua, memiliki warna dasar hitam dengan corak kuning. Jenis ikan ini sangat sulit ditemukan atau langkah.

3. Jenis Ikan koi Asagi

Jenis-jenis ikan koi ketiga, memiliki warna orange atau merah pada bagian perut, sirip, insan dan bagian atas atau punggungnya memiliki pola jaring yang berwarna biru.

4. Jenis Ikan Koi Shusui

Jenis-jenis ikan koi keempat, pada bagian atas atau punggung ikan berwarna biru dengan pola garis bukan jaring.

5. Jenis Ikan Koi Matsuba

Jenis-jenis ikan koi kelima, memiliki pola jaring pada seluruh bagian punggung yang berwarna biru dengan warna dasar putih.

6. Jenis Ikan Koi Orgon Platinium

Jenis-jenis ikan koi keenam, memiliki warna seluruh bagian tubuh ikan berwarna putih mirip platinium tanpa noda.

7. Jenis Ikan Koi Goshiki

Jenis-jenis ikan koi ketujuh, memiliki warna dasar putih solid dengan pola hitam dan merayap biru, dan merah dan hitam overlay warna putih, hitam dan biru dasar. Goshiki diterjemahkan sebagai “lima warna”.

8. Jenis Ikan Koi Kikokuryu

Jenis-jenis ikan koi kedelapan, memiliki warna dasar putih dikombinasikan dengan daerah hitam di dalam satu baris sisik, sepanjang bagian belakang luar baris, dan di kepala di sekitar mata dan hidung. Kikokuryu umumnya dianggap versi metalik Kumonryu.

9. Jenis Ikan Kou Kin Kikokuryu

Jenis-jenis ikan koi kesembilan, memiliki warna gabungan antara oranye atau kuning dengan pola hitam dan putih.

10. Jenis Ikan Koi Orgon Yamabuki

Jenis-jenis ikan koi kesepuluh, memiliki warna seluruh bagian tubuh ikan berwarna kuning bersih.

11. Jenis Ikan Koi Kujaku

Jenis-jenis ikan koi kesebelas, memiliki dasar putih serta memiliki pola jaring dibagian punggung yang berwarna hitam kemudian tubuh ikan di timpa oleh warna kuning atau merah.

12. Jenis Ikan Koi Hariwake

Jenis-jenis ikan koi kedua belas, memiliki warna dasar putih solid yang dikombinasikan dengan pola warna merah atau orange. Warna putih Hariwake terlihat lebih cerah dibandingkan dengan warna putih yang dimiliki oleh Kohaku dan Sanke.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Ikan Koi Berdasarkan Corak Warna

13. Jenis Ikan Koi Tancho Kikusui

Jenis-jenis ikan koi ketiga belas, memiliki warna dasar putih dengan kombinasi warna merah atau orange ini lebih sering disebut sebagai Kikusui. Meski demikian, Tancho Kikusui adalah satu-satunya variasi Kikusui.

14. Jenis Ikan Koi Kumonryu

Jenis-jenis ikan koi keempat belas, yang paling menarik di antara jenis koi lainnya. Pola kombinasi warnanya dapat berubah-ubah dan pola kombinasi warna yang dimiliki warna abu-abu atau putih dengan warna hitam.

15. Jenis Ikan Koi Showa

Jenis-jenis ikan koi kelima belas, memiliki warna dasar putih merah atau kombinasi, kemudian terdapat corak hitam pada bagian atas warna dasar. Jenis ini mirip dengan jenis koi sanke.

16. Jenis Ikan Koi Shiro Utsuri

Jenis-jenis ikan koi keenam belas, memiliki warna dasar hitam dan disertai warna putih atau bercak putih. Kualitas ikan ini dapat dilihat pada bagian kepala. Apabila pada bagian kepala ikan koi terdapat kobinasi hitam dan putih maka ikan koi tersebut bagus.

17. Jenis Ikan Koi Kumonryu Beni

Jenis-jenis ikan koi ketujuh belas, masih satu keluarga dengan Kumonryu. Punya keunikan yang sama dengan Kumonryu yakni pola warnanya bisa berubah-ubah sepanjang hidupnya. Kumonryu Beni memiliki kominasi warna abu-abu atau putih, hitam, dan merah.

18. Jenis Ikan Koi Chagoi

Jenis-jenis ikan koi kedelapan belas, memiliki warna coklat atau perunggu dengan pola jaring-jaring di bagian punggungnya. Pola jaring-jaring di bagian punggungnya memiliki warna yang hampir sama dengan warna dasar ikan. Meskipun pola jaring-jaringnya memiliki warna yang hampir serupa, pola jaring ini masih terlihat jelas karena polanya terlihat timbul.

19. Jenis Ikan Koi Saragoi

Jenis-jenis ikan koi kesembilan belas, memiliki kesamaan dengan Chagoi dengan pola jaring halus di bagian punggungnya. Perbedaan jenis-jenis ikan koi ini, Soragoi memiliki warna abu-abu atau perak. Sementara, Chagoi memiliki warna coklat atau perunggu.

20 Jenis Ikan Koi Shigure Ochiba

Jenis-jenis ikan koi keduapuluh, sering disebut dengan Ochiba memiliki kombinasi warna cokelat atau warna perunggu-nya. Chagoi dengan perak atau  abu-abunya Soragoi. Arti dari Shigure Ochiba adalah daun musim gugur jatuh di atas air.

21. Jenis Ikan Koi Goromo

Jenis-jenis ikan koi kedua puluh satu, ada jenis Kohaku dengan tepi biru atau hitam ditambahkan ke masing-masing skala merah. Ada 3 jenis Goromo:

- Budo Goromo adalah jenis ikan koi dengan tepi biru di luar timbangan yang menciptakan efek cluster anggur.

- Ai Goromo adalah jenis ikan koi dengan tepi biru hanya di bagian dalam timbangan merah.

- Sumi Goromo adalah jenis ikan koi dengan tepi hitam pada timbangan yang dapat membuat pola muncul hampir sepenuhnya hitam.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Ikan Koi Berdasarkan Corak Warna

22. Jenis Ikan Koi Tancho

Jenis-jenis ikan koi kedua puluh dua, memiliki warna dasar putih dan dihiasi oleh tancho merah dibagian kepala tengah, kualitas ikan ini ditentukan oleh letak dan simetris tancho tersebut.

23. Jenis Ikan Koi Kohaku

Jenis-jenis ikan koi kedua puluh tigas, sering di temui dan mudah di dapatkan, ikan koi ini memiliki warna dasar putih yang di kombinasi oleh warna merah atau orange. Ini jenis ikan koi tetua sepanjang sejarah.

24. Jenis Ikan Koi Sanke

Jenis-jenis ikan koi kedua puluh empat, memiliki warna dasar putih dengan tambahan warna merah atau orange dan hitam.

25. Jenis Ikan Koi Hikari Mujimono

Jenis-jenis ikan koi kedua puluh lima, memiliki corak warna oranye polos kekuningan terang, mirip dengan warna emas.

26. Jenis Ikan Koi Hikari Moyomono

Jenis-jenis ikan koi kedua puluh enam, memiliki corak warna putih keabu-abuan dan merah seperti perak yang seimbang. Uniknya, bagian sirip akan putih keabu-abuan polos dan bagian kepala dominan merah.

27. Jenis Ikan Koi Hikari Utsurimono

Jenis-jenis ikan koi kedua puluh tujuh, memiliki corak warna seperti perak dari kombinasi abu-abu kehitam, hitam, dan merah. Bagian sirip ikan koi cenderung berwarna abu-abu kehitaman.

28. Jenis Ikan Koi Kin Gin Rin

Jenis-jenis ikan koi kedua puluh delapan, memiliki corak warna oranye dan putih keabu-abuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.