Sukses

15 Penyebab Sakit Perut yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Infeksi virus, bakteri, hingga stres merupakan faktor penyebab sakit perut.

Liputan6.com, Jakarta Sakit perut bisa dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti infeksi virus, bakteri, peradangan, kadar asam tinggi, konsumsi obat-obatan tertentu, stres, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Apa saja penyebab sakit yang sering terjadi itu?

Melansir dari WebMD, pada Selasa (22/2/2022) ahli Hansa D. Bhargava, MD menjelaskan penyebab sakit perut yang sering terjadi, ada radang perut, keracunan makanan, intoleransi laktosa, hernia, sembelit, hingga radang usus.

“Perut setiap orang menjadi sedikit tidak enak dari waktu ke waktu. Tetapi dalam beberapa kasus, tergantung pada gejala, pada beberapa kondisi mungkin perlu menemui dokter untuk menanganinya,” dijelaskan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang penyebab sakit perut yang sering terjadi sesuai review dari Bhargava, Selasa (22/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Sakit Perut yang Sering Terjadi

1. Radang Perut (GERD)

Penyebab sakit perut yang sering terjadi adalah pengaruh gastritis atau GERD atau radang perut. penyebab sakit perut karena GERD dipengaruhi cairan (asam lambung) dalam lambung yang membantu mencerna makanan, saat itu kadar asam di dalamnya lebih tinggi daripada biasanya.

“Terkadang cairan pencernaan ini melewati penghalang pelindung di perut dan mengiritasi lapisannya yang disebut gastritis,” dijelaskan

Penyebab sakit perut karena gastritis atau GERD bukan hanya pengaruh asam, tetapi dapat disebabkan oleh bakteri, penggunaan pereda nyeri seperti ibuprofen secara teratur, terlalu banyak alkohol, atau stres. Pengobatannya bisa dengan antasida yang dijual bebas atau obat resep. Tetapi temui dokter karena masalah seperti ini dapat menyebabkan pendarahan atau sakit maag.

2. Bisul Perut

Penyebab sakit perut adalah bisul, ditandai dengan adanya luka terbuka pada lapisan perut atau bagian atas usus kecil. Penyebab sakit perut karena bisul adalah dipengaruhi keberadaan bakteri, tetapi sekali lagi, penggunaan aspirin, ibuprofen, dan obat penghilang rasa sakit dalam jangka panjang dapat berperan.

“Dan orang yang merokok atau minum minuman keras lebih sering terkena sakit perut ini. Mereka biasanya diobati dengan obat resep yang menurunkan asam lambung atau antibiotik, tergantung pada penyebabnya,” dijelaskan.

3. Virus Perut atau Flu Perut

Penyebab sakit perut adalah virus perut. Kondisi penyebab sakit perut ini, juga dikenal sebagai flu perut yang dipengaruhi karena infeksi virus di usus. Gejalanya, diare berair, kram, atau mual, dan mungkin muntah.

Penyebab sakit perut seperti flu perut bisa ditularkan dari seseorang yang memilikinya atau makanan yang terkontaminasi. Tidak ada pengobatan khusus, tetapi karena penyebab sakit perut karena virus perut bisa hilang dengan sendirinya.

“Temui dokter jika mengalami gejala demam, muntah, dehidrasi, atau melihat darah di muntah atau tinja,” dijelaskan.

4. Keracunan Makanan

Penyebab sakit perut adalah keracunan makanan oleh bakteri, virus, dan parasit dalam makanan. Gejalanya diare, mual, dan muntah. Itu terjadi ketika makanan tidak ditangani dengan benar.

Kondisi penyebab sakit perut karena keracunan makanan, biasanya akan membaik dengan sendirinya, tetapi temui dokter jika mengalami dehidrasi, melihat darah dalam muntah atau tinja Anda, atau mengalami diare yang parah atau berlangsung selama lebih dari 3 hari.

5. Sindrom Iritasi Usus

Penyebab sakit perut adalah sindrom iritasi usus. Penyakit umum ini mempengaruhi usus besar. Gejalanya kram, kembung, dan muncul lendir di tinja. Penyebab sakit perut seperti sindrom iritasi usus membuat penderita bolak-balik antara diare dan sembelit.

“Tidak jelas mengapa itu terjadi, tetapi makanan, stres, hormon, dan infeksi mungkin berperan. Seorang dokter dapat membantu mengontrol gejala melalui perubahan pola makan atau gaya hidup, atau pengobatan,” dijelaskan.

6. Intoleransi Laktosa

Penyebab sakit perut adalah intoleransi laktosa. Laktosa adalah gula dalam susu dan produk susu lainnya. Jika seseorang tidak memiliki cukup enzim yang disebut laktase, tubuh dapat mengalami kesulitan untuk memecahnya.

Gejala dari penyebab sakit perut karena intoleransi laktosa adalah diare, gas, kembung, dan sakit perut. Tidak ada obatnya, tetapi setiap orang dapat mengatasinya jika hanya memiliki sedikit susu dalam diet harian, membeli produk susu bebas laktosa, atau minum pil laktaid yang dijual bebas.

7. Penyakit Radang Panggul

Penyebab sakit perut adalah radang panggul. Ini terjadi pada wanita karena peradangan terjadi di organ reproduksi, sering dipengaruhi penyakit menular seksual seperti klamidia atau gonore.

“Jika merasakan gejalanya lebih awal, itu bisa disembuhkan biasanya dengan antibiotik. Tetapi jika tak kunjung ditangani atau mendapat penanganan, itu bisa merusak sistem reproduksi,” dijelaskan.

Selain rasa sakit di perut, penderita penyebab sakit perut seperti penyakit radang panggul juga akan mengalami gejala demam, keputihan yang tidak biasa, dan nyeri atau pendarahan saat berhubungan seks.

8. Alergi Makanan

Penyebab sakit perut adalah alergi makanan. Kondisi ini terjadi ketika tubuh salah mengira makanan tertentu sebagai sesuatu yang berbahaya dan mencoba untuk mempertahankannya.

“Selain sakit perut, gejala penyebab sakit perut karena alergi makanan bisa berupa kesemutan dan bengkak di mulut dan tenggorokan,” dijelaskan.

Dalam kasus yang parah, penyebab sakit perut karena alergi makanan dapat menyebabkan syok dan bahkan kematian jika tidak segera diobati dengan obat yang disebut epinefrin.

“Kerang, kacang-kacangan, ikan, telur, kacang tanah, dan susu adalah beberapa pemicu yang lebih mungkin,” dijelaskan.

3 dari 3 halaman

Penyebab Sakit Perut yang Sering Terjadi Selanjutnya

9. Radang Usus Buntu

Penyebab sakit perut adalah radang usus buntu. Usus buntu adalah organ berbentuk jari yang ditemukan di awal usus besar di bagian kanan bawah perut. Tidak jelas apa fungsi usus buntu, tetapi ketika meradang, biasanya terinfeksi dan harus dikeluarkan.

“Jika pecah, itu bisa menyebarkan bakteri. Nyeri sering dimulai di pusar dan menyebar ke bawah dan ke kanan. Temui dokter segera jika berpikir mungkin menderita radang usus buntu,” dijelaskan.

10. Serangan Kandung Empedu

penyebab sakit perut adalah serangan kandung empedu. Kondisi ini terjadi ketika batu empedu (batu kecil) yang terbuat dari jus yang membantu pencernaan menghalangi saluran, atau saluran, yang mengalir di antara hati, pankreas, kantong empedu, dan usus kecil.

Gejala dari penyebab sakit perut karena serangan kandung empedu paling umum adalah sakit perut. Pada kondisi yang parah atau berlangsung lebih dari beberapa jam, sangat disarankan untuk menghubungi dokter.

“Penderita mungkin juga mengalami mual, muntah, demam, urin berwarna teh, dan tinja berwarna terang. Batu sering bergerak sendiri, tetapi mungkin perlu dioperasi jika tidak,” dijelaskan.

11. Hernia

Penyebab sakit perut adalah hernia. Hernia terjadi ketika bagian dari usus turun melalui dinding perut. Ketika terpelintir atau berpindah, dan terputus dari suplai darahnya, itu dapat menyebabkan rasa sakit yang parah atau luar biasa di perut.

“Pembedahan seringkali diperlukan dengan cepat untuk memperbaiki masalah penyebab sakit perut karena hernia,” dijelaskan.

12. Sembelit

Penyebab sakit perut adalah masalah sembelit. Seseorang yang mengalami masalah sembelit, sangat direkomendasikan untul melakukan olahraga, mengonsumsi lebih banyak air, dan makanan yang mengandung lebih banyak serat, seperti plum dan biji-bijian.

Bagi yang secara teratur buang air besar kurang dari tiga kali seminggu, harus mengejan, dan tinja biasanya kental dan keras, itu bisa menjadi tanda kondisi yang lebih serius. Temui dokter jika memiliki salah satu dari gejala penyebab sakit perut ini.

13. Pankreatitis

Penyebab sakit perut adalah pankreatitis. Kondisi ini terjadi ketika pankreas, organ yang membantu tubuh memproses gula dan mencerna makanan, mengalami peradangan. Seseorang yang mengalaminya,  mungkin mengalami rasa sakit di perut bagian atas yang memburuk setelah makan atau mencerna makanan.

Penderita bisa mengalami mual dan muntah. Kasus ringan dari penyebab sakit perut karena pankreatitis dapat hilang dengan sendirinya, tetapi kasus yang parah bisa sangat berbahaya.

“Dokter akan meminta penderita untuk berhenti makan selama satu atau dua hari dan memberi obat pereda nyeri. Jika itu tidak menyelesaikannya, mungkin perlu berada di rumah sakit untuk mendapatkan nutrisi dan cairan,” dijelaskan.

14. Penyakit Radang Usus (IBD)

Penyebab sakit perut adalah penyakit radang usus. Penyakit radang usus atau IBD, memiliki dua bentuk utama, yakni kolitis ulserativa (UC) dan penyakit Crohn. Kedua kondisi tersebut membuat sistem kekebalan tubuh penderita tampaknya bereaksi berlebihan dan memengaruhi saluran usus.

Meskipun IBD tidak mempengaruhi perut secara langsung, sakit perut dan mual adalah gejala utamanya, bersama dengan diare, nyeri sendi, demam, ruam kulit, dan gejala lainnya. Menemui dokter dapat membantu penderita mengelola IBD dengan obat-obatan khusus bersama dengan perubahan gaya hidup.

15. Divertikulitis

Penyebab sakit perut adalah divertikulitis. Kantung kecil yang menonjol dapat terbentuk di lapisan sistem pencernaan, biasanya di bagian bawah usus besar. Mereka cukup umum dan biasanya tidak menimbulkan masalah.

Tetapi jika mereka meradang atau terinfeksi, mereka dapat menjadi penyebab sakit perut yang parah, mual, dan perubahan gerakan usus. Istirahat dan perubahan dalam diet dapat membantu. Dokter akan meresepkan antibiotik juga untuk mengatasi penyebab sakit perut karena diveritulitis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.