Sukses

Real Pict Artinya Foto Asli, Ini Manfaatnya untuk Jualan Online

Real pict artinya adalah foto asli atau gambar asli. Artinya, gambar tersebut belum mengalami proses rekayasa.

Liputan6.com, Jakarta Real pict artinya adalah foto asli atau gambar asli. Artinya, gambar tersebut belum mengalami proses rekayasa, baik dari sisi bentuk, pencahayaan, maupun warna. Real pict artinya adalah gambar yang diambil langsung dari kamera tanpa mengalami proses editing lebih lanjut.

Istilah real pict biasanya digunakan dalam deskripsi produk yang dijual di media online, untuk menunjukkan bahwa produk yang dijual dengan gambar yang diunggah sama persis.

Tujuan dari memberikan keterangan real pict pada deskripsi produk adalah untuk meyakinkan calon pembeli atau customer, bahwa apa yang mereka lihat di gambar adalah apa yang akan mereka dapatkan ketika membelinya.

Untuk lebih memahami real pict artinya apa, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (24/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Real Pict

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, real pict artinya adalah foto asli atau gambar asli. Secara bahasa istilah tersebut berasal dari dua kata dari bahasa Inggris, yakni "real" dan "pict." real artinya benar-benar ada sebagai sesuatu atau terjadi dalam kenyataan; tidak dibayangkan atau diperkirakan.

Sedangkan pict adalah bentuk singkat dari kata "picture," yang artinya representasi visual dari seseorang, objek, atau pemandangan, sebagai lukisan, gambar, foto, dll.

Dari serangkaian penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa real pict artinya adalah foto asli atau gambar asli. Mengunggah real pict dapat menghadirkan sejumlah manfaat terutama bagi penjual yang berjualan secara online.

Dengan mengunggah real pict, calon pembeli akan merasa percaya bahwa barang yang dia beli akan seperti apa yang dia lihat pada foto yang diunggah. Karena real pict artinya adalah foto asli atau gambar asli, maka jika foto yang diunggah telah mengalami banyak manipulasi sehingga mengubah bentuk, makan foto tersebut tidak bisa disebut sebagai real pict.

Maka dari itu, selain dipahami bahwa real pict artinya foto asli, real pict artinya juga bisa dipahami sebagai foto tanpa editan atau tanpa pemalsuan. Foto yang diambil real apa adanya dari produk yang dijual sehingga memperjelas detail produk tersebut.

3 dari 4 halaman

Tingkat Perbedaan Real Pict dengan Produk Asli

Selain tanpa mengalami proses editing yang berlebihan sehingga terkesan mengubah bentuk foto, bukan berarti bahwa real pict dapat menggambarkan kondisi produk secara perisi 100 persen.

Real pict bisanya memiliki kemiripan 90-99% dengan produk aslinya. Sebab, meskipun real pict benar-benar diambil dari produk yang dijual, kondisi pencahayaan dapat memengaruhi pada perubahan warna produk.

Hal yang membuat real pict bisa berbeda dari gambar aslinya adalah faktor spesifikasi layer handphone, laptop, ataupun tablet memiliki resolusi yang berbeda-beda. Akibatnya,  terkadang warna yang ditampilkan satu dengan yang lain agak sedikiti berbeda.

Manfaat Menggunakan real Pict sebagai gambar Produk

Tentu ada manfaat dari mengunggah real pict sebagai gambar produk yang dijual, terutama bagi customer. Bagaimanapun juga, customer atau calon pembeli hanya bisa memeriksa atau menilai produk yang hendak dibeli hanya berdasarkan foto yang diunggah.

Dengan menggunakan real pict, yang perbedaannya dengan produk asli sangat sedikit, makan customer akan semakin yakin bahwa apa yang akan dia lihat dalam gambar produk adalah apa yang akan mereka dapatkan ketika melakukan transaksi. Dengan melihat real pict biasanya para customer akan merasa yakin untuk membeli barang tersebut.

Selain itu, dengan mengunggah realpict artinya customer tidak akan merasa tertipu, karena apa yang mereka dapatkan tidak jauh berbeda dengan apa yang mereka lihat.

Mengunggah real pict sebagai foto produk juga akan menurunkan kemungkinan datangnya keluhan atau komplain dari customer yang merasa bahwa barang yang mereka beli berbeda jauh dari apa yang mereka lihat dalam foto produk.

Secara tidak langsung, mengunggah real pict artinya Anda juga sedang membangun kepercayaan dari para customer.

4 dari 4 halaman

Beberapa Istilah Jual Beli Online

Selain real pict, ada sejumlah istilah lain yang cukup sering digunakan dalam konteks jual beli online. Adapu istilah-istilah tersebut antara lain adalah sebagai berikut,

  1. COD, merupakan singkatan dari Cash on Delivery, yang mengacu pada metode pembayaran di mana customer beru membayar ketika barang sudah diterima.
  2. Ongkir, merupakan singkatan dari ongkos kirim.
  3. Rekber, singkatan untuk Rekening Bersama. Pengertian dari Rekening Bersama adalah rekening milik pihak ketiga yang bisa digunakan untuk menyimpan uang sampai pembeli menerima barang dari penjual.
  4. Dropship, mengacu pada model bisnis, di mana pihak ketiga menjual produk dari penjual yang telah diajak bekerja sama.
  5. Reseller, mengacu pada seseorang yang membeli produk untuk dijual kembali.
  6. Mint Condition atau Like New, mengacu pada kondisi barang masih seperti baru. Kalaupun ada cacat atau kerusakan, hal tersebut tidak terlalu terlihat pada barang.
  7. BNIB, singkatan dari Brand New in Box yang artinya barang baru masih di dalam box.
  8. BNOB, singkatan dari Brand New Open Box yang artinya barang baru sudah keluar dari box.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.