Sukses

Pengertian Jaringan Komputer, Fungsi, Komponen, dan Macamnya

Jaringan komputer membentuk dunia digital.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian jaringan penting dipahami dalam ilmu komputer. Jaringan komputer membentuk dunia digital yang dinikmati saat ini. Dari bank, sekolah, hingga bisnis, hampir setiap sistem atau proses dipengaruhi atau dijalankan oleh jaringan komputer.

Pengertian jaringan komputer menciptakan komunikasi antara komputer dan perangkat lain. Dari pengertian jaringan komputer, kamu bisa mempelajari cara kerja hubungan antara satu sistem dengan sistem lainnya. Pengertian jaringan komputer juga menjelaskan fungsi dan komponen yang ada di dalamnya.

Pengertian jaringan juga menguraikan beragam jenis jaringan komputer yang ada. Dengan memahami pengertian jaringan, kamu akan menemukan bahwa jaringan ada di kehidupan sehari-hari. Berikut pengertian jaringan komputer, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(9/2/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian jaringan

Melansir Computer Hope, pengertian jaringan adalah kumpulan komputer, server, mainframe, perangkat jaringan, periferal, atau perangkat lain yang terhubung untuk memungkinkan berbagi data. Contoh jaringan adalah internet yang menghubungkan jutaan orang di seluruh dunia.

Menurut Techopedia, pengertian jaringan adalah ekelompok dua atau lebih perangkat atau node yang dapat berkomunikasi. Perangkat atau node yang dimaksud dapat dihubungkan dengan koneksi fisik atau nirkabel. Kuncinya adalah setidaknya ada dua komponen yang terpisah, dan mereka terhubung.

Menurut Techtarget, jaringan juga dikenal sebagai jaringan komputer, adalah praktik pengangkutan dan pertukaran data antara node melalui media bersama dalam sistem informasi. Jaringan tidak hanya terdiri dari desain, konstruksi, dan penggunaan jaringan, tetapi juga pengelolaan, pemeliharaan, dan pengoperasian infrastruktur jaringan, perangkat lunak, dan kebijakan.

3 dari 6 halaman

Fungsi jaringan komputer

Melansir Lifewire, sebuah pengertian jaringan paling sederhana selalu melibatkan dua atau lebih komputer yang dihubungkan baik secara fisik dengan kabel atau melalui koneksi Wi-Fi. Dengan ditautkan, komputer ini dapat berbagi sumber daya, file, atau koneksi internet tanpa terhubung secara manual pada setiap kesempatan.

Melansir Techwalla, jaringan komputer saat ini bertransmisi melalui koneksi kabel atau nirkabel. Transmisi kabel berjalan di sepanjang kabel atau kabel serat optik, sedangkan transmisi nirkabel menggunakan frekuensi radio dan/atau gelombang mikro. Jaringan nirkabel adalah yang paling populer.

4 dari 6 halaman

Komponen jaringan

Melansir Techtarget, pengertian jaringan komputer memerlukan penggunaan infrastruktur jaringan fisik. Ini termasuk sakelar, router, dan dan titik akses nirkabel. Jaringan juga memerlukan firmware dasar yang mengoperasikan peralatan tersebut. Komponen lainnya termasuk perangkat lunak yang diperlukan untuk memantau, mengelola, dan mengamankan jaringan.

Semua jaringan komputer mengikuti aturan komunikasi tertentu saat mengirim informasi bolak-balik. Ini disebut protokol jaringan. Informasi dikirim dalam bundel, atau dalam bentuk paket. Protokol jaringan yang berbeda menggunakan transmisi paket tertentu, atau packet switching.

Protokol jaringan juga menyediakan sarana di mana komputer dapat mengidentifikasi satu sama lain di jaringan. Ukuran dan tujuan jaringan akan menentukan jenis protokol jaringan yang digunakan.

5 dari 6 halaman

Macam-macam jaringan menurut jangkauannya

Menurut jangkauannya, macam-macam jaringan terbagi menjadi:

Personal Area Networks (PAN)

Personal Area Networks (PAN) atau jaringan area pribadi adalah macam-macam jaringan komputer yang didasarkan pada ruang kerja individu. Perangkat individu adalah pusat jaringan, dengan perangkat lain yang terhubung dengannya. Ada juga jaringan area pribadi nirkabel.

LAN (Local Area Network)

Local Area Network disingkat LAN, merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup area atau wilayah yang kecil saja. Biasanya digunakan pada jaringan di warnet, kantor, atau sekolah.

MAN (Metropolitan Area Network)

Pengertian jaringan pada Metropolitan Area Network atau MAN adalah jaringan komputer dalam satu kota atau antar kota tertentu dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Jaringan komputer ini menghubungkan berbagai lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan lain-lain.

WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network atau disingkat WAN adalah suatu jenis jaringan komputer yang sangat luas, mencakup negara dan benua. Media transmisi yang biasa digunakan dalam jaringan WAN adalah kabel bawah laut dan satelit.

 

6 dari 6 halaman

Macam-macam jaringan menurut jangkauannya

CAN (Campus Area Network)

Sebuah CAN adalah macam-macam jaringan komputer berupa LAN atau set LAN terhubung yang digunakan oleh sebuah badan pemerintah, universitas, perusahaan atau organisasi sejenis dan biasanya jaringan di satu set bangunan yang berdekatan.

Global Area Networks(GAN)

Global Area Networks(GAN) adalah sebuah jaringan area global adalah jaringan di seluruh dunia yang menghubungkan jaringan di seluruh dunia, seperti internet.

Enterprise private networks

Enterprise private networks atau Jaringan pribadi perusahaan adalah jaringan komputer yang membantu perusahaan perusahaan dengan sejumlah kantor yang berbeda menghubungkan masing-masing kantor tersebut dengan cara yang aman melalui jaringan. Jaringan pribadi perusahaan terutama disiapkan untuk berbagi sumber daya komputer.

Jaringan Backbone (BBN)

Pengertian jaringan Backbone atau inti adalah bagian dari jaringan komputer yang menghubungkan jaringan, menyediakan jalur untuk pertukaran informasi antara LAN atau subjaringan yang berbeda. Backbone dapat menghubungkan berbagai jaringan di gedung yang sama, di gedung yang berbeda di lingkungan kampus, atau di area yang luas. Biasanya, kapasitas tulang punggung lebih besar daripada jaringan yang terhubung dengannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.