Sukses

17 Penyebab Komedo Paling Utama, Bahaya, dan Cara Menghilangkannya

Penyebab komedo paling utama adalah produksi minyak berlebih, penumpukan sel kulit mati, dan pola makan.

Liputan6.com, Jakarta Masalah komedo sulit dihindari oleh semua orang, bahkan dari berbagai kalangan usia. Anak muda hingga dewasa. Jenis-jenis komedo ada banyak, tetapi penyebab komedo paling utama tetap produksi minyak berlebih, penumpukan sel kulit mati, dan pola makan.

Komedo bisa muncul di seluruh tubuh seperti hidung, leher, wajah, lengan, dada, bahu, dan punggung. Bentuknya bintik kecil, mirip benjolan yang samar, dan tak terlihat bila tidak diamati betul. Komedo tidak bisa hilang dengan sendirinya, kotoran ini perlu dibersihkan.

Sekaligus untuk menghindari masalah komedo, waspadai berbagai penyebab komedo muncul tiba-tiba. Masalah reproduksi dan hormon bisa menjadi penyebab komedo juga, loh. Berikut Liputan6.com ulas penyebab komedo paling utama dari berbagai sumber, Kamis (2/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Komedo Paling Utama dari Jenisnya

1. Penyebab Komedo Hitam

Apabila permukaan komedo terbuka maka akan terpapar oleh udara sehingga bisa menyebabkan perubahan warna menjadi coklat atau kehitaman. Oleh karena itu, pada komedo yang terbuka disebut sebagai komedo hitam. Jenis komedo ini biasanya tidak terasa sakit karena tidak ada peradangan. Penyebab komedo ini jangan dianggap remeh.

2. Penyebab Komedo Putih

Apabila permukannya tertutup oleh lapisan kulit, maka komedo tersebut dinamakan komedo putih. Penyebab komedo ini jangan dianggap remeh. Dinamakan komedo putih karena warnanya yang menyerupai warna kulit atau berwarna putih. Bintik komedo ini terjadi karena folikel rambut tersumbat sepenuhnya.

3. Penyebab Komedo Makrokomedo dan Mikrokomedo

Ini merupakan jenis komedo yang termasuk ke dalam komedo putih. Bedanya dengan komedo putih biasa adalah, makrokomedo memiliki ukuran yang lebih besar, yaitu 2-3 milimeter. Penyebab komedo ini jangan dianggap remeh. Sedangkan pada mikrokomedo, komedonya berukuran sangat kecil dan tak tampak oleh mata.

4. Penyebab Komedo Solar

Jenis komedo ini biasanya banyak muncul di bagian kulit wajah atau pipi dan dagu atau bagian yang sering terpapar sinar matahari, khususnya pada orang lanjut usia. Penyebab komedo ini jangan dianggap remeh.

3 dari 5 halaman

Penyebab Komedo Paling Utama Selanjutnya

6. Penyebab komedo adalah penumpukan sel kulit mati.

7. Penyebab komedo adalah produksi minyak di wajah yang berlebihan.

8. Penyebab komedo adalah paparan udara luar yang terlalu sering.

9. Penyebab komedo adalah konsumsi makanan tertentu seperti makanan dengan indeks glikemik yang tinggi.

10. Penyebab komedo adalah penggunaan produk dengan bahan kimia tertentu seperti minyak rambut, cat rambut, pomade, dan lain sebagainya.

11. Penyebab komedo adalah Mencukur, yang dapat membuat folikel rambut terbuka.

12. Penyebab komedo adalah Stres atau kondisi lain yang berhubungan dengan perubahan hormon seperti sindrom pramenstruasi (PMS) dan PCOS.

13. Penyebab komedo adalah Penggunaan kosmetik yang dapat menutupi pori-pori kulit.

14. Penyebab komedo adalah mengalami menopause.

15. Penyebab komedo adalah kulit terlalu kering atau terlalu banyak menggunakan produk jerawat.

16. Penyebab komedo adalah riwayat keluarga berjerawat.

17. Penyebab komedo adalah mestruasi atau memasuki masa pubertas.

4 dari 5 halaman

Bahaya Komedo di Wajah

Bila tak segera membersihkan komedo alias membiarkannya begitu saja, maka akan berisiko munculnya jerawat.

Hal ini dikarenakan penyumbatan di pori-pori kulit membuat minyak terus menumpuk di bawah kulit. Ditambah lagi dengan kebiasaan buruk seperti tidak membersihkan wajah, wajah berminyak, dan kebiasaan memegang wajah yang membuat kuman mudah menempel.

Kebiasaan buruk ini membuat proi-pori kulit yang tersumbat menjadi iritasi dan membesar. Jika dibiarkan terlalu lama, pori-pori kulit akan pecah, sel darah putih masuk, pori-pori menjadi merah, dan muncullah jerawat.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Komedo di Wajah

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu minyak yang paling direkomendasikan dalam metode pembersihan berbasis minyak. Minyak zaitun kaya akan vitamin dan antioksidan. Sifat melembapkannya mampu mencegah kulit kering penyebab komedo.

Tuang minyak ke telapak tangan lalu oleskan ke area hidung dan dagu. Pijat minyak selama beberapa menit. Biarkan minyak menempel di wajah selama satu menit. Cara menghilangkan komedo dengan cepat sangat mudah.

Celupkan waslap ke dalam air hangat yang cukup dingin untuk digunakan pada wajah, tetapi cukup hangat untuk melarutkan minyak. Oleskan waslap ke wajah dan tahan di sana selama 15 detik. Seka minyak dari wajah secara perlahan.

2. Uap Air

Uap membuka pori-pori kulit wajah dan membantu melonggarkan penumpukan kotoran untuk membersihkan kulit lebih dalam. Membuka pori-pori juga bisa melembutkan komedo, membuatnya lebih mudah dihilangkan.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Masukkan air hangat ke dalam mangkuk atau baskom.

- Tutupi kepala dengan handuk dan hadapkan wajah ke arah mangkuk.

- Jarak wajah ke mangkuk paling tidak harus sejauh 6 hingga 10 inci.

- Lakukan maksimal 10 menit, dan komedo akan dengan mudah terangkat.

3. Lemon

Lemon mengandung banyak vitamin C. Selain itu lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit. Lemon bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo hitam.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Peras buah lemon

- Oleskan air perasan lemon pada area wajah yang berkomedo

- Diamkan selama 15 menit

4. Madu

Madu adalah pelembap wajah alami yang juga mampu mencerahkan kulit dan juga bisa mengangkat kulit mati, karena mengandung banyak anti-oksidan.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Siapkan 1 sdm madu

- Oleskan pada wajah

- Diamkan selama 30 menit

- Bilas dengan air bersih

5. Lidah Buaya

Perawatan dengan menggunakan lidah buaya, Anda akan mendapatkan sekaligus banyak manfaat. Yaitu: membersihkan komedo, mencerahkan kulit wajah, menyegarkan wajah dan mengecilkan pori-pori wajah.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat:

- Petik daun lidah buaya secukupnya

- Ambil gel yang ada di tengahnya

- Oleskan secara merata pada kulit area berkomedo

- Diamkan selama 15 menit

- Bilas dengan air bersih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini