Sukses

11 Jenis Arwana yang Indah dan Cocok Dipelihara di Rumah, Berikut Harganya

Jenis arwana dan harganya menjadi penting diperhatikan, karena kamu akan butuh biaya yang tidak murah untuk memeliharanya.

Liputan6.com, Jakarta Jenis arwana tentunya perlu diketahui oleh kamu yang ingin memeliharanya di rumah. Apalagi, arwana ini memiliki berbagai jenis dengan keunggulan masing-masing. Bahkan, harganya pun berbeda-beda tiap jenisnya.

Ikan arwana tentunya bisa menjadi peliharaan yang memperindah ruang tamu rumah dan hiasan yang menenangkan. Ikan akuarium yang terkenal dengan tubuhnya yang besar dan panjang ini membuat ruangan menjadi tampak elegan. Apalagi, dengan warnanya yang indah dan unik.

Jenis arwana dan harganya menjadi penting diperhatikan, karena kamu akan butuh biaya yang tidak murah untuk memeliharanya. Bahkan, tidak ada ikan arwana yang harganya di bawah 1 juta. Hal ini tentunya berbeda dengan jenis ikan hias lainnya.

Selain itu, ikan arwana biasa dipelihara di akuarium yang cukup besar. Dengan gerakannya yang tenang, kamu akan merasa nyaman saat memelihara ikan arwana. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/8/2021) tentang jenis arwana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jenis Arwana dan Harganya

Ikan Arwana Brasil (Silver Arowana)

Jenis arwana yang paling pertama dibahas adalah Ikan Arwana Brasil. Ikan arwana ini mungkin yang paling sering kamu temui, karena harganya yang cukup terjangkau. Ikan Arwana Brasil memiliki bentuk tubuh dan sirip panjang dengan warna silver di seluruh tubuhnya. Ukuran ikan dewasa bisa mencapai 1 meter. Jenis arwana ini biasanya ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 2 juta.

Ikan Arwana Banjar (Banjar Red Arowana)

Jenis arwana ini memiliki panjang mencapai 90 cm. Dengan warna sirip oranye dan ekor kekuningan, harga ikan arwana ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 2 juta. Keunikan dari ikan ini yaitu, lebih aktif dari ikan arwana lainnya. Jadi diperlukan akuarium yang lebih besar dari biasanya, walaupun panjangnya juga mencapai 90 cm, sama dengan berbagai ikan arwana lainnya.

Black Arwana

Masih satu saudara dengan silver Arwana, jenis arwana ini hanya berbeda di bagian ekornya saja. Biasanya setelah beranjak dewasa, sedikit demi sedikit warna Black Arwana akan memudar dengan sendirinya. Harga Arwana satu ini dibandrol mulai dari Rp 2.500.000 hingga Rp 5.000.000.

3 dari 5 halaman

Jenis Arwana dan Harganya

Ikan Arwana Papua (Jardini Arowana)

Jenis arwana selanjutnya adalah Ikan Arwana Papua atau sering juga disebut dengan Jardini Arowana atau Arwana Australia. Hal ini dikarenakan memang jenis ikan arwana ini sering ditemukan di Papua dan Australia.

Ikan Arwana Papua ini memiliki tubuh yang berwarna agak kuning keemasan walaupun tidak terlalu mencolok. Tidak jauh berbeda dengan ikan arwana lainnya, Ikan Arwana Papua juga memiliki ukuran yang bisa mencapai 90 cm. Biasanya ikan arwana jenis ini dijual dengan harga sekitar Rp 4 juta.  

Ikan Arwana Hijau (Green Arowana)

Ikan Arwana hijau ini dikenal juga dengan nama Golden Pino. Jenis arwana ini memiliki ciri warna perpaduan antara kuning, emas, dan hijau yang samar serta kepalanya sedikit lebih besar dibandingkan ikan Arwana Asia lainnya. Panjangnya mencapai 90 cm dan harganya sekitar Rp 4 juta.

Ikan Arwana Red Tail Golden

jenis Arwana Red Tail Golden ini memiliki sifat agresif sehingga cukup sulit untuk ditangkap. Memiliki ciri khas tubuh berwarna warna biru, hijau, dan keemasan, arwana ini juga memiliki postur fisik yang mencapai 90 cm. Jenis ikan ini biasanya dihargai sekitar Rp 4,5 juta.

4 dari 5 halaman

Jenis Arwana dan Harganya

Ikan Arwana Super Red

Jenis arwana yang tidak kalah mahal adalah Ikan Arwana Super Red. Harga ikan arwana jenis ini sebenarnya cukup variatif, yaitu sekitar Rp 2 juta hingga Rp 48 Juta. Sesuai dengan namanya, Ikan Arwana Super Red ini memiliki warna merah dominan.

Arwana Super Red menjadi favorit banyak orang karena warnanya yang cantik. Jenis Arwana ini dapat ditemukan hidup liar di Sungai Kapuas, dan dekat danau di bagian Kalimantan Barat Indonesia.

Ikan Arwana Black Golden (Golden Based Black)

Selanjutnya, jenis arwana yang juga cukup mahal, yaitu Ikan Arwana Black Golden. Jenis ikan arwana ini cukup sering ditemukan di Penang, Malaysia. Namun karena untuk menemukan jenis ikan yang memiliki ciri-ciri warna emas dengan sisi pada sisik berwarna kehitaman ini cuku sulit, harganya pun sangat mahal, yaitu mencapai Rp 18 Jutaan.

Ikan Arwana Cross Black Golden

Jenis Arwana Cross Back Golden ini memiliki beberapa tipe warna, dengan warna emas yang mencolok di bagian punggung ini, juga dikenal dengan berbagai nama lainnya seperti Pahang Golden, Malayan Bonytongue, Taiping Golden, hingga Malaysian Gold.

Harganya juga tidak main-main, setidaknya Rp 18 juta harus kamu rogoh dari kantongmu untuk mendapatkan ikan ini. Hal ini ditengarai karena ikan ini cukup sulit ditemukan.

5 dari 5 halaman

Jenis Arwana dan Harganya

Ikan Arwana Batik (Myanmar Arowana)

Sesuai dengan namanya, jenis ikan arwana berikut ini memiliki corak tubuh yang bagaikan batik. Namanya yaitu Ikan Arwana Batik, atau sering juga disebut Arwana Myanmar. Dengan tubuh berwarna perunggu yang dipenuhi sisik bercorak pola batik, ikan arwana ini begitu unik dan cantik. Karena keunikannya tersebut, ikan arwana jenis ini dibanderol dengan harga yang sangat tinggi, yaitu sekitar Rp 56 juta.  

Ikan Arwana Platinum

Jika kamu menanyakan jenis arwana yang tercantik, maka Ikan Arwana Platinum ini adalah jawabannya. Sesuai dengan namanya, ikan arwana ini memiliki warna yang sangat memukau dan mengkilat, yaitu warna platinum.

Selain itu, ikan ini juga memiliki tekstur tubuh yang sangat halus. Kamu mungkin akan tercengang dengan harganya, yaitu mencapai Rp 5,7 miliar. Namun, setelah meilhat tampilannya yang begitu indah dan unik, kamu akan mengerti mengapa ikan ini dihargai begitu tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini