Sukses

Ciri-Ciri Hamil Muda yang Paling Akurat, Terasa Jelas di Usia 4-6 Minggu Kehamilan

Untuk mengetahui ciri-ciri hamil muda yang paling akurat, seimbangkan dengan melakukan tes kehamilan mandiri.

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri hamil muda yang paling akurat, tentu saja hanya calon ibu yang tahu. Wanita bisa merasakan ciri-ciri hamil muda yang paling akurat dan jelas setelah memasuki usia 4-6 minggu kehamilan. Agar tak perlu menerka-nerka lagi, imbangi mengenali ciri-ciri dan melakukan tes kehamilan mandiri.

Terlambat haid tak bisa dikatakan sebagai ciri-ciri hamil muda yang paling akurat, karena siklus menstruasi wanita ada yang tidak normal sebab hormon. Akan tetapi, bagi wanita yang siklus haidnya selalu normal bisa dijadikan patokan. Bila sudah terlambat haid dari jadwal biasanya, bisa dikatakan ini ciri-ciri hamil muda yang paling akurat dan hampir memasuki 2 minggu kehamilan.

Bukan cuma terlambat menstruasi, ciri-ciri hamil muda yang paling akurat bisa dikenali dari banyak hal. Ada ngidam, sensitif, keputihan banyak, kram perut, muncul flek cokelat, sampai payudara sensitif. Berikut Liputan6.com ulas ciri-ciri hamil muda yang paling akurat dari berbagai sumber, Kamis (6/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Hamil Muda yang Paling Akurat Ngidam dan Sensitif

Wanita yang ngidam dan sensitif tiba-tiba memang bikin was-was. Apalagi jika kondisi ini terjadi setelah aktif berhubungan badan. Salah satu ciri-ciri hamil muda yang paling akurat adalah ‘ngidam’.

Hal ini bisa menjadi ciri-ciri hamil muda yang paling akurat bisa dibareng ciri-ciri lainnya. Hati-hati terkecoh, wanita yang memasuki masa menstruasi bisa mengalami ngidam dan sensitif. Sensitif sampai bikin mual, PMS juga demikian tandanya.

Sedikit berbeda jika ngidam dan sensitif yang dialami disertai dengan suhu tubuh yang meningkat, ini ciri-ciri hamil muda yang paling akurat. Umumnya ketika pertama kali bangun di pagi hari setelah ovulasi, suhu tubuh akan sedikit meningkat.

Jika suhu tubuh yang dikenal sebagai suhu tubuh basal ini tetap meningkat selama lebih dari dua minggu, hal tersebut merupakan ciri-ciri hamil muda yang paling akurat. Bareng dengan tes kehamilan secara mandiri dan ke dokter kandungan agar lebih akurat.

3 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Hamil Muda yang Paling Akurat Mengalami Keputihan Banyak dan Kram Perut

Keputihan bisa menjadi ciri-ciri hamil muda yang paling akurat. Hal ini wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Keputihan ciri-ciri hamil muda yang paling akurat bentuknya seperti susu, hingga cairan keputihannya tidak encer.

Perbedaan keputihan ciri-ciri hamil muda yang paling akurat dengan keputihan saat periode menstruasi dapat dilihat dari perbedaan volumenya. Volume cairan pada keputihan ciri-ciri hamil muda yang paling akurat lebih banyak. Bahkan jumlahnya dapat bertambah hingga mendekati persalinan.

Walaupun memang keputihan ciri-ciri hamil muda yang paling akurat, tetapi hal ini tetap harus didukung dengan ciri-ciri hamil muda yang paling akurat lainnya. Pada minggu pertama setelah terjadi konsepsi (pertemuan sel telur dan sel sperma) kram perut akan terjadi.

Ciri-ciri hamil muda yang paling akurat ini kebanyakan muncul di atas dua minggu pascamenstruasi terakhir. Kram perut terjadi akibat penempelan hasil konsepsi (embrio) ke dalam dinding rahim, yang disebut dengan implantasi. Ciri-ciri hamil muda yang paling akurat ini cukup jarang disadari banyak orang.

Tak hanya merasa nyeri, ciri-ciri hamil muda yang paling akurat ini biasanya dibarengi dengan perasaan lelah. Lelah termasuk ciri-ciri hamil muda yang paling akurat, kebanyakan wanita mengalami pada bulan pertama kehamilan. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon, kadar gula darah, dan tekanan darah tubuhnya.

4 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Hamil Muda yang Paling Akurat Meriang dan Muncul Flek

Ciri-Ciri Hamil Muda yang Paling Akurat Meriang

Sakit kepala, kembung, dan hidung tersumbat memang identik dengan meriang. Meski begitu kondisi ini bukan semata-mata demikian, wanita harus lebih mewaspadainya apalagi setelah aktif berhubungan badan.

Meriang seperti ini bisa menjadi ciri-ciri hamil muda yang paling akurat. Hal ini masih berkaitan dengan gejolak hormon yang dialami tubuh. Sakit kepala saat hamil terasa sangat berat di minggu-minggu pertama kehamilan, inilah mengapa disebut ciri-ciri hamil muda yang paling akurat.

Tak hanya sakit kepala, tetapi hidung tersumbat akan menyertai ciri-ciri hamil muda yang paling akurat. Kondisi yang dialami mirip dengan flu meski sebenarnya tidak menunjukkan gejala flu sebelumnya. Beberapa ibu ada yang sampai mengalami mimisan karena hidungnya kering.

Perubahan hormon selama awal kehamilan dapat menyebabkan perut merasa kembung. Kembung yang dirasakan sebagai ciri-ciri hamil muda yang paling akurat mirip dengan kembung selama masa menstruasi. Beberapa wanita ada yang mengalami sembelit.

Ciri-Ciri Hamil Muda yang Paling Akurat Muncul Flek

Tak jarang wanita yang mengalami flek karena darah menstruasi masih tersisa dalam rahim. Meski begitu, flek cokelat bisa menjadi ciri-ciri hamil muda yang paling akurat. Umumnya awal kehamilan, wanita mengalami flek karena ada pendarahan implantasi.

Flek ciri-ciri hamil muda yang paling akurat ini muncul bukan karena hubungan seksual satu hari sebelumnya. Bisa jadi, flek muncul karena hubungan seksual 10 hari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena flek atau pendarahan ringan hanya terjadi tepat setelah 10 hingga 14 hari pembuahan.

Flek ciri-ciri hamil muda yang paling akurat normal dikenal sebagai leukorea, tipis, bening, atau putih susu, dan berbau ringan. Volume keluarnya flek akan meningkat sepanjang kehamilan untuk mengurangi risiko infeksi vagina dan rahim. Selama trimester pertama, organ intim dapat mengeluarkan lendir yang lengket, putih, atau kuning.

5 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Hamil Muda yang Paling Akurat Payudara Sensitif dan Sesak Napas

Ciri-Ciri Hamil Muda yang Paling Akurat Payudara Sensitif

Payudara disebut sebagai bagian tubuh pertama yang mendapatkan pesan ketika sperma bertemu sel telur. Payudara sensitif termasuk ciri-ciri hamil muda yang paling akurat dan jarang disadari.

Sebagai ciri-ciri hamil muda yang paling akurat, payudara bisa terasa nyeri saat disentuh, lebih penuh atau lebih berat dari biasanya. Perubahan dari ciri-ciri hamil muda yang paling akurat ini mungkin tidak terasa jauh berbeda dari tanda PMS. Pada PMS perubahan hanya bertahan setelah menstruasi berlalu.

Perubahan ciri-ciri hamil muda yang paling akurat terlihat pada areola (area di sekitar puting susu) yang menjadi lebih gelap. Perubahan ini dapat terjadi satu atau dua minggu setelah pembuahan dan seringkali merupakan ciri-ciri hamil muda yang paling akurat.

Ciri-Ciri Hamil Muda yang Paling Akurat Sesak Napas

Sesak napas wanita sebenarnya bisa terjadi karena banyak hal. Jika membicarakan kesehatan reproduksi, hal ini bisa menjadi ciri-ciri hamil muda yang paling akurat. Hal ini terjadi akibat gejolak hormon progesterone yang menstimulasi otak untuk memberi sinyal pada paru-paru untuk menarik udara lebih banyak.

Sesak napas tidak hanya terjadi sebagai ciri-ciri hamil muda yang paling akurat, tetapi juga di akhir menjelang persalinan. Sesak napas yang terjadi di akhir kehamilan terjadi akibat bentuk janin yang semakin besar. Janin bisa sampai menghalangi paru-paru ibu untuk mengembang secara optimal. 

Beberapa wanita yang belum menginginkan kehamilan, biasanya akan tersugesti. Di antaranya ada yang sering buang air kecil saking parnonya. Meski sering buang air kecil termasuk ciri-ciri hamil muda yang paling akurat juga, tetapi jangan terlalu terkecoh karena sugesti ya!

6 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Hamil Muda yang Paling Akurat Heartburn dan Mood Swing

Hormon mengubah segalanya selama kehamilan, ciri-ciri hamil muda yang paling akurat adalah heartburn. Ini termasuk katup antara perut dan kerongkongan. Daerah ini menjadi rileks selama kehamilan, yang dapat menyebabkan asam lambung bocor ke kerongkongan dan menyebabkan mulas.

Ketika mengalami ciri-ciri hamil muda yang paling akurat ini, perhatikan konsumsi makanan sehari-hari. Ini membuat wanita kerap mual dan mengeluarkan kembali isi perutnya. Cobalah untuk menghindari minuman bersoda, buah jeruk, dan makanan pedas.

Begitu juga hormon akan mudah tiba-tiba berubah ketika hamil. Ciri-ciri hamil muda yang paling akurat ini dapat mempermainkan emosi wanita. Wanita akan merasa luar biasa emosional. Wanita mungkin mengalami perubahan suasana hati. Ini sangat umum selama awal kehamilan sebagai ciri-ciri hamil muda yang paling akurat.

7 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Hamil Muda yang Paling Akurat Telat Datang Bulan dan Morning Sickness

Telat datang bulan merupakan ciri-ciri hamil muda yang paling akurat yang sangat mudah dikenali. Wanita kemungkinan akan melewatkan menstuasinya empat minggu setelah pembuahan.

Setelah implantasi selesai, tubuh akan mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini membantu tubuh menjaga kehamilan. Hormon ini juga memberitahu ovarium untuk berhenti mengeluarkan telur matang setiap bulan.

Morning sickness pun merupakan ciri-ciri hamil muda yang paling akurat yang cukup khas. Meski sebenarnya rata-rata mual di pagi hari di mulai antara minggu keempat dan keenam kehamilan. Mual atau morning sickness bagi banyak wanita adalah ciri-ciri hamil muda yang paling akurat. Morning sickness memengaruhi sekitar 80 persen dari semua wanita hamil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.