Sukses

7 Bahan Alami Untuk Melembabkan Kulit, Bisa Dibuat di Rumah

Bahan alami untuk menjaga kelembaban kulit.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang memiliki kondisi kulit yang kering mungkin menurunkan tingkat kepercayaan diri. Terlebih lagi jika mengalami kulit kering di bagian wajah. Hal ini karena dengan kondisi kulit yang kering, bisa membuat makeup jadi tidak teraplikasikan dengan sempurna.

Dengan kondisi kulit yang kering juga bisa menyebabkan elastisitas kulit menurun sehingga memicu penuaan dini. Selain itu, kondisi kulit yang kering biasanya juga membuat wajah cenderung kusam.

Penyebab kulit kering di antaranya yakni genetik, iklim yang kering, tingkat kelembaban udara yang rendah, tidak cocok dengan produk kecantikan, dan lain sebagainya. Kulit kering merupakan kondisi yang paling banyak dikeluhkan setelah wajah berjerawat.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, hal ini lantaran kini telah ditemukan solusi untuk mengatasi kulit kering dengan bahan yang alami. Berikut ini merupakan bahan alami yang bisa melembabkan wajah dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (21/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bahan Alami Untuk Melembabkan Kulit

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sejak dahulu sudah banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan. Minyak zaitun dipercaya mampu menjadi pelembab alami bagi kulit yang kering. Cara pemakaiannya cukup mudah, yakni hanya membutuhkan beberapa tetes saja dan dipijatkan ke seluruh kulit wajah dan leher. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Yogurt

Selain nikmat untuk dikonsumsi, Yogurt ternyata juga memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit. Selain itu, Yogurt juga punya kemampuan untuk mendinginkan, mengurangi iritasi, serta inflamasi di kulit wajah. Yogurt juga sangat cocok untuk kulit sensitif karena kandungannya yang alami.  Cara pemakaiannya cukup mudah, yakni gunakan Yogurt tawar kemudian oleskan sebagai masker, tunggu hingga kurang lebih 10 menit dan bersihkan dengan air bersih.

3. Air mawar

Air mawar dikenal sebagai salah satu bahan alami yang ampuh untuk melembabkan kulit kering. Dengan rasa dingin yang ditimbulkan oleh air mawar bisa mengembalikan kesegaran wajah sekaligus menjadi relaksasi. Cukup celupkan kapas dengan air mawar dan tempelkan di wajah sebagai masker. 

4. Alpukat

Selain menyehatkan bagi tubuh, buah alpukat juga terkenal dengan teksturnya yang lembut. Lemak nabati pada buah alpukat bisa membuat kulit kenyal dan lembab. Alpukat juga memberi nutrisi mengencangkan kulit. Cukup haluskan dan dibuat masker wajah.

3 dari 5 halaman

Bahan Alami Untuk Melembabkan Kulit

5. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan sangat baik untuk melembabkan kulit. Selain itu, lidah buaya juga cukup mudah ditemukan disekitar rumah. Cara mengaplikasikannya:

- Potong lidah buaya menjadi dua bagian

- Ambil bagian tengah lidah buaya

- Haluskan terlebih dahulu menggunakan blender

- Oleskan pada seluruh permukaan wajah atau kulit yang memerlukan kelembaban

- Diamkan sekitar 10-15 menit

- Bersihkan dengan air hangat

- Kemudian bilas kembali dengan air dingin untuk mengunci pori

 

6. Pisang

Buah pisang juga bisa melembabkan kulit wajah kering. Buah pisang bisa dimakan setiap hari atau dijadikan masker sesekali. Campurkan pisang dengan yogurt untuk masker wajah. Cara mengaplikasikannya:

- Kupas pisang yang sudah masak

- Hancurkan pisang sampai halus

- Oleskan pada permukaan wajah

- Diamkan sampai mengering kurang lebih selama 20 menit

- Bilas dengan air bersih

 

7. Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah untuk melembabkan wajah. Dalam madu, mengandung nutrisi yang bisa menghasilkan kolagen yang membantu mengencangkan kulit. Madu bisa dijadikan masker dengan mencampurkannya dengan sedikit yogurt. Cara mengaplikasikannya:

- Campurkan dua sendok madu murni dan dua sendok garam

- Aduk sampai merata

- Oleskan langsung pada permukaan wajah yang telah dibersihkan sebelumnya

- Tunggu hingga 30 menit atau sampai masker madu mengering

- Bilas dengan air bersih

4 dari 5 halaman

Hal yang harus dilakukan untuk menjaga kelembaban kulit

Selain mengaplikasikan bahan-bahan alami di atas, agar bisa melembabkan kulit dengan sempurna, Anda perlu menghindari hal-hal di bawah ini:

1. Hindari mandi dengan menggunakan air panas

Dilansir dari Mayo Clinic, mandi menggunakan air yang terlalu panas bisa membuat kulit menjadi kering. Hal ini lantaran air yang terlalu panas bisa menghiangkan minyak alami pada kulit yang berfungsi untuk menjaga kelembaban.

2. Jangan mandi terlalu lama

Selain menghindari penggunaan air panas, sebaiknya Anda juga tidak mandi dengan durasi terlalu lama. Hal ini lantaran kulit yang terkena air sabun bisa menjadi lebih kering. Sebaiknya, Anda tidak mandi dengan durasi lebih dari 10 menit. 

3. Keringkan tubuh dengan tepat 

Setelah mandi, segera keringkan tubuh Anda. Jangan biarkan kulit kering akibat air yang menguap di permukaan kulit. Selain itu, pilih juga handuk dengan bahan yang lembut. Handuk yang terlalu kasar bisa merusak lapisan kulit yang terluar sehingga bisa membuat kulit kering dan memicu iritasi. 

4. Konsumsi makanan kaya antioksidan dan omega-3 

Salah satu cara untuk menghindari kulit yang kering adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan omega 3. Ada beberapa makanan yang dapat membantu kulit Anda terlihat lebih sehat, terhindar dari kulit kering. Makanan yang kaya antioksidan dapat meminimalkan kerusakan kulit akibat racun dan membantu tubuh Anda membuat sel-sel sehat.

5 dari 5 halaman

Hal yang harus dilakukan untuk menjaga kelembaban kulit

5. Menggunakan lotion

Setelah selesai mandi, sebaiknya Anda rajin untuk mengoleskan lotion ke kulit Anda. Hal ini lantaran dalam lotion biasanya mengandung berbagai bahan yang dibutuhkan untuk melembabkan kulit.

6. Mengoleskan petroleum jelly 

Bagi Anda yang mengalami kondisi kulit kering yang sudah cukup parah hingga mengalami pecah-pecah, maka sebaiknya mengoleskan petroleum jelly. Hal ini supaya bisa mengembalikan kembali kelembaban kulit. Petroleum jelly alami diperoleh dari pemurnian minyak tanah (petroleum) untuk menghilangkan bau dan mengubah warnanya. Petroleum jelly dapat menjebak kelembaban di dalam kulit. Ini membantu menyembuhkan kulit yang kering dan teriritasi.

7. Minum air mineral yang cukup

Agar menjaga kelembaban kulit, tentu saja harus menjaga kondisi tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Caranya adalah dengan meminum air mineral yang cukup. Minum cukup air putih dapat membuat Anda tetap terhidrasi sehingga kulit akan lebih lembap. Sesuai anjuran, minumlah sekitar 2 liter atau 8 gelas air putih setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini