Sukses

7 Cara Mengusir Tokek dari Rumah Secara Alami, Ampuh dan Efektif

Cara mengusir tokek dari rumah secara alami bisa menggunakan bahan-bahan dapur.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengusir tokek dari rumah secara alami bisa menggunakan bahan-bahan dapur. Walaupun berguna karena memangsa serangga dan laba-laba, tokek dapat menjadi hama di rumah. Jadi, terkadang kamu harus melakukan beberapa langkah untuk menyingkirkan tokek dari rumah.

Mengusir tokek tidak semudah mengusir cicak. Pasalnya, tokek memiliki ukuran tubuh yang besar dan tidak terlalu gesit. Jika seekor tokek sudah merasa betah di sebuah tempat, maka ia bisa menetap di tempat tersebut selama berhari-hari hingga berbulan-bulan. Tokek yang menetap di rumah akan menimbulkan suara yang cukup keras. Belum lagi jika kotoran tokek tersebut mengotori rumah.

Cara mengusir tokek dari rumah secara alami bisa kamu terapkan dengan mudah. Karena bahan-bahannya merupakan bahan dapur yang mudah didapatkan, kamu tidak perlu repot-repot lagi mengusir tokek secara langsung.

Berikut Liputan.com rangkum tentang cara mengusir tokek dari rumah secara alami dari berbagai sumber, Selasa (31/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Menggunakan Kulit Telur

Cara mengusir tokek dari rumah secara alami yang pertama adalah dengan menempatkan sejumlah kulit telur. Ini merupakan cara yang sangat efektif dan murah untuk menakut-nakuti tokek.

Tokek akan melihat kulit telur tersebut dan menganggapnya sebagai predator. Tempatkan dua pecahan kulit telur di sekitar rumah, misalnya di jalan masuk menuju rumah, atau di dapur.  Cukup menempatkan satu pasang pecahan kulit telur di setiap pintu masuk. Tokek yang berjalan ke pintu masuk akan lari ketika melihat kulit telur tersebut.

Selain itu, kulit telur jangan sampai hancur, biarkan tetap berbentuk dua bagian. Agar kulit telur tidak bau, gantilah dengan yang baru setiap 3 hingga 4 minggu sekali.

3 dari 8 halaman

Menggunakan Kopi dan Tembakau

Cara mengusir tokek dari rumah berikutnya adalah dengan membuat bola-bola kecil dari kopi dan tembakau. Buatlah bola-bola kecil menggunakan bubuk kopi yang basah dan bubuk tembakau, kemudian tancapkan di ujung tusuk gigi.

Tempatkan bola ini di tempat yang digunakan tokek untuk bersarang atau di tempat mana pun yang sering dikunjungi tokek, misalnya di jalan masuk rumah. Tokek akan memakan sebagian dari bola tersebut dan mati.

4 dari 8 halaman

Menggunakan Bawang Putih

Selain terasa mengganggu bagi beberapa orang, bau bawang putih yang tajam juga tidak disukai tokek. Tempatkan beberapa siung bawang putih di sekitar pintu masuk rumah agar tokek tidak masuk ke dalam rumah melalui jalan tersebut.

5 dari 8 halaman

Menggunakan Irisan Bawang Merah

Irisan bawang merupakan bahan alami lain yang dapat mengusir tokek. Potong bawang merah menjadi dua bagian dan letakkan di tempat yang biasa digunakan tokek untuk bersembunyi, di tempat yang hangat dan nyaman bagi tokek, atau di dekat pintu masuk menuju rumah.

Aroma bawang merah yang kamu iris akan terasa mengganggu bagi penciuman tokek. Tokek tidak akan betah tinggal di tempat yang beraroma bawang merah.

6 dari 8 halaman

Menggunakan Semprotan Merica di Sekitar Rumah

Cara mengusir tokek dari rumah berikutnya adalah dengan menggunakan semprotan merica. Iritasi yang dirasakan oleh manusia saat terkena semprotan merica sama dengan yang dirasakan oleh tokek.

Campurlah merica dengan air di dalam botol semprot dan semprotkan larutan ini di sekitar rumah, misalnya di bawah kulkas, di belakang sofa, atau pada dinding. Pokoknya di semua tempat yang hangat atau di tempat mana pun kamu pernah melihat tokek.

Kamu juga bisa menggunakan bubuk cabai atau saus tabasco untuk menggantikan merica. Kamu juga harus berhati-hati dengan efek iritasinya pada dirimu jika terlalu berlebihan menyemprot.

7 dari 8 halaman

Menggunakan Kapur Barus

Kapur barus bisa digunakan untuk mengusir ngengat, semut, kecoak, lalat, dan juga tokek. Ini merupakan bahan rumah tangga yang sangat ampuh dan efektif. Tempatkan beberapa kapur barus di bawah kompor, kulkas, atau wastafel untuk mengusir tokek.

8 dari 8 halaman

Memasang Perangkap Lem

Kebanyakan serangga yang dimangsa oleh tokek tertarik dengan cahaya sehingga tokek sering kali berada di area tersebut. Selain bisa menangkap serangga yang menjadi sumber makanan tokek, memasang kertas perangkap lalat di dekat sumber cahaya juga akan menangkap tokek itu sendiri.  

Posisi yang bagus untuk menempatkan kertas perangkap lalat adalah di bagian dalam kap atau tudung lampu. Kamu juga bisa menempatkan papan lem (glue board) atau kartu perekat (sticky card) di dekat jendela atau jalan masuk yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini