Sukses

Pertama di Dunia, Ini 7 Potret Menyeluruh Bangkai Kapal Titanic Secara 3 Dimensi

Penampakan bangkai kapal Titanic secara utuh.

Liputan6.com, Jakarta Kapal Titanic sudah menjadi legenda berkat kisah tenggelamnya pada tahun 1912 silam. Kini bangkai kapal pesiar terbesar pada masanya itu teronggok di kedalaman samudra Atlantik. Berkat kepopulerannya, tak hentinya para peneliti mengungkap temuan demi temuan terbaru dari kapal buatan Britania Raya itu.

Seperti yang tengah jadi sorotan, untuk pertama kalinya, pemindaian berwujud tiga dimensi sukses menguak potret keseluruhan kapal Titanic. Melansir BBC, pada musim panas 2022, Magellan Ltd, sebuah perusahaan pemetaan laut dalam, bekerja sama dengan Atlantic Productions melakukan pemindaian bangkai kapal Titanic secara menyeluruh.

Diharapkan bahwa penemuan ini akan memberikan petunjuk baru tentang apa yang sebenarnya terjadi pada kapal yang tenggelam pada tahun 1912. Lebih dari 1.500 orang tewas ketika kapal tersebut bertabrakan dengan gunung es dalam pelayaran perdananya dari Southampton ke New York.

Parks Stephenson, seorang analis Titanic, mengatakan bahwa model tersebut merupakan "salah satu langkah besar pertama menuju penyelidikan berbasis bukti tentang kisah Titanic, bukan spekulasi.” Berikut Liputan6.com merangkum potret utuh gambar 3 dimensi bangkai Titanic, Kamis (18/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1.Inilah potret haluan bangkai kapal Titanic yang masih dapat langsung dikenali bahkan setelah sekian lama berada di bawah air.

3 dari 8 halaman

2. Pemindaian yang dilakukan Atlantic Production melibatkan 700.000 gambar yang diambil oleh kapal selam

4 dari 8 halaman

3. Penampakan lubang besar di sebelah kanan dek kapal terbuka di tempat tangga besar dulu berdiri

5 dari 8 halaman

4. Tak seperti haluan, Buritan kapal Titanic ini berwujud jalinan baja yang kacau balau hampir hancur berserakan.

6 dari 8 halaman

5. Puing-puing kapal masih tergeletak di dasar laut, terlihat detail pemindaian yang luas ini.

7 dari 8 halaman

6. Terlihat baling-baling kapal Titanic masih masih utuh bahkan pemindaian memperlihatkan detail nomor seri baling-baling raksasa itu.

8 dari 8 halaman

7. Diharapkan bahwa pemindaian tersebut dapat memberikan informasi lebih detail tentang kejadian pada malam Titanic hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.