Sukses

8 Manfaat Kunyit untuk Lambung, Kenali Khasiatnya

Kunyit merupakan rimpang yang kaya khasiat.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kunyit untuk lambung dapat membantu mengatasi gangguan yang terjadi. Kunyit merupakan salah satu jenis rimpang yang kaya khasiat. Manfaat kunyit untuk lambung didapat dari kandungan kurkumin yang bersifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Salah satu manfaat kunyit untuk lambung adalah kemampuannya mengatasi asam lambung naik. Bumbu dapur ini mampu melindungi lambung dari tukak dan peradangan lainnya.

Manfaat kunyit untuk lambung juga membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Manfaat kunyit untuk lambung telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan India. Di Indonesia, manfaat kunyit untuk lambung juga sering dikonsumsi dalam bentuk minuman tradisional.

Berikut manfaat kunyit untuk lambung dan penjelasan ilmiahnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (15/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat kunyit untuk lambung

Antioksidan kuat

Menurut Turmericforhealth, kunyit bertindak sebagai agen antioksidan kuat dengan menetralkan radikal bebas berbahaya yang dihasilkan oleh sel-sel kekebalan sebagai akibat dari reaksi metabolisme normal serta paparan rangsangan eksternal yang berbahaya. Kunyit memiliki sifat anti-oksidan kuat yang melindungi jaringan dari cedera pada GERD dan bisul dengan menangkal stres oksidatif. Oleh karena itu, ia dapat memainkan peran penting dalam mencegah terulangnya kondisi penyakit dan dalam mengurangi gejala yang terkait.

Atasi asam lambung naik

Melansir Medical News Today, manfaat kunyit untuk lambung bisa membantu melindungi sel-sel mukosa di kerongkongan dari kerusakan asam lambung. Efek perlindungan ini disebabkan oleh sifat anti-inflamasi senyawa kurkumin dalam kunyit. Ketika seseorang mengalami refluks asam, isi perutnya, yang meliputi cairan pencernaan, naik kembali ke kerongkongan. Cairan tersebut mengandung asam klorida, yang mengiritasi dan mengobarkan lapisan kerongkongan. Dalam jangka panjang, refluks asam dapat mengakibatkan komplikasi. Kunyit dapat mencegah peradangan dari asam lambung yang naik.

3 dari 6 halaman

Manfaat kunyit untuk lambung

Redakan heartburn

Melansir The Helathy, manfaat kunyit untuk lambung dapat membantu meredakan heartburn. Heartburn merupakan salah satu reaksi dari gangguan pada lambung. Sebuah studi di jurnal Systematic Review menemukan bahwa sukarelawan yang makan satu sendok teh rempah-rempah dua kali sehari membantu fungsi kerongkongan dan usus besar, membantu mereka pulih dari gangguan pencernaan lebih cepat.

Senyawa ampuh dalam kunyit juga meringankan masalah yang mendasari kelebihan produksi asam dan empedu, sehingga meningkatkan manfaat bagi tubuh daripada kondisi yang menyakitkan dan membantu menghasilkan bakteri baik, meminimalkan bakteri jahat, dan meningkatkan kemampuan usus besar untuk menyerap nutrisi bermanfaat.

Melancarkan pencernaan

Menurut The Helathy, karena begitu banyak organ dan fungsi yang terlibat dalam pencernaan, prosesnya dapat dengan mudah terganggu, terutama jika tidak mendapatkan cukup vitamin dan mineral yang diperlukan untuk mendukung organ dan fungsinya. Vitamin, mineral, senyawa anti-inflamasi, antioksidan, dan serat dalam kunyit membantu produksi asam, pergerakan otot, dan penyerapan nutrisi agar segala sesuatunya tetap berjalan seperti seharusnya.

4 dari 6 halaman

Manfaat kunyit untuk lambung

Mengurangi sakit perut ringan

Manfaat kunyit untuk lambung dapat membantu mengatasi sakit perut ringan. Senyawa anti-inflamasi dan antibakteri dalam kunyit dapat membantu mengurangi rasa sakit yang berasal dari lemak atau makanan pedas, alkohol, atau kurang olahraga. Tapi, jika sakit perut bersifat kronis, penting untuk memeriksakannya ke dokter.

Mengurangi gas

Gas dalam saluran pencernaan menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan perut. Untuk menghilangkan perut kembung dengan cepat, kunyit dapat digunakan sebagai obat alami efektif yang tidak hanya mampu mengobati gejala gas tetapi juga masalah yang mendasarinya. Senyawa dalam kunyit membantu pencernaan dan tubuh berhenti memproduksi asam yang menyebabkan perut kembung.

5 dari 6 halaman

Manfaat kunyit untuk lambung

Mengurangi mual

Bahan kimia dalam kunyit yang disebut kurkumin dapat membantu melawan peradangan, bakteri, dan virus di balik rasa mual. Plus, fitokimia, vitamin, dan mineral kunyit bergabung untuk membuat antioksidan yang mendukung kimia otak yang sehat, yang dapat meredakan penyebab mental mual seperti stres dan kecemasan.

Mengurangi radang lambung

Melansir Turmericforhealth, manfaat kunyit untuk lambung adalah agen anti-inflamasi alami yang paling ampuh. Ia bertindak dalam menekan peradangan dengan menghambat produksi dan aktivitas mediator inflamasi dalam tubuh serta meningkatkan sintesis dan aktivitas molekul anti-inflamasi yang secara alami ada dalam tubuh. Peradangan adalah jalur mendasar dalam pengembangan dan perkembangan kondisi seperti GERD, tukak, dan refluks asam.

Sel epitel esofagus memainkan peran penting dalam peradangan esofagus setelah kontak dengan pH asam selama penyakit refluks gastroesofageal (GERD). Kurkumin telah terbukti memiliki kemampuan untuk memblokir stimulasi asam sel epitel di kerongkongan, menghambat sintesis beberapa mediator pro-inflamasi.

6 dari 6 halaman

Penjelasan ilmiah manfaat kunyit untuk lambung

Kunyit dan ekstrak kurkumin keduanya dikatakan memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Karena itu, kunyit dapat meredakan GERD. Namun, penelitian tentang manfaat kunyit untuk lambung masih terbatas. Melansir Healthline, meskipun banyak penelitian telah mengeksplorasi khasiat obat kunyit dan ekstrak kurkuminnya, tidak ada penelitian yang berfokus pada refluks asam atau kondisi lambung.

Kurkumin adalah antioksidan polifenol. Dikatakan memiliki kemampuan antivirus, antibakteri, dan antikanker yang kuat. Kurkumin melindungi usus dari kerusakan dari NSAID dan agen berbahaya lainnya. Ini memiliki peran dalam menjaga bakteri yang terkait dengan tukak, membantu menyembuhkan, dan bekerja secara aktif untuk membunuh sel kanker di usus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.