Sukses

12 Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan, Meningkatkan Sistem Imun

Kacang mete juga mengandung vitamin, mineral, antioksidan, fosfor, dan kalsium yang baik untuk menunjang kesehatan pengonsumsinya.

Liputan6.com, Jakarta Segudang manfaat kacang mete untuk kesehatan berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Menghimpun data dari Data Komposisi Pangan Indonesia (DKPI), dalam 100 gram kacang mete terdapat sejumlah kandungan nutrisi, di antaranya 4,6 gram air, 16,3 gram protein, 0,9 gram serat, 26 miligram natrium dan masih banyak lainnya.

Kacang mete juga mengandung vitamin, mineral, antioksidan, fosfor, dan kalsium yang baik untuk menunjang kesehatan pengonsumsinya. Salah satunya antioksidan yang menjadikan manfaat kacang mete untuk kesehatan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun dan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

Tak hanya itu, manfaat kacang mete untuk kesehatan pun baik untuk kulit, organ jantung, peredaran darah, hingga otak. Merasakan manfaat kacang mete untuk kesehatan bisa dengan mengonsumsinya secara langsung. Pastikan porsinya tidak berlebihan, ya. Berikut Liputan6.com ulas manfaat kacang mete untuk kesehatan dan penjelasannya, Kamis (18/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat kacang mete untuk kesehatan kulit cukup mengagumkan. Kacang mete dapat menghindarkan kulit dari penuaan dini. Manfaat kacang mete untuk kesehatan kulit ini berasal dari kandungan kolagen yang dapat membantu memperbarui sel-sel kulit mati dan melanin.

Kolagen juga yang menjadikan manfaat kacang mete untuk kesehatan dapat mencegah penuaan dini pada kulit dan mejaga kulit tetap elastis. Selain itu, lemak sehat yang terkandung dalam kacang mete menjaga kulit tetap lembap dan mencegah kekeringan kulit yang dapat menyebabkan kulit terkelupas.  

2. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat kacang mete untuk kesehatan dapat menjaga kesehatan otak. Khasiat ini berasal dari kandungan asam lemak sehat di dalamnya. Inilah mengapa manfaat kacang mete untuk kesehatan dapat membantu usaha menjaga kesehatan otak dan meningkatkan fungsinya.

Asam lemak sehat ini dapat membantu otak mengatur suasana hati dan mendukung fungsi kognitif. Itu juga mencegah masalah otak yang berkaitan dengan penuaan, seperti berkurangnya kemampuan mengingat pada lansia.

Manfaat kacang mete untuk kesehatan pun dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif otak. Sekaligus membantu berbagai proses otak mengatur jalur neurotransmitter dan fluiditas membran serta mendukung transmisi sinaptik.

3. Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan ideal bukan lagi impian. Manfaat kacang mete untuk kesehatan dapat membantu menurunkan berat badan, loh. Hal ini disebabkan karena kacang mete kaya kandungan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.

Selain itu, kandungan tersebut dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan membantu seseorang kenyang lebih lama. Kacang mete pun dapat mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit seperti obesitas, diabetes, dan stroke.

4. Melawan Kanker

Ajaibnya manfaat kacang mete untuk kesehatan dapat membantu melawan penyakit kanker. Kacang mete merupakan sumber nutrisi dan antioksidan yang cukup kuat, dapat membantu tubuh memerangi kanker dan berbagai macam penyakit kronis lainnya.

Jenis kacang ini memiliki kandungan antioksidan yang kuat, seperti cardol, cardanols, dan asam anakardat yang dapat melawan kanker dan tumor serta mencegahnya tumbuh dan menyebar. Kacang mete juga dapat membantu mengurangi efek samping kemoterapi.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat kacang mete untuk kesehatan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena kacang mete kaya kandungan seng, baik untuk sistem imun dan ampuh mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit.

Manfaat kacang mete untuk kesehatan ini sekaligus dapat luka sembuh lebih cepat dan pemulihan setelah terkena penyakit. Selain itu, seng baik untuk wanita hamil, membantu janin berkembang lebih baik, dan meningkatkan kekebalan tubuh wanita hamil.

6. Menjaga Kesehatan Mata

manfaat kacang mete untuk kesehatan mata tak perlu diragukan lagi. Dalam artikel yang diterbitkan Health Line, kacang mete mengandung antioksidan berupa zaexanthin dan lutein yang dapat melindungi kerusakan mata. Mengonsumsi secara rutin dapat menghindarkan dari penyakit katarak.

Lutein dan zeacanthin adalah antioksidan penting untuk kesehatan mata. Jika dikonsumsi setiap hari, antioksidan ini bisa menjaga penglihatan yang baik dan menjauhkan infeksi yang bisa kamu dapatkan dari lingkungan. Zeaxanthin juga melindungi retinamu dari sinar UX yang berbahaya.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan Selanjutnya

7. Menjaga Kesehatan Darah

Kacang mete kaya akan zat besi yang membantu pembentukan sel darah merah baru dengan tepat. Inilah mengapa manfaat kacang mete untuk kesehatan darah bisa diandalkan. Tembaga baik dalam kacang mete pun baik menghilangkan radikal bebas dari darah dan tubuh. Mengonsumsinya secara teratur akan membantu membersihkan darah.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Mampu menurunkan risiko penyakit jantung sekaligus selalu menjaga kesehatan jantung merupakan manfaat kacang mete untuk kesehatan. Kacang mete dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh dengan menguatkan kadar kolesterol baik (HDL).

HDL bertanggung jawab menyerap kolesterol dari jantung dan membawanya ke hati untuk diurai atau dipecah. Mengonsumsi kacang mete sesuai porsi yang tepat dapat mengurangi peradangan dan mengurangi tekanan darah tinggi, yang berefek pada meningkatnya kesehatan jantung.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kacang mete untuk kesehatan selanjutnya baik untuk tulang. Hal ini disebabkan karena kacang ini kaya kalsium, magnesium, dan kalium. Semua mineral penting ini membantu memperkuat tulang dan mencegah masalah tulang, seperti osteoporosis dan demineralisasi tulang.

10. Mencegah Anemia

Mencegah masalah anemia bisa mengandalkan manfaat kacang mete untuk kesehatan. Anemia merupakan penyakit yang disebabkan karena kekurangan darah. Penderita anemia biasanya akan mengalami gejala wajah pucat dan badan terasa lemas.

Dalam artikel yang diterbitkan Health Line, kacang mete mengandung zat besi yang mampu meningkatkan kinerja tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Sehingga hal ini dapat mencegah penyakit anemia. Selain itu, kandungan ini juga berfungsi efektif menjaga kesehatan saraf.

11. Mencegah Batu Empedu

Manfaat kacang mete untuk kesehatan lainnya dapat mencegah batu empedu. Kacang mete mengandung kalium, folat, vitamin yang dapat menurunkan kolesterol yang sering menyebabkan batu empedu. Sehingga seseorang yang rutin mengonsumsi kacang mete memiliki risiko rendah terkena batu empedu.

12. Menjaga Kesehatan Gigi

Tak hanya rajin membersihkan gigi yang bisa menjaga kesehatan gigi. Mengandalkan manfaat kacang mete untuk kesehatan juga salah satunya. Salah satu senyawa yang paling luar biasa dalam kacang mete adalah asam anakardat. Asam ini mampu membunuh bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.