Sukses

Bukan Bensin, Pria Ini Ciptakan Sepeda Motor Berbahan Bakar Bir

Motor berbahan bakar bir melaju 150 mil per jam.

Liputan6.com, Jakarta Dunia otomotif tiada habisnya melahirkan inovasi. Usai bahan bakar solar dan bensin hingga listrik, kini seorang pria berhasil membuat sepeda motor dengan mesinnya yang bertenaga minuman bir. Minuman beralkohol berjenis bir menjadi bahan utama menjalankan motor ciptaan pria bernama Michaelson itu.

Michaelson, juga dikenal sebagai "The Rocketman," memang dikenal karena pemikirannya yang anti mainstream. Alih-alih mesin gas tradisional, sepeda motor Michaelson ditenagai oleh tong 14 galon atau setara dengan 54 liter berisi bir. Proses pemanasan oleh koil di dalamnya membuat mesin motor ciptaan pria asal Minnesota itu berfungsi.

Melansir dari YouTube Fox 9, Michaelson dan putranya Buddy menggarap motor bertenaga bir itu. Keduanya sengaja memilih bir sebagai bahan bakar motor karena belum pernah ada karya seperti itu sebelumnya.

“Saya suka menjadi sangat kreatif, melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan orang lain di masa lalu,” kata Michaelson.

Michaelson menghasilkan banyak karya otomotif yang unik. Mulai dari toilet bertenaga roket hingga teko kopi bertenaga jet yang unik. Hasil kreasinya memenuhi ruangan rumah jadi semacam museum. Seperti apa cara kerja motor bertenaga bir ini?

Berikut Liputan6.com merangkum penemuan sepeda motor berbahan bir melansir dari berbagai sumber, Selasa (16/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Inovasi Datang Imbas Harga BBM Naik

Meningkatnya kepedulian terhadap perubahan iklim dan dorongan terhadap sumber energi alternatif, sepeda motor bertenaga bir Michaelson adalah solusi yang unik dan inovatif. Tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga menunjukkan kemungkinan menggunakan sumber yang tidak konvensional sebagai bahan bakar.

"Harga BBM naik di sana. Saya tidak minum. Saya bukan peminum, jadi saya tidak bisa memikirkan cara yang lebih baik selain menggunakannya untuk bahan bakar," kata Michaelson kepada KMSP- TV.

Putra Michaelson, Buddy, mengatakan sepeda motor itu bisa diadaptasi untuk bisa berjalan dengan berbagai jenis minuman. Namun mereka tetap memilih bir jadi bahan bakar utama.

"Bisa berupa cairan apa saja. Bisa jadi Red Bull. Bisa jadi Caribou Coffee. Bisa apa saja. Tapi bir. Mengapa tidak," kata Buddy Michaelson.

Ayah dan anak itu mengatakan sepeda motor itu pada akhirnya akan pensiun dan memiliki rumah permanen di museum penemuan di rumah Michaelson

3 dari 3 halaman

Bahan Bakar Bir Membuat Motor Melaju Sampai 150 Mil Per Jam

Michaelson mengatakan,sepeda motor bertenaga bir yang dia buat di garasi Bloomington miliknya ditenagai oleh tong 14 galon berisi bir. Cara kerjanya bir akan dipanaskan oleh koil di dalamnya. Michaelson percaya bahwa sepedanya dapat mencapai kecepatan hingga 150 mil per jam.

Kumparan memanaskan bir hingga 300 derajat, yang kemudian menjadi uap super panas di nosel yang mendorong sepeda ke depan. Dia mengatakan dia berharap untuk membawa motornya ke drag strip dalam waktu dekat untuk menguji kemampuannya.

Sepeda motor Michaelson bukan hanya prestasi teknik tetapi juga bukti kreativitas dan kecerdasan pikiran manusia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.