Sukses

Suku adalah Golongan Bangsa Sebagai Bagian dari Bangsa yang Besar, Kenali Macam-macamnya

Suku adalah suatu identitas yang berkaitan dengan asal usul seseorang dan kebudayaan yang dekat dengan daerah tinggalnya.

Liputan6.com, Jakarta Suku adalah suatu hal yang berkaitan dengan kesadaran seseorang akan identitasnya. Hal ini menjadi pembeda seseorang dengan orang lain, terutama berkaitan dengan asal-usulnya. Suku bangsa merupakan bentuk keterikatan identitas seseorang pada suatu kesatuan budaya.

Suku adalah suatu identitas yang berkaitan dengan asal usul seseorang dan kebudayaan yang dekat dengan daerah tinggalnya. Di Indonesia, kamu akan mengenal banyak sekali suku yang mendiaminya. Hal ini disebabkan berbagai faktor, seperti kondisi geografis, bentang alam pulau-pulau di Indonesia, dan lain sebagainya.

Macam-macam suku di Indonesia tersebar dari pulau Sumatera hingga Papua. Tentunya kamu sudah mengenal suku Minangkabau, Sunda, Dayak, Bugis, Sasak, hingga Asmat. Indonesia memiliki beragam suku di setiap pulaunya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/12/2021) tentang suku.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Suku adalah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, suku adalah pembeda dan berkaitan dengan kesadaran seseorang terhadap identitasnya. Suku adalah bentuk keterikatan identitas seseorang pada suatu kesatuan budaya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), suku adalah golongan bangsa sebagai bagian dari bangsa yang besar. Suku adalah golongan orang-orang (keluarga) yang seturunan. Kamu tentunya sudah tidak asing lagi mendengar suku Jawa, Sunda, Betawi, Melayu, Batak, Minang, Dayak, Sasak, Asmat, dan lain sebagainya.

Suku adalah sebuah identitas yang berkaitan dengan asal usul tempat manusia dan kebudayaan yang dekat dengan daerah tinggalnya. Suku adalah bagian dari kelompok sosial dalam sistem sosial karena garis keturunan, adat, agama, bahasa, tradisi, dan lain sebagainya.

Hasil alam, bahasa, agama, kepercayaan, dan adat istiadat menjadi bagian dari asal muasal suku bangsa di Indonesia. Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa, lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa di Tanah Air menurut sensus BPS tahun 2010.

Pembagian kelompok suku di Indonesia tidak mutlak dan tidak jelas, hal ini akibat dari perpindahan penduduk, bercampurnya budaya, dan saling memengaruhi satu sama lain. Di Indonesia, suku Jawa adalah kelompok terbesar dengan jumlah yang mencapai 41% dari total populasi.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Suku di Indonesia

Di Indonesia, macam-macam suku adalah sebagai berikut:

- Suku Batak. Suku batak adalah macam suku di Indonesia yang berasal dari kawasan Sumatera Utara. Beberapa suku bangsa yang termasuk atau dikategorikan sebagai batak adalah Batak Karo, Batak Toba, Batak Simalungan, Batak Pakpak, Batak Angkola, serta Batak Mandailing.

- Suku Minangkabau. Suku Minangkabau adalah suku yang tinggal di kawasan Provinsi Sumatera Barat. Suku Minangkabau sering pula disebut sebagai suku Minang yang memiliki sistem kekerabatan matrilineal.

- Suku Melayu. Suku Melayu dikenal sebagai salah satu suku yang berada di kawasan Provinsi Bangka Belitung selain dari pada suku-suku lainnya, seperti halnya suku Jawa, Bugis, Sunda, Banten, Madura, Banjar, Minang, Palembang, Flores, Aceh, Manado, serta Maluku.

- Suku Betawi. Betawi adalah salah satu suku yang berada di kawasan DKI Jakarta, selain dari pada suku Sunda dan juga Jawa. suku Betawi dikenal dengan ondel-ondelnya yang sangat populer.

- Suku Sunda. Suku Sunda adalah salah satu suku yang berada di Provinsi Jawa Barat, yang juga dikenal sebagai suku terbesar kedua di Indonesia setelah suku Jawa. Suku Sunda juga dikenal dengan alat musik yang dimilikinya yang dikenal dengan nama angklung.

- Suku Jawa. Suku jawa adalah suku terbesar yang ada di Indonesia yang berasal dari kawasan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

- Suku Madura. Suku Madura dikenal sebagai macam suku di Indonesia yang menghuni kawasan Jawa Timur. Namun selain suku Madura ada pula suku lainnya, seperti Suku Osing, atau pun Tengger. Untuk suku Madura ini sendiri dikenal sebagai etnis yang memiliki populasi cukup besar.

- Suku Dayak. Suku Dayak adalah salah satu suku yang berasal dari pulau di Kalimantan. Namun selain suku dayak, Kalimantan Barat juga dikenal dengan beragam jenis suku bangsa lainnya.

- Suku Banjar. Banjar adalah salah satu suku di Indonesia yang berada di kawasan Provinsi Kalimantan Selatan. Suku Banjar sendiri dikenal dengan jumlah penduduknya yang mencapai angka 4, 1 juta jiwa.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Suku di Indonesia

- Suku Bugis. Suku Bugis adalah suku bangsa yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, di kawasan tersebut juga terdapat beberapa suku lainnya, seperti halnya Suku Toraja, Suku Mandar, Suku Sa’dan, dan Suku Makassar.

- Suku Makassar. Suku Makassar dikenal sebagai etnis melayu yang berada di kawasan pesisir selatan dari pulau Sulawesi.

- Suku Bali. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, suku ini menghuni provinsi Bali dan juga terbagi menjadi dua macam suku berbeda yaitu suku Bali Aga serta Bali Majapahit.

- Suku Sasak. Suku sasak adalah salah satu suku yang tinggal di kawasan Nusa Tenggara Barat. Suku sasak dikenal dengan nama yang berasal dari kata sak-sak, kata sak-sak ini memiliki arti sampan.

- Suku Ambon. Suku Ambon mendiami pulau Maluku. Suku ini dikenal aktif melaut karena kondisi geografis di wilayah Maluku berupa kepulauan. Suku Ambon terkenal juga dengan alat musiknya yang mirip dengan gendang yang bernama tifa.

- Suku Buru. Suku ini sebagian besar tinggal di Pulau Buru. Selain sebagai Suku Buru, mereka juga sering menyebut dirinya sebagai gebfuka ataupun gebemiliar. Julukan tersebut mempunyai makna dan arti tertentu yaitu orang dunia ataupun orang tanah.

- Suku Asmat. Salah satu suku di Indonesia selanjutnya yaitu Suku Asmat yang dikenal sebagai suku yang ahli dan pintar dalam berburu di hutan. Kehidupan Suku Asmat masih jauh dari jangkauan luar. Populasi Suku Asmat terbagi ke dalam dua bagian yaitu mereka yang tinggal di pesisir pantai, dan mereka yang tinggal di pedalaman. Walaupun terlihat sama, ternyata kedua populasi Suku Asmat memiliki cara hidup, dialek, dan struktur sosial yang berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.