Sukses

Film Animasi Pria Sholeh, Mengenalkan Agama pada Anak dengan Cara Menyenangkan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan orang tua untuk menanamkan nilai agama kepada anak, salah satunya dengan mengajak mereka menonton film animasi pria sholeh.

Liputan6.com, Jakarta Menanamkan nilai-nilai agama Islam sejak anak usia dini sangat penting untuk dilakukan oleh orang tua muslim. Apalagi seiring perkembangan teknologi seperti saat ini, ada banyak cara menyenangkan yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menanamkan nilai agama kepada anak, salah satunya dengan mengajak mereka menonton film animasi pria sholeh.

Film animasi atau kartun bertema Islam ini tentu menjadi sarana yang menyenangkan bagi anak untuk belajar tentang nilai-nilai agama. Sebab, dengan menonton film animasi pria sholeh atau film kartun muslim, selain mendapat pelajaran berharga, anak juga akan terhibur.

Saat ini sudah banyak sekali film animasi pria sholeh yang bisa ditonton dan bisa menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai agama Islam. Sebagian film animasi muslim ini ada yang menceritakan sejarah perjuangan para nabi dan sahabat Nabi Muhammad SAW dalam menegakkan perintah Allah SWT.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (12/5/2023), berikut adalah sejumlah rekomendasi film animasi pria sholeh atau film animasi muslim, yang bisa dijadikan sarana untuk mengenalkan ajaran agama Islam pada anak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Muhammad: The Last Prophet (2022)

Muhammad: The Last Prophet merupakan salah satu film animasi pria sholeh yang tayang pertama kali pada tahun 2002. Meski sudah tayang sudah cukup lama, namun film ini tetap menarik untuk disimak.

Film animasi pria sholeh ini bercerita tentang tahun-tahun pertama Muhammad sebagai nabi dimulai dengan permulaan Islam di Mekkah, berpindah ke ke Madinah, hingga berakhir dengan kembalinya kemenangan umat Islam ke Mekah. Sejumlah peristiwa krusial, seperti Perang Badar, Perang Uhud, Perang Parit, dan Penaklukan Mekkah digambarkan dalam film ini.

Sesuai dengan hukum dan tradisi Islam, Muhammad dan empat khalifah pertama yaitu, Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali tidak digambarkan dalam film atau prekuelnya. Adegan yang menyertakan Muhammad ditampilkan dari sudut pandang orang ketiga dengan kata-katanya diparafrasekan oleh narator pada film.

Selain itu, semua karakter seperti tokoh utama Malek dan anggota keluarganya yang lain, adalah fiksi. Film ini telah di-dubbing ke dalam beberapa bahasa termasuk Arab, Prancis, Turki, dan Melayu. Dan jadi film kartun tentang Islam yang baik ditonton untuk anak-anak.

3 dari 5 halaman

2. Fatih Sultan Muhammad (1983)

Film animasi pria holeh yang satu ini memang sudah cukup lama tayang. Meski demikian Fatih Sultan Muhammad tetap menjadi film yang layak untuk ditonton sebagai sarana mengajarkan nilai-nilai kebaikan dalam Islam.

Film animasi pria sholeh ini menceritakan tentang tokoh muslim terkenal dari Turki yaitu, Mehmed II atau dikenal dengan nama Muhammad Al Fatih.

Diceritakan bahwa, Mehmed II naik tahta Kekaisaran Ottoman dan berusaha untuk membuktikan ramalan tentang penaklukan Konstantinopel yang dikuasai oleh umat Kristen. Kisah perjuangan Muhammad Al Fatih ini akan patut jadi tontonan anak untuk memberikan rasa cinta pada agama.

3. The Jar: A Tale From The Past

The Jar: A Tale From The Past merupakan salah satu film animasi pria sholeh yang juga menceritakan nilai-nilai Islam. Cerita film animasi pria sholeh ini diambil dari kisah nyata yang terjadi pada lebih dari 1400 tahun lalu, pada permulaan Islam mulai tersebar. Kisah ini merupakan pertarungan antara yang baik dan yang jahat.

Sebuah keluarga miskin menemukan harta karun di dalam toples. Mereka hendak mengembalikannya, namun selalu dihalangi oleh tetangga yang serakah karena ia juga menginginkannya. Apakah keluarga sederhana ini berhasil mengembalikan harta karun kepada pemiliknya?

4 dari 5 halaman

4. Bilal: A New Breed of Hera (2015)

Bilal: A New Bree of Hera merupakan filim animasi priasholeh yang lumayan baru, karena tayang perdana pada 2015. Film animasi pria sholeh ini bercerita tentang sosok sahabat Nabi Muhammad SAW, Bilal bin Rabah, seorang kulit hitam yang keluarganya dibantai oleh pasukan kegelapan.

Dalam pembantaian tersebut, sang ibu di bunuh dan sang adik di culik. Ia berpisah dengan sang adik dan menjadi seorang budak. Bilal tak pernah melupakan hari tersebut, dan mimpi buruknya akan terus menghantui selama bertahun-tahun. Namun gema suara ibunya yang lembut selalu mengingatkannya bahwa untuk membebaskan diri, dia harus menentukan nasibnya sendiri.

Kisah inspirasi Bilal yang pantang menyerah untuk mencari sang adik dan mencari kebebasan untuk mendapatkan haknya sebagai manusia. Hingga kisah Bilal yang berjuang bersama Rasulullah dalam membela ajaran Islam, dan ikut berjuang dalam berperang akan menjadikan film BILAL: A NEW BREED OF HERO ini sayang untuk dilewatkan.

5. Joseph: King Of Dreams (2000)

Joseph: King of Dream merupakan film animasi pria sholeh yang bercerita tentang Nabi Yusuf AS, yang harus mengalami banyak hal pahit karena kecemburuan saudaranya, disebabkan ia lebih disayang oleh ayahnya daripada anak-anak yang lain.

Saudara-saudaranya menjual Yusuf sebagai budak. Sampai akhirnya Yusuf menjadi orang kepercayaan raja, dan dia pun akhirnya berhasil bertemu dengan saudara-saudaranya setelah sekian lama berpisah. Dalam film ini sosok Yusuf juga digambarkan memiliki karakter yang berbudi luhur dan memaafkan kesalahan saudara-saudaranya.

5 dari 5 halaman

6. Nussa (2021)

Rekomendasi film animasi pria sholeh lainnya adalah Nussa. Film animasi pria sholeh yang tayang perdana pada 14 Oktober 2021 ini bercerita tentang seorang bocah laki-laki bernama Nusa. Nusa adalah sosok bocah yang dibesarkan dengan nilai-nilai islami, dikenal pintar dan saleh. Suatu hari Nusa hendak mengikuti perlombaan sains di sekolah. Namun dia harus berhadapan dengan murid baru bernama Joni.

Pertemuan Nusa dengan Joni menumbuhkan konflik pada diri Nusa yang masih berusia 9 tahun. Cocok ditonton bareng anak atau keponakan. Dan menjadi sebuah film religi yang sayang untuk kalian lewatkan bersama dengan anak-anak tercinta.

Itulah beberapa daftar film kartun tentang Islam yang bisa KLovers pilih. Ada banyak sekali film kartun tentang Islam yang memberikan pesan moral hingga motivasi baik bagi anak.

7. Riko The Series

Film animasi pria sholeh ini merupakan karya dari Teuku Wisnu, Arie Untung dan Yuda Wirafianto. Riko The Series menceritakan tentang kisah Riko, Kak Wulan, Ayah, Bunda, dan Qiio, sebuah robot kecil yang menemani Riko.

Bersama mereka, si kecil akan mendapatkan teladan yang baik untuk menjadi seorang muslim. Kamu akan melihat kebiasaan baik dari keluarga ini misalnya mengucapkan “alhamdulillah” saat mendapatkan rezeki.

8. Adit & Sopo Jarwo

Film animasi pria sholeh ini sempat tayang di salah satu TV nasional. Film kartun yang satu ini memang bukan kartun dengan nuansa islami yang kental. Namun, kamu akan melihat nilai keberagaman dan kebersamaan yang bisa kamu ajarkan pada si kecil sejak dini.

Tak hanya kebersamaan, kartun Adit & Sopo Jarwo juga memiliki tokoh Pak Haji yang bisa memberikan nasihat-nasihat yang baik bagi Adit dan warga di sekitar kampung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.