Sukses

Chill Adalah Santai, Ketahui Makna dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Chill sendiri merupakan bahasa gaul yang berasal dari bahasa Inggris. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, chill mengandung arti “santai” dan “dingin”.

Liputan6.com, Jakarta Kata chill sering kali kita temui pada media sosial. Bahkan kata ini kerap kali muncul dalam percakapan sehari-hari oleh anak millenial. Tidak jarang juga kata ini dijadikan caption di media sosial.

Chill sendiri merupakan bahasa gaul yang berasal dari bahasa Inggris. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, chill mengandung arti “santai” dan “dingin”. Dengan kata lain, istilah chill bisa dibilang sebagai menggambarkan kondisi seseorang. 

Kendati demikian, kata chill dalam percakapan sehari-hari mengandung arti yang lebih luas. Istilah chill sebagai kata yang populer, memiliki makna tergantung dengan konteks kalimat yang sedang dibicarakan.

Berikut ini ulasan mengenai makna chill dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (26/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makna Kata Chill

Secara umum seperti yang dikatakan di awal, kata chill mengandung banyak makna. Chill adalah sensasi dingin disertai menggigil karena sakit. Misalnya, kalimat “He had caught a chill that night, and was now down with a fever” yang artinya “Dia kedinginan malam itu, dan sekarang demam”.

Di samping itu, kata chill juga bisa mengandung arti merinding. Contohnya adalah kalimat “a song so beautiful it gives me chills” yang dalam bahasa Indonesia berarti “lagu yang sangat indah membuatku merinding.”

3 dari 4 halaman

Penerapan Istilah Chill

1. Bahasa Gaul

Dalam bahasa gaul, kata chill dapat didefinisikan menjadi beberapa arti, di antaranya:

a. Keren

Mengutip situs Online Slang Dictionary, arti chill mengacu pada sesuatu yang keren atau hebat. Beberapa contoh kalimatnya sebagai berikut:

- My boyfriend’s new Mustang is way chill (Mustang baru milik pacar Saya sangat keren).

- She is a chill teacher (Dia adalah guru yang keren).

b. Baik-baik Saja

Kata chill dapat digunakan untuk menyatakan kondisi baik-baik saja. Contoh penerapannya sebagai berikut:

- Don’t worry about me, I’m chill (Jangan mengkhawatirkan saya, saya tidak apa-apa).

c. Santai

Kata chill mengandung arti “santai”. Kata ini bisa digunakan untuk menenangkan diri. Contoh penerapannya sebagai berikut:

- Dude, just chill (Bung, santai aja).

2. Arti Chill Out

Selain chill, kata chill out juga kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari. Pada dasarnya, chill dan chill out memiliki arti yang tidak jauh berbeda. Chill merupakan bentuk noun atau kata benda, sedangkan chill out adalah bentuk kata keterangan.

Mengutip buku Simple and Cool Daily English Conversation: Memahami Bahasa Inggris Slang Sesuai Grammar karya Rati Pramita (2017), chill out artinya santai atau menenangkan pikiran. Chill out juga memiliki arti yang sama dengan “stay calm” atau “take it easy” yang artinya meminta seseorang untuk lebih rileks. Contoh penerapannya, yaitu:

a. Oh, come on, she’s joking, just chill out (Ayolah, dia hanya bercanda, santai saja).

b. She’s chilling out after final exam (Dia bersantai setelah ujian akhir).

4 dari 4 halaman

Istilah Gaul Lainnya

1. Gaje adalah singkatan gaul istilah dari gak jelas atau enggak jelas. Kata ini digunakan saat seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

2. Gercep adalah singkatan gaul istilah dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran kepada seseorang untuk bisa bergerak lebih cepat saat melakukan sesuatu hal.

3. Halu adalah singkatan gaul istilah dari halusinasi. Istilah yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi.

4. OOTD adalah singkatan gaul istilah dari Outfit of The Day. Kata ini menjelaskan apa paduan pakaian satu badan yang digunakan hari ini di unggahan media sosial.

5. OTW adalah singkatan gaul istilah dari On The Way, yang bisa digambarkan dalam bahasa Indonesia adalah sedang di jalan atau perjalanan.

6. OMG adalah singkatan gaul istilah dari Oh My God atau artinya Ya Tuhan.

7. PAP adalah singkatan gaul istilah dari Post a Picture.

8. XOXO adalah singkatan gaul istilah dari Hugs and Kisses atau artinya peluk dan cium.

9. Japri adalah singkatan gaul istilah dari jalur pribadi.

10. Komuk adalah singkatan gaul istilah dari kondisi muka.

11. Mager adalah singkatan gaul istilah dari malas gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

12. Mantul adalah singkatan gaul istilah dari mantap betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

13. Pansos adalah singkatan gaul istilah dari panjat sosial. Pansos digunakan kepada orang-orang yang suka mencari perhatian publik, terutama di media sosial.

14. AFK adalah singkatan gaul istilah dari Away From Keyboard. Istilah digunakan bagi para pemain mobile gaming.

15. Baper adalah singkatan gaul istilah dari bawa perasaan. Istilah gaul baper ini lebih merujuk pada seseorang yang segala ucapan dan tindakan orang lain dimasukkan ke hati.

16. DM adalah singkatan gaul istilah dari Direct Message. DM adalah fitur pesan yang dikirim langsung di aplikasi Instagram dan Twitter.

17. DIY adalah singkatan gaul istilah dari Do It Yourself, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah lakukan sendiri atau sesuai keinginanmu.

18. GWS adalah singkatan gaul istilah dari Get Well Soon, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah semoga cepat sembuh.

19. Kepo adalah singkatan gaul istilah dari Knowing Every Particular Object. Istilah ini ditunjukkan bagi orang yang serba-ingin tahu.

20. LOL adalah singkatan gaul istilah dari Laugh Out Loud, yang bisa digambarkan dalam bahasa Indonesia adalah tertawa terbahak-bahak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.