Sukses

16 Jenis Jenis Hiasan Akuarium yang Paling Diminati Beserta Harganya

ada beberapa jenis-jenis hiasan akuarium mulai dari low budget hingga budget yang lumayan yang menguras kantong.

Liputan6.com, Jakarta Hobi memelihara ikan di akuarium adalah kesenangan pribadi yang seringkali dihubungkan dengan kreativitas di mana dibutuhkan ide untuk menghiasnya dan membuat tampilan akuarium tampak lebih menarik dan menyegarkan.

Hiasan akuarium mini sangat banyak variasinya. Kreativitas tanpa batas dari hiasan akuarium juga berarti Anda bisa punya banyak kebebasan memilih jenis-jenis hiasan akuarium sesuai kondisi kantong Anda.

Jadi tidak perlu putus asa duluan, Anda hanya perlu mencari jenis-jenis hiasan akuarium yang murah namun tetap cantik dan indah jika ditata di akuarium Anda. Selain itu, Anda juga harus bisa memilih hiasan yang tepat untuk akuarium Anda agar ikan yang hidup dalam akuarium tersebut tidak terganggu.

Berikut ini ada jenis-jenis hiasan akuarium yang paling diminati para pecinta ikan hias akuarium, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (8/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macam-macam Hiasan Akuarium

1. Driftwood Artifisial yang Adem

Jenis-jenis hiasan akuarium yang pertama adalah driftwood. Hiasan akuarium dari bahan kayu driftwood merupakan aksesoris dari kayu alami yang sudah berlubang, membusuk dan sering ditemukan di alam bebas seperti taman ataupun tepi pantai. Karena kepadatan dan bobotnya yang cukup signifikan, hiasan akuarium driftwood sering ditempatkan di dasar akuarium dengan baik dan tidak mengapung ataupun membusuk.

Hiasan akuarium yang satu ini juga sudah tersedia di penyedia bahan-bahan pemeliharaan ikan dan dijual dalam berbagai variasi bentuk yang indah. Hiasan akuarium driftwood biasa dipasang dengan selang sebagai suplai oksigen untuk ikan di dalam aquarium. Jadi, posisinya sangat cocok untuk menyembunyikan kabel oksigen di tengah-tengah akuarium. Nah, untuk solusi murahnya, Anda boleh memilih hiasan akuarium driftwood artifisial dari plastik atau bahan campuran lainnya. Selain lebih terjangkau, hiasan akuarium driftwood juga tidak mudah tersumbat air atau ditumbuhi lumut. Hiasan akuarium sintetis ini rata-rata aman sepanjang ikan peliharaan Anda tidak suka memakan dari hiasan driftwood itu sendiri.

2. Batu Hiasan Akuarium dari Bahan Keramik

Jenis-jenis hiasan akuarium yang selanjutnya adalah batu hiasan akuarium dari bahan keramik. Kehadiran bebatuan akuarium memiliki manfaat yang cukup tinggi, yaitu sebagai anti stres untuk ikan. Oleh karena itu, Anda harus pintar menyiasati hiasan akuarium ini dari segi budget, yaitu dengan cara mengganti dengan hiasan akuarium batu dari bahan plastik atau keramik. Hiasan akuarium dari kedua bahan tersebut biasanya dijual dengan harga yang lebih rendah.

3. Hutan Kecil Di Bawah Air

Jenis-jenis hiasan akuarium yang selanjutnya adalah hutan kecil di bawah air. Hiasan akuarium yang bertema hutan hijau juga bisa didapatkan dengan cara mencampur berbagai material. Pilih beberapa tanaman seperti lumut Jawa atau tanaman pakis yang umumnya minim perawatan dan tahan lama. Kombinasikan dengan hiasan akuarium hijau dari bahan plastik, tapi pastikan dulu kalau seluruh hiasan akuarium hijau dari plastik ini bebas dari bahan dan kandungan kimia.

4. Hiasan Akuarium dari Laci Dapur Rumah Anda

Jenis-jenis hiasan akuarium yang selanjutnya adalah hiasan akuarium dari laci. Peralatan dapur dari bahan alami, seperti keramik, tanah liat, atau kaca adalah hiasan akuarium yang cocok baik dari segi bahan yang aman, dekorasi yang cukup indah dan juga bobot yang pas supaya tidak terapung. Pilih cangkir kecil minum teh yang antik, wadah kaca kecil, atau teko liat kecil yang unik, sampai mangkok sambal yang cocok jadi tempat nyantai untuk si ikan kesayangan. Dengan kreativitas Anda mengolah pernak-pernik dapur yang lucu, Anda bisa mendapatkan sebuah wadah akuarium lengkap dengan hiasan aquarium yang lucu dan lain daripada yang lain.

5. Poster Background Akuarium

Jenis-jenis hiasan akuarium yang selanjutnya adalah poster background akuarium. Ini adalah salah satu cara memperindah akuarium secara praktis, efisien dan tentu saja efektif. Jika memutuskan untuk mencetak background sendiri, pastikan Anda menggunakan kertas berbahan glossy yang lebih tebal. Jangan lupa memastikan hasil cetakannya tajam dan indah supaya bagus kala sudah dipasang. Tempel pada bagian belakang kaca akuarium dengan lem dan akuarium Anda pun siap tampil lebih bagus

 

3 dari 4 halaman

Macam-macam Hiasan Akuarium

6. Aksesoris Batu Keramik

Jenis-jenis hiasan akuarium yang selanjutnya adalah batu keramik. Hiasan akuarium ada juga yang terbuat dari bahan keramik. Hiasan dari bahan ini umumnya dibanderol dengan harga yang terjangkau juga. Bentuk dari hiasan bahan keramik begitu beragam dan lebih indah. Bebatuan akuarium dari keramik memiliki kelebihan tersendiri, di mana hiasan tersebut bisa menjadi alat antistres untuk ikan.

7. JIRIFARM Batu Koral Bengkulu Dekorasi Akuarium

JIRIFARM Batu Koral Bengkulu Dekorasi Akuarium ini adalah hiasan akuarium yang wajib Anda miliki. Batuan koral yang satu ini asalnya dari lautan. Dengan warna abu-abu yang jelas unik, batuan ini akan bisa memberikan nuansa yang sangat berbeda pada akuarium. Pasang saja di dasar akuarium agar akuarium terkesan luas. Produk ini memiliki ukuran 3 hingga 5 cm. Dengan harga sebesar Rp 13.000.

8. LGS Tanaman Aquascape

Jenis-jenis hiasan akuarium yang selanjutnya adalah tanaman aquascape. Selain bisa dipakai untuk dekorasi akuarium supaya lebih asri dan hijau, tanaman juga cocok untuk menjadi tempat bersembunyi ikan. Ragam dari tanaman aquascape sangat banyak. Tanaman jenis ini akan tumbuh baik jika didukung karbondioksida, pencahayaan, suhu, dan pH tertentu untuk mendukung proses fotosintesis. LGS Tanaman Aquascape ini bisa jadi pilihan Anda. Tanaman ini bikin akuarium Anda lebih segar dan hijau. Tanaman ini mudah dirawat dan juga tidak butuh perhatian khusus. Dengan harga sebesar Rp 180.000.

9. Akar Bonsai Senggani Aquascape

Kayu dalam aquascape berfungsi untuk media tumbuh beberapa jenis tanaman air dan aksesori supaya akuarium jadi lebih indah. Kayu senggani memiliki bentuk bercabang dan ramping. Kayu jenis ini banyak ditemukan di lereng gunung, semak belukar, tebing, atau sungai. Jenis kayu ini pastinya akan mempercantik akuarium Anda. Akar Bonsai Senggani Aquascape ini bisa jadi pilihan Anda. Ukurannya tidak sebesar kayu rasamala namun tetap bisa mempercantik ruang akuarium. Akar ini sudah ditumbuhi lumut sehingga akuarium makin terlihat natural. Anda bisa membelinya dengan harga Rp 20.000

10. Lava Rock Aquascape

Lava rock merupakan media lingkungan hidup yang ideal untuk akuarium. Ini karena dalam lava rock terdapat bakteri denitrifikasi yang menguntungkan. Bakteri tersebut akan meningkatkan kualitas air dengan mereproduksi dan kemudian menghapus nitrat. Bakteri ini akan mengonsumsi nitrat dan menghasilkan oksigen dan nitrogen. Lava rock Aquascape ini tentu bisa jadi pilihan hiasan yang unik. Terlihat alami, Anda bisa mencoba berbagai kreasi dengan potongan-potongan yang berbeda. Lava rock ini juga bisa menjadi tempat bersembunyi ikan. Anda bisa membeli 1kg lava rock di aneka marketplace dengan harga sekitar Rp 10.000.

4 dari 4 halaman

Macam-macam Hiasan Akuarium

11. Batu Fosil Pasir

Jenis-jenis hiasan akuarium yang selanjutnya adalah batu fosil. Hiasan yang satu ini akan memberikan kesan yang berbeda pada akuarium anda. Untuk mendapatkannya Anda bisa membelinya di aneka marketplace. Usahakan membeli batu dengan grade A seperti batu fosil pasir yang satu ini. Produk ini berkualitas tinggi dan bisa membuat desain aquascape Anda menjadi semakin indah. Tampilan akuarium lebih natural dan Anda bisa mudah mengatur penempatan batunya. Anda bisa membelinya dengan harga Rp 15.000.

12. Akar Rasamala

Kayu rasamala merupakan jenis kayu yang juga banyak dipakai untuk hiasan aquascape. Kayu ini jika sudah mengering tidak mengeluarkan tanin yang begitu besar sehingga tidak menimbulkan perubahan warna. Kayu ini tidak membahayakan habitat lainnya sehingga akan cocok jadi hiasan dalam akuarium. Akar rasamala ini bisa Anda gunakan untuk mempercantik tampilan aquarium ikan hias. Anda bisa menempelkan tanaman dan lumut pada kayu ini. Anda bisa membelinya dengan harga Rp 25.000.

13. Cute Pineapple House Fish Tank Aquarium Ornament Home (Yellow)

Cute Pineapple House Fish Tank Aquarium Ornament Home ini hadir dalam warna kuning yang ceria. Dekorasi yang satu ini bisa untuk melindungi ikan dalam akuarium. Hiasan berbentuk rumah nanas ini sudah dilengkapi lubang bagi ikan untuk berenang dan menjelajahinya. Terbuat dari bahan resin dengan ukuran 13 x 7,5 x 7,5 cm. Dengan harga sekitar Rp 131.000.

14. Kacoo Akuarium Rainbow Kerikil Bercahaya Multi-Warna Batu Hias

Kacoo akuarium rainbow kerikil bercahaya multi-warna batu hias ini juga cocok jadi hiasan akuarium. Produknya ramah lingkungan dan bisa Anda gunakan kembali. Kerikil ini dari bahan resin dan tidak beracun dan bisa menyerap kembali sumber cahaya berulang kali. Dibuat dengan teliti sehingga permukaan produk sangat halus dan tidak akan menyakiti ikan. Ukuran tiap batunya 2 cm x 2.5 cm dan cocok untuk dekorasi akuarium, tangki ikan, vas, dan lain sebagainya. Kerikil warna-warni ini akan membuat air lebih jernih dan sehat. Anda bisa membelinya di marketplace dengan harga Rp 28.000.

15. BolehDeals Resin Cottage Hut with Moss Roof

BolehDeals resin cottage hut with moss roof ini jangan Anda lewatkan sebagai pilihan. Hadir dalam ukuran 9 x 6 x 7 cm, produk ini berkualitas tinggi. Terbuat dari resin dan tidak beracun serta aman untuk ikan serta tanaman aquascape Anda. Ornamen ini bisa meningkatkan efek visual tangki ikan. Selain itu, bisa juga jadi tempat persembunyian ikan. Desainnya halus dan warnanya tidak pudar dalam air. Anda bisa membelinya marketplace dengan harga Rp 63.000.

16. Yika Pemandangan Gunung Hiasan Akuarium Gua Tersembunyi

Yika pemandanan gunung hiasan akuarium gua tersembunyi ini juga bisa jadi pilihan Anda. Produk yang terbuat dari resin ini sangat menarik desainnya. Dekorasi ini akan bisa menambah warna alami pada akuarium. Ikan bisa bersembunyi di lubang dan celah aksesori ini. Anda juga tak perlu khawatir karena produk ini tidak akan membusuk. Hiasan ini bisa memberikan kesan natural yang cantik. Produk dengan ukuran 10 x 10 x 5 cm ini menghadirkan pemandangan gunung hiasan yang indah. Dapatkan di marketplace dengan harga Rp 108.231.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.