Sukses

Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Tunas adalah Tumbuhan Vegetatif, Ini Contohnya

Tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah tumbuhan yang mampu menghasilkan keturunan baru melalui pembentukan tunas yang tumbuh dari induknya.

Liputan6.com, Jakarta Tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah tumbuhan yang mampu menghasilkan keturunan baru melalui pembentukan tunas yang tumbuh dari induknya. Tunas adalah bentuk reproduksi vegetatif yang memungkinkan tumbuhan untuk memperbanyak diri tanpa melalui proses pembuahan atau pertemuan antara sel kelamin jantan dan betina.

Tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas dapat ditemukan di berbagai habitat, mulai dari lingkungan terestrial hingga air. 

Tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah tumbuhan vegetati yang dapat berkembang biak tanpa melalui proses pembuahan. Artinya, tumbuhan vegetatif dapat menghasilkan keturunan baru tanpa memerlukan pertemuan antara sel kelamin jantan dan betina.

Tumbuhan vegetatif memiliki berbagai metode reproduksi, di antaranya adalah stek, okulasi, cangkok, dan tunas. Berikut ulasan tentang tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah jenis tanaman vegetatif yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (10/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Tunas

Tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah jenis tanaman vegetatif . Tunas adalah alat perkembangbiakan tumbuhan yang memungkinkan tumbuhan untuk memperbanyak diri tanpa melalui proses pembuahan atau pertemuan antara sel kelamin jantan dan betina. Tunas terbentuk dari jaringan meristem (pangkal tunas) yang terletak di ujung batang atau di pangkal batang, berikut jenis jenisnya.

1. Tunas Adventif

Tunas adventif yang  juga disebut dengan istilah tunas abnormal adalah tunas yang muncul pada  bagian yang tak biasa.Misalnya, seperti pada bagian daun, ketiak batang hingga pada bagian akar tumbuhan. Tunas adventif memiliki proses pertumbuhan paling cepat dibandingkan dengan jenis lainnya. Namun proses perkembangbiakan tumbuhan tunas jenis ini perlu dilakukan secara hati-hati agar tanaman dapat tumbuh. 

Tunas adventif sendiri dibagi menjadi beberapa jenis lagi. Ada jenis tunas adventif yang muncul di area luar batang utama. Ada juga tunas adventif yang proses pembengkakan pada area akar, batang tunas menjalan di atas tanah dan berada di bagian bawah daun.

2. Tunas Terminal

Tunas terminal adalah salah satu jenis tunas yang akan tumbuh pada bagian ujung batang. Hal tersebut mengakibatkan tanaman yang baru dapat tumbuh menjulang lurus ke atas.

Tunas terminal juga ada yang tumbuh di antara bakal daun yang lebih memungkinkan untuk tumbuh secara ideal. Tunas jenis ini juga bisa membantu proses budidaya tanaman, karena anakan tanaman memiliki kualitas yang baik tanpa perlu melakukan proses perawatan yang intensif.

3. Tunas Reproduktif

Tunas reproduktif adalah jenis tunas yang muncul pada proses perkembangbiakan induk secara normal yang pada akhirnya akan menghasilkan tanaman anakan.

4. Tunas Vegetatif

Tunas vegetatif adalah jenis muncul tanpa perlu melalui proses pembuahan atau penyerbukan seperti pada umumnya.

5. Tunas Aksilar

Tunas aksilar adalah jenis tunas yang akan tumbuh pada bagian pangkal daun. Misalnya seperti yang terjadi pada tumbuhan cocor bebek. Jika dilihat dari kasat mata, tunas jenis ini terbilang sangat unik karena bakal daun dan bunga selalu sudah muncul terlebih dahulu.

6. Tunas Campuran

Berikutnya, ada tunas campuran yang memiliki bagian layaknya bunga embrionik dan daun.

3 dari 3 halaman

Contoh Tanaman yang Berkembangbiak dengan Tunas

1. Pisang

Salah satu tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah pisang. Pohn pisang menjadi salah satu tumbuhan vegetatif yang paling sering ditemukan di Indonesia, dibanding jenis tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas lainnya. Pohon pisang juga termasuk ke dalam jenis tumbuhan tunas adventif yaitu tunas yang tidak tumbuh pada bagian ujung batang ataupun pada bagian ketiak daun. Tunas pohon pisang biasanya akan lebih mudah ditemukan pada bagian dekat dengan akar induknya yang akan terus tumbuh tinggi hingga menjadi sebatang tumbuhan baru.

2. Bambu

Bambu menjadi salah satu tumbuhan yang masuk ke dalam jenis rumput-rumputan. Pada bagian dalam batang bambu akan berongga serta memiliki ruas adalah ciri khas dari tumbuhan ini. Bambu juga termasuk ke dalam tumbuhan yang berkembang biak dengan menggunakan tunas.

3. Sukun

Tanaman sukun menjadi salah satu jenis tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adventif. Bisa dibilang jika pohon sukun mirip dengan pohon pisang. Hal ini karena tunas pohon sukun berada di bagian akar induknya serta bisa merambat hingga akhirnya menjadi tumbuhan baru.

Sedangkan untuk sukun sendiri adalah buah tanpa biji yang memiliki buah bertekstur empuk. Ketika buah sukun dimasak atau digoreng, maka tekstur dagingnya akan semakin lembut hingga mirip dengan roti., oleh sebab itu dalam bahasa Inggis buah sukun disebut dengan breadfruit.

4. Kesemek

Selain itu tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah kesemek. Pohon buah kesemek juga masuk sebagai salah satu jenis tumbuhan vegetatif. Pohon kesemek biasanya bisa mencapai ukuran 6 sampai 8 meter ketika sudah dewasa. Tanaman ini memiliki bentuk batang yang tegak, bulat, berkayu dan memiliki warna hijau. Pohon buah kesemek juga masuk ke dalam jenis adventif yang pada bagian tunasnya akan muncul di bagian akar.

5. Eceng Gondok

Eceng gondok adalah salah satu jenis gulma yang hidup di atas permukaan air. Eceng gondok juga termasuk ke dalam jenis tumbuhan bertunas adventif. Karakteristik dari tumbuhan eceng gondok adalah pada bagian daun yang lebar. Keberadaan eceng gondok yang terlalu banyak di saluran air seperti sungai dapat menyebabkan aliran air tersumbat. Namun tanaman ini dapat menjadi penyedia suplai oksigen dan habitat bagi makhluk hidup yang tinggal di air.

6. Cemara

Pohon cemara yang kerap ditemukan pada area pegunungan juga termasuk ke dalam jenis tanaman bertunas. Pohon cemara berkembang biak dengan vegetatif melalui tunas adventif.

Hal ini karena tumbuhan muda akan muncul pada bagian akar. Selain itu tumbuhan cemara juga memiliki karakteristik daun ramping. Ada beberapa jenis pohon cemara yang populer. Mulai dari cemara kipas, norfolk, cemara pensil, cemara laut, dan cemara perak.

7. Cocor Bebek

Tumbuhan cocor bebek juga memiliki sistem perkembangbiakan secara alami dengan menggunakan tunas adventif. Hal tersebut bisa dilihat secara eksplisit pada bagian tunas yang muncul pada bagian daun tumbuhan cocor bebek yang lebih tepatnya di bagian ujung daun.

8. Tebu

Tebu adalah salah satu tanaman yang dimanfaatkan untuk memproduksi gula. Tumbuhan tebu akan melakukan proses pekembangbiakan dengan tunas yang tumbuh pada  bagian rimpangnya. Proses perkembangbiakan bisa dilakukan dengan cara mengambil rimpang yang sudah memiliki tunas dan dipindahkan pada media tanam seperti tanah dan tunggu hingga berkembang menjadi tebu dewasa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.