Sukses

3 Cara Melacak HP dengan Gmail dan Google Maps, Khusus Android

Jika Anda kehilangan HP, jangan panik. Ada cara melacak HP dengan Gmail.

Liputan6.com, Jakarta HP atau ponsel sudah menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan dalam berbagai macam urusan. Sekarang HP tidak lagi hanya digunakan untuk keperluan komunikasi semata. Keperluan transaksi dan menyimpan data penting, sekarang bisa dilakukan dengan menggunakan HP.

Maka dari itu, HP yang hilang atau sekadar lupa tempat menaruhnya saja bisa menjadi bencana bagi sebagian orang. Untungnya, ada cara melacak HP dengan Gmail.

Bagi pengguna HP Android, melacak HP yang hilang dengan Gmail sangat memungkinkan untuk dilakukan. Sebab, sekarang sudah ada layanan menemukan ponsel Android yang hilang dengan melakukan ping ke lokasi GPS-nya.

Namun hal ini baru bisa dilakukan, jika Anda telah log in akun Gmail dengan menggunakan HP yang hilang itu. Berikut ini adalah cara melacak HP dengan Gmail, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (8/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lacak dengan Find My Device

Agar HP bisa dilacak dengan menggunakan akun Gmail, ada sejumlah kondisi yang harus dipenuhi. Adapun syarat HP agar bisa dilacak dengan menggunakan Gmail adalah sebagai berikut:

  1. HP harus sudah login ke Akun Gmail.
  2. GPS HP dalam keadaan aktif.
  3. HP masih dalam kondisi menyala dan terhubung dengan jaringan internet.
  4. Sudah terpasang aplikasi "Find My Device"

Jika kondisi kondisi tersebut sudah terpenuhi, selanjutkan Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Gunakan perangkat lain untuk mengoperasikan aplikasi "Find My Device." Anda bisa menggunakan ponsel milik teman atau ponsel lain yang Anda miliki.
  2. Jika HP yang digunakan untuk melacak belum terinstall "Find My Device," segera install "Find My Device."
  3. Jalankan aplikasi Find My Device
  4. Masukkan akun Google yang digunakan di perangkat atau smartphone Android yang hilang
  5. Setelah berhasil login, maka tampilan aplikasi Find My Device akan menunjukkan ampilan lokasi atau maps.
  6. Untuk mempermudah dalam menemukan HP Anda yang hilang, Anda bisa memilih opsi Play Sound. Opsi ini dapat menunjukkan lokasi ponsel yang hilang secara cepat, dengan membuat HP berdering dengan volume maksimal selama 5 menit.
3 dari 5 halaman

Mengunci dan Menghapus Data

Jika dengan mengaktifkan opsi Play Sound, Anda masih kesulitan menemukan HP Anda, dan ada kemungkinan bahwa HP Anda telah berada di tangan orang lain yang tidak memiliki niat untuk mengembalikannya, Anda bisa memiliki satu di antara opsi Lock atau Erase.

Dengan memilih opsi Lock, Anda akan membuat ponsel pemilik yang hilang terkunci secara otomatis. Langkah ini dapat mencegah hak akses seorang yang menemukan ponsel pemilik.

Untuk mengaktifkan opsi ini bisa dilakukan dengan cara, pilih opsi Lock, lalu masukkan kata sandi. Kemudian masukkan nomor yang dapat dihubungi saat ponsel ditemukan.

Jika HP Anda menyimpan data penting yang sifatnya rahasia, Anda dapat memilih opsi Erase. Dengan memilih opsi Erase, semua data yang tersimpan dalam HP yang hilang itu akan terhapus secara otomatis.

Ketika opsi erase dipilih, maka secara otomatis akan data yang terdapat di smartphone akan terhapus, mulai foto, video hingga aplikasi. Namun jika kondisi ponsel dalam keadaan mati, fitur erase akan berfungsi usai ponsel dihidupkan kembali.

Penting untuk dicatat, fitur Erase akan membuat data dalam HP yang hilang terhapus secara permanen dan tidak bisa dipulihkan.

4 dari 5 halaman

Melacak HP yang Mati dengan Gmail

Lalu bagaimana jika HP yang hilang ternyata dalam kondisi mati? Masihkah bisa dilacak? Jawabannya adalah, ya. Meski HP hilang dalam kondisi mati, Anda masih tetap bisa melacaknya.

Setiap perangkat Android yang ditautkan ke akun Google dapat dilacak melalui layanan Google Find My Device. Cara kerjanya mirip dengan aplikasi Find My dari Apple dan memungkinkan Anda untuk tidak hanya melakukan ping ke ponsel Android Anda yang salah tempat tetapi juga mengunci atau menghapus kontennya.

  1. Cara melacak HP dengan Gmail, yang kondisinya mati adalah sebagai berikut:
  2. Kunjungi situs web Temukan Perangkat Saya Google di komputer atau ponsel lain.
  3. Masuk ke akun Google yang sama dengan yang ada di ponsel Anda yang dicuri atau hilang.
  4. Anda dapat melihat perangkat yang kompatibel di sebelah kiri, termasuk ponsel Anda yang hilang dengan lokasi terakhirnya yang diketahui di sebelah kanan.
  5. Dengan asumsi ponsel Anda telah dimatikan, Anda hanya akan dapat melihat lokasi terakhir kali melakukan ping ke Google.

Itu mungkin cukup jika ponsel Anda hilang daripada dicuri. Jika seseorang menemukan dan menghidupkan ponsel Anda, Anda dapat dengan mudah melakukan ping, mengunci, atau menghapusnya.

5 dari 5 halaman

Lacak dengan Google Maps

Cara lain untuk melacak HP Anda yang hilang adalah dengan melihat Google Maps Timeline. Mengingat bagaimana kita sering membawa HP kemana saja, ada kemungkinan besar bahwa Google Maps memiliki riwayat mendetail di mana ponsel Anda berada—selama Anda mengaktifkan Riwayat Lokasi di Google Maps pada perangkat.

Timeline Google Maps menampilkan setiap rute yang Anda ambil dan setiap toko yang Anda kunjungi. Meskipun ini bukan kasus penggunaan yang dimaksudkan, ini adalah cara yang bagus untuk menemukan perangkat Android Anda yang hilang atau salah tempat.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Di komputer atau ponsel, buka Google Maps dan masuk ke akun Google Anda.
  2. Klik ikon menu dan pilih Timeline Anda dari opsi. Ini akan memunculkan riwayat perjalanan terbaru Anda.
  3. Untuk mempersempit pencarian Anda, pilih tanggal Anda kehilangan ponsel menggunakan menu drop-down.
  4. Dengan menelusuri kembali langkah-langkah Anda, pada akhirnya Anda dapat menemukan di mana Anda kehilangan ponsel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.