Sukses

Viral Detik-Detik Robot Tumbang Usai Kerja 20 Jam Tanpa Henti, Jadi Sorotan

Detik-detik robot tumbang setelah bekerja tanpa henti selama 20 jam.

Liputan6.com, Jakarta Sudah lama layanan robot mulai dimanfaatkan oleh manusia. Mereka bahkan punya julukan manusia elektronik, itu merupakan definisi non-resmi pertama dari mesin ajaib tersebut. Sekarang, robotika sangat populer dan banyak digunakan di berbagai industri.

Salah satu alasan utama untuk menggunakan mesin yang dapat diprogram ini adalah efisiensinya yang tinggi dan kemampuan untuk bekerja lebih lama daripada manusia tanpa merasa lelah.

Namun, sebuah video mendadak viral menampilkan robot sedang menempatkan wadah plastik di sabuk konveyor. Video singkat berdurasi 19 detik itu menunjukkan bahwa robot telah bekerja selama berjam-jam dan beberapa frame terakhir menunjukkan waktu nyata di mana mesin mengambil wadah dan setelah mengangkatnya, robot itu tumbang.

Video yang dibagikan oleh laman Twitter @agilityrobotics itu menjadi sorotan warganet. Dalam video yang dibagikan, tampak robot tumbang setelah 20 jam bekerja terus-menerus di sebuah pameran.

"Video robot yang tumbang dalam sebuah pameran, yang sepertinya jatuh karena kelelahan setelah seharian bekerja," tulis pemilik akun Twitter @agilityrobotics, dikutip Liputan6.com pada Rabu (19/4/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Robot tumbang akibat kelelahan bekerja 20 jam non-stop

Sebuah video yang dibagikan menunjukkan sebuah robot yang tumbang setelah 20 jam bekerja terus-menerus di sebuah pameran. Cuplikan robot yang diproduksi oleh perusahaan "Agility Robotics" itu diduga lelah dan jatuh di lantai setelah berjam-jam memindahkan barang dagangan dari rak.

"Dengan tingkat keberhasilan 99% selama sekitar 20 jam demo langsung, Digit masih mengalami beberapa penurunan di ProMat. Kami tidak memiliki bukti, tetapi kami pikir tim penjualan kami mengaturnya sehingga mereka dapat berbicara tentang anggota tubuh dan daya tahan Digit yang cepat berubah," tulis akun Twitter @agilityrobotics pada keterangan video.

Para ahli menjelaskan bahwa robot pun tidak akan dapat menyelesaikan tugasnya. Kejadian ini mengingatkan pentingnya istirahat dan pemeliharaan berkala robot untuk memastikan kinerjanya yang berkelanjutan dan efektif.

Robot tersebut tumbang saat melakukan demonstrasi di pameran rantai pasokan di Chicago, Illinois, pada akhir Maret lalu. Robot bernama Digit itu dirancang oleh Agility Robotics untuk bekerja di gudang mengangkat kotak dan melakukan tugas lain, menurut laporan berita.

 

3 dari 4 halaman

Penggunaan robot di era modern

Rekaman tersebut rupanya direkam oleh staf Agility Robotics pada acara pameran ProMat di Chicago 20-23 Maret. Selain mendemonstrasikan kemampuan mengangkat kotak mereka, Agility Robotics memiliki armada Digits yang menampilkan tarian koreografer, pertunjukan video.

Sekitar 5-6 dekade yang lalu, manusia telah bermain dengan gagasan membuat manusia elektronik, yaitu robot yang terbuat dari logam dan melakukan tugas seperti manusia.

Banyak dilihat juga bahwa banyak film sci-fi dan serial TV yang menggambarkan robot melakukan persis seperti yang diperintahkan. Film dan serial TV membuka jalan bagi robot sungguhan dan selanjutnya, manusia metalik ini menggunakan Kecerdasan Buatan (AI) dan terbukti sangat efektif.

 

4 dari 4 halaman

Komentar warganet

Banyak orang yang mem-posting ulang video tersebut dan berkomentar bahwa robot juga memiliki energi dan masa pakai baterainya bisa habis kapan saja. Seorang pengguna media sosial menambahkan: "Robot yang menggantikan manusia di gudang datang lebih cepat dari yang kita kira."

Di sisi lain, beberapa orang menyebutkan kondisi kerja yang keras yang kadang-kadang dihadapi manusia, mengungkapkan bahwa mereka mengalami tekanan kerja yang sama di sebagian besar waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.