Sukses

Doa Malam Katolik yang Penuh Puji Syukur, Bisa Dipanjatkan Sebelum Tidur

Simak bacaan doa malam katolik yang penuh puji syukur atas segala macam yang diberikan oleh Tuhan sepanjang hari itu.

Liputan6.com, Jakarta Doa malam Katolik harus dikenali oleh setiap umat Katolik. Doa malam Katolik adalah salah satu amalan yang dianjurkan untuk dibaca saat malam hari. Mengamalkan doa malam Katolik sangat baik dilakukan ketika ingin pergi tidur.

Dengan memanjatkan doa malam Katolik sebagai bentuk syukur atas berkat dan anugerah yang telah diberikan Tuhan sepanjang hari itu. Isi dari doa malam Katolik bermacam-macam, mulai dari penyembahan, pujian, syukur, harapan, permohonan, syafaat, keluhan, atau ratapan.

Doa malam Katolik membuat pembacanya dapat tidur dengan lebih tenang dan lelap setelah beraktivitas seharian. Doa malam Katolik juga bisa dipanjatkan saat ingin melakukan renungan di malam hari.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai doa malam Katolik penuh puji syukur yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (3/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Doa Malam Katolik yang Penuh Puji Syukur

Berikut ini terdapat bacaan doa malam Katolik yang penuh dengan puji syukur atas apa yang telah diberikan Tuhan sepanjang hari itu, yakni:

Salam Maria, penuh rahmat, Tuhan serta-Mu,

terpujilah Engkau di antara wanita,

dan terpujilah buah tubuh-Mu, Yesus.

Santa Maria, Bunda Allah,

doakanlah kami yang berdosa ini,

sekarang dan waktu kami mati.

Amin.

Selain itu, anda juga bisa melanjutkan doa penutup malam Katolik. Berikut ini bacaannya:

"Tuhan Yesus, aku menyembah Engkau dan bersyukur kepada-Mu akan segala rahmat dan berkat yang Engkau berikan hari ini. Kupersembahkan tidurku dan sepanjang waktu malam hari ini, dan hindarilah aku dari dosa. Oleh karena itu aku membaringkan diriku di sisi-Mu, di bawah naungan Bunda Maria. Biarlah para malaikat- Mu yang kudus berdiri di sekelilingku dan memberikan damai kepadaku; dan agar berkat-Mu turun atas-ku.

Dalam nama-Mu ya Tuhan, aku beristirahat. Biarlah setiap tarikan nafasku memuji dan memuliakan Engkau. Berbelas kasihanlah kepada mereka yang sakit, para pendosa, mereka yang membutuhkan pertolongan, dan jiwa- jiwa yang berada dalam Api Penyucian. Bunda Maria, malaikat pelindungku, St. Yusuf, dan Santo/a pelindungku, lindungilah aku sepanjang malam ini dan sepanjang hidupku; terutama di saat ajalku. Amin.”

3 dari 4 halaman

2. Doa Malam Katolik sebagai Permohonan

Tak hanya bacaan doa malam Katolik yang penuh puji syukur namun bisa untuk memohon sesuatu kepada Tuhan. Berikut bacaannya:

“Bapa, utuslah malaikatMu selalu melindungi, menerangi, membimbing, dan menghantar aku. Sucikanlah jiwa ragaku agar aku pun hidup suci seperti Maria yang dikandung tanpa noda. Ya Bapa, berilah aku berkatMu, lindungilah aku terhadap segala yang jahat dan bimbinglah aku kepada kehidupan kekal dan semoga orang yang sudah meninggal beristirahat dalam ketentraman karena kerahiman Tuhan. Amin.”

Selain itu, anda juga dapat memanjatkan doa malam Katolik yang lainnya yakni:

“Ya, Allah Bapa di surga, pencipta langit dan bumi.

Malam ini, aku mengucapkan syukur dan berterima kasih atas kebaikanMu serta penyertaanMu di sepanjang hari. Terima kasih sudah mencukupkan apa yang menjadi bagian dan berkat aku.

Aku berdoa untuk sahabatku ya, Bapa. Bagi mereka yang sedang menjalani kesusahan, biarkan kiranya Engkau yang berikan penghiburan. Untuk mereka yang sedang sakit dan menjalani proses pengobatan, biarkan kiranya Engkau beri kesembuhan. Bagi mereka yang sedang menderita atas kesusahan yang mungkin tidak aku ketahui, biarkan kiranya Engkau yang memberikan kekuatan.

Aku mendoakan bagi mereka yang sedang membutuhkan pertolonganMu, biarkan kiranya tangan pengasihanMu yang memerhatikannya. Apa pun yang saat ini menjadi pergumulan hidup mereka, Tuhan Yesus yang mengetahui dan akan memberikan pertolongan serta jalan keluar.

Mulai dari sahabat, teman, keluarga, kekasih, dan sebagainya, kiranya Engkau yang memberikan mereka kesehatan, panjang umur, serta istirahat yang cukup di malam hari ini. Aku menyerahkan istirahatku di malam hari ini ke dalam tangan kuasaMu. Biarkan kiranya esok hari akan penuh dengan berkat dan sukacita.

Semoga aku bisa menjadi berkat untuk sesama, jadikan aku alat yang tidak ternilai bagi-Mu dalam mewartakan kasih serta kabar sukacita bagi semua orang. Doa ini aku panjatkan melalui Kristus Tuhanku. Dalam nama Bapa dan Putera, dan Roh Kudus. Amin.”

4 dari 4 halaman

3. Tata Cara untuk Membaca Doa Malam Katolik

Supaya mendapatkan ketenangan hati, anda perlu memperhatikan tata cara membaca doa malam Katolik berikut ini:

a. Posisikan anda di dalam hadirat Tuhan: Akuilah kebesaran-Nya dan kekuranganmu.

b. Mulailah untuk memfokuskan pikiran dan tenangkan diri. Setelah itu, renungkan apakah Anda melakukan kesalahan atau berbuat dosa? Apa yang sudah Anda berikan kepada orang lain, kebaikan atau keburukan?

c. Kemudian periksalah batinmu dengan tulus.

d. Lalu panjatkan doa tobat. Berikut bacaan doa tobat Katolik:

"Allah yang maharahim, aku menyesal atas dosa-dosaku. yang mahapengasih dan mahabaik bagiku. hendak memperbaiki hidupku dan tidak akan berbuat dosa lagi. Allah yang mahamurah, ampunilah aku, orang berdosa."

e. Khusyukkan hati dan lurusnya niat untuk hari esok.

f. Berdoalah sesuai hati Anda dengan memohon kekuatan untuk menjaga kekudusan. Baik dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan, kekudusan di hati termasuk juga tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.