Sukses

9 Doa agar Diberi Kemudahan dalam Mencari Rezeki dan Hadapi Segala Urusan

Berdoa adalah bagian dari ibadah, oleh karena itu minta apapun kepada Allah SWT, termasuk membaca doa agar diberi kemudahan.

Liputan6.com, Jakarta Dalam ajaran agama Islam, berdoa adalah bagian dari ibadah. Bahkan orang yang tidak pernah berdoa dan meminta sesuatu kepada Allah SWT, disebut sebagai orang yang sombong.

Allah berfirman,

“Dan Rabbmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al Mukmin: 60).

Oleh karena itu berdoalah, minta apapun kepada Allah SWT, termasuk membaca doa agar diberi kemudahan. Kita bisa meminta kepada Allah SWT dengan membaca doa agar diberi kemudahan dalam menghadapi berbagai macam urusan, baik itu urusan mencari rezeki, urusan sosial, bahkan urusan akhirat.

Tergantung permintaan kita, ada beberapa bacaan doa agar diberi kemudahan. Berikut adalah sejumlah bacaan doa agar diberi kemudahan, seperti yang telah dirangkum Liputan.com dari berbagai sumber, Jumat (31/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa agar Diberi Kemudahan yang Dibaca Nabi Musa

Setiap orang memiliki kesulitan yang harus dihadapi. Bahkan seorang nabi seperti Nabi Musa As pun juga menghadapi kesulitannya sendiri. salah satu kesulitan yang dia hadapi selama menjalankan tugas kenabian adalah ketika mendapat perintah untuk berdakwah kepada Firaun.

Untuk itu, Nabi Musa As membaca doa agar diberi kemudahan untuk menjalankan tugasnya, antara lain sebagai berikut:

Doa agar diberi kemudahan dalam berbicara

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.

Artinya: “Ya rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha: 25-28).

Doa agar diberi petunjuk

رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَعَسَىٰ رَبِّي أَنْ يَهْدِيَنِي سَوَاءَ السَّبِيلِ

rabb najjini minal qaumi zalimin 'asaa rabbi an yahdiyani sawa' alssabil

Artinya: “Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim itu. Mudah-mudahan Tuhanku memimpinku ke jalan yang benar.” (QS. AL-Qasas: 21-22).

3 dari 4 halaman

Doa agar diberi kemudahan mencari rezeki

Urusan manusia hidup tentu tidak lepas dari aktivitas mencari rezeki. Sebab, dengan mendapatkan rezeki yang cukup dan barokah, kita jadi bisa beribadah kepada Allah SWT dengan baik. Oleh karena itu, saat kita merasa sedang kesulitan dalam proses mencari rezeki.

Kita bisa minta kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjalani pekerjaan dan sebagainya. Adapun bacaan doa agar diberi kemudahan dalam mencari rezeki adalah sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya: “ Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Selain doa tersebut, kita juga bisa membaca doa agar diberi kemudahan mencari rezeki berikut ini,

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “ Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.

Ada doa agar diberi kemudahan dalam mencari rezeki yang lain, bacaannya sebagai berikut,

اللَّهُمَّاغْفِرْلِي،وَارْحَمْنِي،وَاهْدِني،وَعَافِني،وَارْزُقْنِي

Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii.

Artinya: “ Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku.”

Doa agar diberi kemudahan dalam mencari rezeki berikutnya yang bisa kita baca adalah sebagai berikut,

اللَّهُمَّأكْثِرْمَالِي،وَوَلَدِي،وَبَارِكْلِيفِيمَاأعْطَيْتَنِيوَأطِلْحَيَاتِيعَلَىطَاعَتِكَ،وَأحْسِنْعَمَلِيوَاغْفِرْلِي

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii.

Artinya: “ Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

4 dari 4 halaman

Doa agar Diberi Kemudahan ketika Sedih

Sedih merupakan perasaan yang  normal. hanya saja ada beberapa momen di mana orang bisa merasa sangat sedih sehingga hidup jadi terasa lebih sulit. Saat kita merasa begitu sedih, kita bisa meminta kepada Allah SWT agar diangkat perasaan sedih tersebut dengan membaca doa agar diberi kemudahan.

Ketika sedih kita bisa membaca doa berikut,

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa

Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah

Selain itu, kita juga bisa membaca doa berikut,

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحُزْنِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ

Allaahumma innii a’uudzu bika minal hammi wal huzni, wa a’uudzu bika minal ‘ajzi wal kasali, wa a’uudzu bika minal jubni wal bukhli, wa a’uudzu bika min gholabatid-daini wa qohrir-rijaal.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan/kegelisahan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari lemah/ketidakmampuan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari sifat penakut dan kikir/pelit, dan aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan penguasaan (kesewenang-wenangan) orang. HR Abu Dawud 4/353.

Berikut ini adalah doa agar diberi kemudahan, yang diajarkan Rasulullah SAW sebagai doa ketika sedih yang mendalam:

كُنْتَ وَتَكُونُ أَنْتَ حَيٌّ لا تَمُوتُ , تَنَامُ الْعُيُونُ وَتَنْكَدِرُ النُّجُومُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ , لا تَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ

Kunta wa takunu anta hayyun la tamutu tanamul 'uyunu wa tankadirun nujumu wa anta hayyun qoyyumum la ta'khudzuhu sinatuw wa la naumun ya hayyu ya qoyyumu.

Artinya,

"Engkau dulu, kini dan seterusnya hidup dan tidak akan mati. Semua mata tidur dan segala bintang redup, sementara Engkau Maha Hidup lagi Maha Mengurus (makhluk-Nya), dan Engkau tidak mengantuk dan tidak pula tidur, wahai Dzat Yang Maha Hidup dan Maha Mengurus (makhluk-Nya)."

Demikian adalah sejumlah bacaan doa agar diberi kemudahan berdasarkan situasi sulit yang sedang dihadapi. Jika doa-doa tersebut dibaca dengan sungguh-sungguh dan khusyuk, insyaalah segala kesulitan akan menjadi mudah karena pertolongan Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.