Sukses

Cara Melengkapi Ketinggalan Sholat Tarawih Berjamaah, Ini Langkah-Langkahnya

langkah-langkah cara melengkapi ketinggalan sholat Tarawih berjamaah, beserta dengan dalilnya

Liputan6.com, Jakarta Salah satu aspek penting Ramadhan adalah sholat Tarawih, yang dilakukan setelah sholat Isya. Sholat Tarawih adalah sholat khusus yang dilakukan berjamaah di masjid atau di rumah, di mana umat Islam membaca Alquran dalam porsi yang panjang. Namun, mungkin ada kasus di mana seseorang melewatkan sholat Tarawih berjamaah karena keadaan yang tidak dapat dihindari. 

Hal ini mungkin membuat sebagian umat Islam kecewa, apalagi sholat Tarawih sangat dianjurkan untuk dilakukan secara berjamaah. Namun tidak perlu khawatir, karena ada cara untuk menuntaskan sholat Tarawih yang terlewat berjamaah. Jika anda melewatkan beberapa shalat Tarawih berjamaah, penting untuk mengetahui cara menyelesaikannya dan mengganti shalat yang terlewat.

Jika anda melewatkan satu atau dua rakaat atau seluruh sholat Tarawih, tidak ada kata terlambat untuk mengejar dan mendapatkan pahala Allah. Dengan mengikuti panduan dan anjuran dalam artikel ini, anda dapat menyelesaikan sholat Tarawih yang terlewatkan dan memaksimalkan pahala anda selama bulan yang penuh berkah ini.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber langkah-langkah cara melengkapi ketinggalan sholat Tarawih berjamaah, beserta dengan dalilnya pada Kamis (30/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Melengkapi Ketinggalan sholat Tarawih Berjamaah

Jika seseorang ketinggalan sholat Tarawih berjamaah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melengkapinya:

1. Bergabung dengan jamaah pada rakaat berikutnya: Jika anda ketinggalan satu atau dua rakaat dalam sholat Tarawih, anda bisa bergabung dengan jamaah pada rakaat berikutnya dan melanjutkan sholat bersama-sama.

2. Menunggu hingga sholat selesai kemudian melaksanakan sendiri: Jika anda terlambat dan jamaah sudah selesai melaksanakan sholat Tarawih, anda dapat menunggu hingga mereka selesai dan melaksanakan sholat Tarawih sendiri.

3. Melaksanakan sholat Tarawih sendiri di rumah: Jika anda tidak dapat mengejar jamaah atau tidak ada jamaah yang tersedia, anda dapat melaksanakan sholat Tarawih sendiri di rumah dengan membaca Al-Quran dan melakukan gerakan-gerakan sholat seperti biasa.

Namun, penting diingat bahwa sholat Tarawih adalah sunnah muakkadah, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan secara berjamaah. Oleh karena itu, sebaiknya kita berusaha untuk melaksanakannya secara berjamaah dengan tepat waktu agar mendapatkan pahala yang lebih besar dan keberkahan dari Allah SWT.

3 dari 4 halaman

Dalil Melengkapi Ketinggalan Sholat Tarawih 

Cara melengkapi ketinggalan sholat Tarawih berjamaah adalah dengan bergabung dengan jamaah pada rakaat berikutnya atau menunggu hingga sholat selesai kemudian melaksanakan sendiri atau melaksanakan sholat Tarawih sendiri di rumah.

Dalil untuk sholat Tarawih berjamaah adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barangsiapa yang mengerjakan sholat pada malam Ramadhan dengan iman dan harapan memperoleh pahala, maka diampuni dosanya yang telah lalu." Hadis ini menunjukkan pentingnya sholat Tarawih di bulan Ramadhan dan bahwa pelaksanaannya akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Selain itu, juga terdapat hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abdullah bin Abbas bahwa Nabi Muhammad SAW pernah mengerjakan sholat Tarawih di masjid, kemudian beberapa orang bergabung dengannya. Pada malam berikutnya, jumlah orang yang bergabung dengannya semakin bertambah. Pada malam ketiga, masjid penuh dengan orang yang ingin mengerjakan sholat Tarawih bersama-sama dengan Nabi Muhammad SAW, namun beliau tidak mengerjakan sholat tersebut bersama-sama mereka agar mereka tidak menyangka bahwa sholat Tarawih berjamaah wajib dilakukan.

Dari hadis-hadis tersebut, dapat disimpulkan bahwa sholat Tarawih berjamaah sangat dianjurkan untuk dilaksanakan di masjid bersama-sama dengan orang lain, namun jika seseorang terlambat atau tidak bisa bergabung dengan jamaah, maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melengkapinya seperti yang telah dijelaskan di atas.

4 dari 4 halaman

Langkah Melengkapi Ketinggalan Sholat Tarawih 

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melengkapi ketinggalan sholat Tarawih berjamaah:

Jika anda baru tiba di masjid dan jamaah sudah memulai sholat Tarawih, segera bergabung dengan jamaah pada rakaat berikutnya. Misalnya, jika jamaah sedang melaksanakan rakaat kedua, maka bergabunglah pada rakaat ketiga.

Jika anda terlambat dan jamaah sudah selesai melaksanakan sholat Tarawih, lakukan tahiyyatul masjid dan menunggu hingga jamaah selesai melakukan sholat Witir. Setelah itu, Anda dapat melaksanakan sholat Tarawih sendiri dengan membaca Al-Quran dan melakukan gerakan-gerakan sholat seperti biasa.

Jika anda tidak bisa mengejar jamaah atau tidak ada jamaah yang tersedia, anda dapat melaksanakan sholat Tarawih sendiri di rumah dengan membaca Al-Quran dan melakukan gerakan-gerakan sholat seperti biasa.

Selain itu, penting juga untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan, seperti membaca Al-Quran, melakukan amalan-amalan sunnah, dan berdoa kepada Allah SWT. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan bagi kita dalam melaksanakan ibadah dan memberikan keberkahan di dalam hidup kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.