Sukses

Doa Pelunas Utang yang Diajarkan Rasulullah SAW, Bisa Dipanjatkan dan Diamalkan

Simak doa pelunas utang yang diajarkan oleh Rasulullah saw dan bisa diapanjatkan setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Doa pelunas utang penting untuk diketahui oleh umat Islam. Sejatinya, memang tidak ada manusia yang ingin memiliki utang, namun karena keadaan ekonomi membuat seseorang memilih jalan tersebut.

Meski begitu, Islam tidak pernah melarang umatnya untuk berutang, tetapi dianjurkan untuk tidak menunda melunasinya sesuai waktu yang telah ditentukan. Sebab, hukum membayar utang adalah wajib.

Bagi anda yang ingin diberikan kemudahan untuk membayar utang, solusinya yakni berikhtiar dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT. Ada doa pelunas utang yang diajarkan oleh Rasulullah saw dan bisa anda panjatkan setiap hari.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa pelunas utang yang diajarkan oleh Rasulullah saw dan artinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (27/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Doa Pelunas Utang yang Diajarkan Rasulullah SAW

Dikutip dari laman Kemenag, berikut ini bacaan doa pelunas utang yang diajarkan Rasulullah SAW yang fadhilahnya memudahkan kita melunasi hutang dan terbedas dari hutang, yakni:

"Allahummak fini bi halalika ‘an haramika wa aghnini bifadhlika ‘aman siwaka."

Artinya: "Ya Allah! Cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karunia-Mu (hingga aku tidak minta) kepada selain-Mu." (HR Tirmidzi)

Doa ini dibacakan minimal tiga kali setiap sehabis shalat lima waktu. Ingsya Allah orang yang istiqomah membacakan doa ini akan diberi kemudahan dalam mencari rizqi sehingga hutang akan cepat lunas.

Selain itu, ada lagi bacaan doa pelunas utang yang bisa anda panjatkan secara rutin, yang berbunyi:

"Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazani wa ‘audzubika minal ‘ajzi wal kasali wa audzubika minal jubni wal bukhli wa audzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijali."

Artinya: "Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari kekhawatiran dan kesedihan dan saya berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan dan saya berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan saya berlindung kepada-Mu dari keutamaan agama dan menaklukkan orang-orang berkata, 'Saya dapat melakukannya, Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mulia, dan telah melunasi utangku kepadaku'." (HR Dawud)

3 dari 4 halaman

2. Doa Memohon Kemudahan Pelunasan Utang

Berikut bacaan doa memohon kemudahan pelunasan utang yang bisa anda amalkan adalah

Ya man yakfi min kulli syaiin wa la yakfi minhu syaiun. Ya Allahu ya rabba muhammadin, iqdli 'annid daina.

Artinya: "Wahai Dzat yang tidak membutuhkan segala sesuatu dan segala sesuatu membutuhkan-Nya. Ya Allah, Tuhannya Muhammad, lunasilah dari utang."

Doa pelunas utang lainnya yang bisa dipanjatkan dan diamalkan secara rutin supaya mendapatkan kemudahan melunasi utang adalah sebagai berikut:

Allahumma Malikal mulki tu’til mulka man tasya’ wa tanzi’ul mulka mimman tasya’ wa tu’izzu man tasya’ wa tudzillu man tasya’ biyadikal khair, innaka ‘ala kulli syain qadir, Rahmanad Dunya wal Akhirati wa Rahimuha tu’thihuma man tasya’ wa tamna’u man tasya irhamni rahmatan tughnini biha ‘an rahmati man siwaka.

Artinya: "Ya Allah, Engkau pemilik kerajaan. Hargai siapa pun yang Kau kehendaki dan hina siapa pun yang Kau kehendaki, di tangan-Mu kebaikan, karena Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu, Yang Maha Penyayang di dunia dan di akhirat, dan Yang Maha Penyayang di antara mereka. Engkau memberikannya kepada siapa pun yang Engkau kehendaki dan mencegahnya dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Kasihanilah aku dengan rahmat yang cukup kepada saya, tak ada yang dapat memberi rahmat selain Engkau ya Allah." (HR At Thabrani)

4 dari 4 halaman

3. Doa Diberikan Rejeki yang Melimpah

Selain doa pelunas utang di atas, ada lagi doa yang memohon untuk diberikan rezeki melimpah oleh Allah SWT, berikut bunyinya:

Allaahumma innii as'aluka antarzuqnii rizqan halaalan waasi'an thayyiban min ghairi ta'abin walaa musyaqqotin walaa dhairin walaa nashabin innaka 'alaa kulli syai'in qadiir.

Artinya: “Ya Allah, aku minta kepada-Mu akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tanpa repot, dan kemelaratan dan tanpa keberatan dan sesungguhnya Engkau maha atas segala sesuatu.”

Tak hanya itu, ada juga doa yang bisa bebas dari utang dan segera dikabulkan permintaannya, berikut bunyinya:

Allahumma robbas samaawaatis sab'i wa robbal 'arsyil 'azhim, robbana wa robba kulli syaiin, faaliqol habbi wan nawaa wa munzilat tauroti wal injil wal furqon. A'udzu bika min syarri kulli syaiin anta akhidzum binashiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syaiun wa antal akhiru falaysa ba'daka syaiun, wa antazh zhohiru fa laysa fauqoka syaiun, wa antal baathinu falaysa dunaka syaiun, iqdli 'annad daina wa aghnina minal faqri.

Artinya:

"Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai 'Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Alquran). Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelah-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang lahir, tidak ada sesuatu di atas-Mu. Engkaulah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.