Sukses

Cara Membuat Mozaik Foto dengan Adobe Photoshop, Mudah untuk Pemula

Cara membuat mozaik foto adalah teknik pengeditan foto di mana gambar utama dibuat terdiri dari banyak potongan kecil yang disusun dalam pola tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat mozaik foto adalah teknik pengeditan foto di mana gambar utama dibuat terdiri dari banyak potongan kecil yang disusun dalam pola tertentu. Potongan-potongan kecil ini dapat berupa kotak, persegi panjang, atau bentuk-bentuk lainnya yang lebih kompleks, tergantung pada preferensi dan kreativitas pembuat mozaik.

Cara membuat mozaik foto dapat dibuat dengan menggunakan program komputer atau aplikasi pengeditan foto yang memungkinkan pengguna untuk mengatur pola dan ukuran potongan kecil, serta menyesuaikan warna dan kecerahan potongan-potongan tersebut agar sesuai dengan gambar utama. Salah satunya adalah Adobe Photoshop.

Cara membuat mozaik foto sering digunakan sebagai seni dekoratif atau karya seni, dan bisa digunakan untuk membuat poster, kanvas, atau bahkan taplak meja. Mozaik foto juga dapat digunakan untuk memperbaiki foto yang buram atau kurang berkualitas dengan menggantikan detail-detail tertentu dengan potongan-potongan kecil lainnya yang lebih tajam dan jelas. Berikut cara membuat mozaik foto dengan Adobe Photoshop yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (23/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Kumpulkan Foto Sebanyak-banyaknya

Mengumpulkan foto yang banyak penting dalam cara membuat mozaik foto, semakin banyak foto akan semakin artistik hasil mozaik foto. Mengumpulkan foto bisa dengan mencari foto gratis di internet atau foto yang pernah diabadikan sebelumnya. Foto yang banyak ini akan digunakan sebagai latar belakang dan satu foto yang akan dijadikan foto utama.

2. Buat Dokumen

Buka program Photoshop yang ada di laptop atau komputer, setelah itu buat dokumen baru dengan memilih File>New. Misalnya, buat dokumen dengan ukuran width 1500 dan height 1500 pixels. Dokumen ini nantinya akan diisi dengan 64 foto, atau 8×8.

3. Buat Guide Vertikal

Pembuatan guide ini dimaksudkan untuk memudahkan dalam menempatkan foto pada dokumen untuk pattern yang sebelumnya sudah dibuat. Caranya, pilih menu View>New Guide, pilih radio button Certical, lalu isikan Position 12,5%, setelah itu klik tombol OK. Nantinya akan terlihat garis guide vertikal.

Setelah satu garis guide vertikal dibuat, ulangi langkah di atas dengan membuat garis lain sebanyak enam buah. Pada kolom position, isi dengan beberapa angka yang berbeda, 25%, 37,5%, 50%, 62,5%, 75%, dan 87,5%. Setelah semua dibuat, maka akan didapatkan tujuh garis vertikal pada dokumen.

4. Buat Guide Horizontal

Cara membuat mozaik foto dilanjutkan dengan membuat garis horizontal. Caranya hampir sama seperti sebelumnya, pilih menu View>New Guide. Kemudian, pilih yang horizontal, dan buat tujuh garis seperti kita membuat guide vertikal. Isi posisinya dengan angka 12,5%, 25%, 37,5%, 50%, 62,5%, 75%, dan 87,5%.

5. Memasukkan Foto Pertama

Untuk memasukkan foto dalam dokumen di Photoshop, pilihlah menu File>Place, cari lokasi foto yang akan dimasukkan, kemudian klik foto dan klik tombol place. Foto yang masuk nantinya berupa smart object. Untuk mengatur foto, tekan terlebih dahulu tombol Shift pada keyboard, baru kemudian atur fotonya dengan menahan titik pada pojok foto dan geser. 

Tekan enter jika merasa sudah selesai. Setelah gambar tepat pada posisi kotak yang pertama, buatlah seleksi pada foto tersebut menggunakan Rectangular Marquee Tool, lalu tekan Ctrl+J pada keyboard. Akan terbentuk layer baru, setelah itu hapus smart object foto yang dimasukkan tadi. Setelah di seleksi, tekan Ctrl+j, lalu hapus layer smart object

3 dari 3 halaman

6. Ulangi Langkah ke-5

Ulangi langkah pada nomor 5 tadi, sampai semua kotak terisi dengan foto.

7. Define Pattern Mozaik

Jika semua kotak sudah terisi, langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuat pattern. Pilih menu Edit>Define Pattern. Isikan Mozaik di kolom Name, lalu klik tombol OK. Dokumen sudah dapat disimpan dan ditutup.

8. Tambahkan Efek Mozaik pada Foto

Pilih foto yang akan ditambahkan efek mozaik, setelah itu pilih menu File>Open. Buka foto yang dipilih tadi. Buat layer baru dengan meng-klik tombol Create a new layer di bawah panel untuk layer. Pilih foto yang ukurannya besar, agar foto mozaiknya memiliki hasil yang lebih bagus.

9. Fill Foto dengan Pattern Mozaik

Klik pada Layer 1 untuk memastikan bahwa layer tersebut yang aktif, lalu pilih menu Edit>Fill. Pada menu drop down Use, pilih Pattern. Lalu pada Custom Pattern, pilih pattern mozaik yang sudah kita buat sebelumnya. Setelah itu klik tombol OK.

10. Desaturate, Ubah Blend Mode, Atur Opacity

Desaturate Layer 1 dengan memilih menu Image>Adjustments>Desaturate. Lalu ubah blend mode menjadi overlay dan atur opacity-nya jika memang terlihat masih ada yang dirasa kurang. Mozaik foto sudah selesai.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.