Sukses

Berikut Ini Merupakan Teknis Dasar Sepak Bola Adalah 10 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Sepak bola merupakan olahraga populer yang dinikmati oleh jutaan orang di seluruh dunia. Sepak bola adalah olahraga tim yang melibatkan dua tim, masing-masing dengan sebelas pemain, bersaing satu sama lain di lapangan persegi panjang dengan tujuan mencetak lebih banyak gol daripada lawan. Untuk menjadi pemain sepak bola yang sukses, penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang teknik dasar sepak bola.

Berikut ini merupakan teknis dasar sepak bola, di antaranya termasuk teknik seperti passing, shooting, dribbling, tekel, dan bertahan. Selain teknik tersebut, seorang pemain sepak bola yang baik juga harus memiliki kebugaran jasmani, kecepatan, kelincahan, dan koordinasi. Salah satu aspek terpenting dalam sepak bola lainnya adalah kerja sama tim. Pemain sepak bola harus bekerja sama sebagai tim untuk mencapai tujuan dan memenangkan pertandingan.

Hal ini membutuhkan komunikasi yang efektif, kepercayaan, dan pemahaman bersama tentang taktik dan strategi yang digunakan oleh tim. Sepak bola bukan hanya olahraga yang menyenangkan dan mengasyikkan untuk dimainkan, tetapi juga menawarkan banyak manfaat fisik dan mental. Selain itu, sepak bola juga memerlukan kerja tim, disiplin, dan keterampilan kepemimpinan.

Lantas apa saja teknis dasar sepak bola yang diperlukan oleh para pemainnya? Berikut ini merupakan teknis dasar sepak bola yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (23/3/2023). 

2 dari 4 halaman

Apa Itu Sepak Bola?

Sepak bola adalah olahraga populer yang dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari sebelas pemain di lapangan persegi panjang dengan satu gol di setiap ujungnya. Tujuan permainan ini adalah untuk mencetak lebih banyak gol daripada lawan dengan menendang bola ke gawang tim lawan. Permainan ini dimainkan dalam dua bagian, masing-masing berlangsung selama 45 menit dengan istirahat 15 menit di antaranya.

Sepak bola adalah olahraga global dengan jutaan penggemar dan pemain di seluruh dunia. Itu dimainkan di tingkat amatir dan profesional, dan ada banyak kompetisi nasional dan internasional, seperti Piala Dunia FIFA, Liga Champions UEFA, dan Liga Utama Inggris. Sepak bola adalah olahraga yang menuntut fisik yang membutuhkan daya tahan, kekuatan, kecepatan, ketangkasan, dan koordinasi, serta keterampilan taktis dan strategis. 

Sepak bola juga merupakan olahraga tim yang menekankan kerja tim, komunikasi, dan disiplin. Sepak bola dinikmati oleh orang-orang dari segala usia dan merupakan cara yang bagus untuk tetap bugar secara fisik dan tajam secara mental. 

3 dari 4 halaman

Teknis Dasar Sepak Bola

Beberapa teknis dasar dalam sepak bola yang perlu dikuasai oleh pemain antara lain:

1. Mengoper bola 

Teknik ini meliputi cara mengontrol bola dan mengirimkan bola ke teman setim dengan akurat dan kuat. 

Cara melakukan teknik mengoper bola adalah dengan menggunakan bagian dalam kaki, posisikan kaki bagian dalam mengenai bola secara datar dan sejajar dengan permukaan tanah. Kemudian, pindahkan berat badan ke kaki non-dominan sambil memukul bola ke arah yang diinginkan dengan kaki dominan. Pastikan bola dioperkan dengan akurat dan kuat.

2. Menendang bola 

Teknik ini meliputi cara menendang bola dengan kaki bagian dalam, luar, atau ujung kaki, baik itu untuk mengirimkan bola ke rekan setim, mencetak gol, atau menghalau bola dari lawan.

Cara melakukan teknik menendang bola adalah dengan menggunakan bagian dalam, luar, atau ujung kaki. Untuk menendang bola dengan bagian dalam kaki, posisikan kaki dekat dengan bola, pindahkan berat badan ke kaki non-dominan dan kemudian, pukul bola dengan bagian dalam kaki. Untuk menendang bola dengan bagian luar kaki, posisikan kaki agak jauh dari bola, pindahkan berat badan ke kaki dominan dan kemudian, pukul bola dengan bagian luar kaki. Sedangkan untuk menendang bola dengan ujung kaki, posisikan kaki dominan mengarah ke bola, pindahkan berat badan ke kaki non-dominan dan kemudian, pukul bola dengan ujung kaki.

3. Menyundul bola 

Teknik ini meliputi cara menyundul bola dengan kepala, baik itu untuk mencetak gol, mengirimkan bola ke rekan setim, atau menghalau bola dari lawan.

Cara melakukan teknik menyundul bola adalah dengan melompat ke arah bola dan menggunakan kepala untuk mengarahkan bola ke arah yang diinginkan. Pastikan tubuh berada dalam posisi tegak saat menyundul bola, kepala mengarah ke bola, dan mata tetap mengikuti pergerakan bola.

4. Menggiring bola 

Teknik ini meliputi cara menggerakkan bola dengan kaki sambil menghindari pemain lawan dan mencari celah untuk melepaskan tendangan atau mengoper bola ke rekan setim.

Cara melakukan teknik menggiring bola adalah dengan menggunakan bagian dalam kaki. Tempatkan bola di depan kaki dan gerakkan bola maju-mundur, kanan-kiri dengan kaki bagian dalam. Pastikan gerakan bola tidak terlalu jauh dari kaki sehingga mudah dikendalikan.

5. Menerima bola

Teknik ini meliputi cara menangkap bola dan mengontrolnya dengan baik ketika bola datang dari rekan setim atau dari lawan.

Cara melakukan teknik menerima bola adalah dengan menggunakan bagian dalam kaki. Ketika bola datang ke arahmu, tekan bola dengan kaki bagian dalam untuk mengontrolnya dan mengarahkan bola ke arah yang diinginkan.

4 dari 4 halaman

6. Memiliki posisi yang baik

Teknik ini meliputi cara memposisikan diri agar bisa menerima bola dari rekan setim dan mengejar bola yang dioperkan oleh lawan.

Untuk memiliki posisi yang baik, perhatikan posisi rekan setim dan lawan serta arah bola. Pastikan kamu berada pada posisi yang strategis untuk menerima bola dari rekan setim atau untuk menghalau bola dari lawan.

7. Menjaga keseimbangan

Teknik ini meliputi cara menjaga keseimbangan saat berlari, menendang, atau menyundul bola.

Cara menjaga keseimbangan saat berlari atau menendang bola adalah dengan menjaga pusat gravitasi tubuh dan mengatur keseimbangan tubuh. Pastikan selalu berada dalam posisi tegak dengan kepala dan mata tetap mengikuti pergerakan bola.

8. Bermain bertahan 

Teknik ini meliputi cara menghalau bola dari lawan, memotong umpan, dan mengantisipasi gerakan lawan.

Cara bermain bertahan adalah dengan menutupi area yang dimiliki lawan dan menghalau bola dari mereka. Jangan terlalu agresif dan pastikan posisi tubuh selalu di antara bola dan gawang.

9. Bermain menyerang

Teknik ini meliputi cara menciptakan peluang gol, menggiring bola ke area lawan, dan bekerja sama dengan rekan setim untuk mencetak gol.

Teknis dasar sepak bola Bermain Menyerang adalah keterampilan penting bagi setiap pemain sepak bola. Bermain menyerang mencakup kemampuan untuk menciptakan peluang gol, menggiring bola ke area lawan, dan bekerja sama dengan rekan setim untuk mencetak gol. 

10. Mengoperasikan permainan

Teknik ini meliputi cara berkomunikasi dengan rekan setim dan menjalankan taktik dan strategi yang sudah disusun bersama dengan pelatih dan rekan setim.

Mengoperasikan permainan dalam sepak bola memerlukan kerja sama dan kolaborasi yang baik antara seluruh anggota tim. Selain itu, pemain juga harus terus berlatih dan mengasah kemampuan mereka dalam berkomunikasi, memahami taktik dan strategi, serta membuat keputusan yang cepat dan tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.