Sukses

Benda Kerajinan Memiliki Fungsi dalam Pembuatannya dan Fungsi Tersebut adalah Hias dan Pakai

Benda kerajinan memiliki fungsi dalam pembuatannya yaitu fungsi hias dan fungsi pakai.

Liputan6.com, Jakarta Benda kerajinan memiliki fungsi dalam pembuatannya yaitu fungsi hias dan fungsi pakai. Kerajinan tangan ini sudah berkembang di seluruh daerah di Indonesia, sehingga kamu mungkin mengenali berbagai kerajinan khas suatu kota atau daerah.

Kerajinan tangan adalah suatu keterampilan yang menghasilkan benda, yang memenuhi nilai tertentu dan memiliki nilai seni. Kerajinan tangan dibuat atas dasar nilai keindahan atau hias dan atas dasar nilai pakai atau gunanya.

Contoh kerajinan tangan sebagai hiasan di antaranya yaitu patung, lukisan, miniatur, bunga, dan berbagai benda yang memiliki nilai estetika. Sementara contoh kerajinan tangan dilihat dari fungsi pakai yaitu kursi kayu, meja, lampu hias, tikar, dan lain-lain.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (22/3/2023) tentang fungsi benda kerajinan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi Kerajinan Tangan

Sebelum mengenali fungsi kerajinan tangan, kamu tentunya perlu memahami apa itu kerajinan tangan terlebih dahulu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kerajinan tangan adalah pekerjaan tangan (bukan mesin). Sementara itu dalam konteks ini, kerajinan adalah barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (seperti tikar, anyaman, dan sebagainya). Kerajinan ini kerap juga disebut sebagai kriya, yang juga merupakan salah satu cabang seni. Jadi, seni kriya adalah seni kerajinan tangan.  

Sebuah proses pembuatan kerajinan tentunya akan menghasilkan suatu barang. Barang tersebut memiliki nilai-nilai fungsi tertentu. Selain nilai fungsi, barang hasil dari kerajinan juga memiliki nilai estetika yang tinggi di dalamnya. Pada dasarnya, benda kerajinan memiliki fungsi dalam pembuatannya dan fungsi tersebut adalah fungsi hias dan fungsi pakai.

Kerajinan tangan dengan fungsi hias adalah adalah kerajinan yang mengutamakan keindahan tanpa memperhatikan fungsi pemakaian dari barang tersebut. Sementara itu, sesuai dengan namanya kerajinan fungsi pakai adalah kerajinan yang hanya mengutamakan kegunaan dari benda yang dihasilkan tersebut dan memiliki nilai estetika sebagai tambahan agar lebih menarik. Jadi, benda kerajinan memiliki fungsi dalam pembuatannya dan fungsi tersebut adalah fungsi hias dan fungsi pakai.

3 dari 4 halaman

Fungsi Hias dan Fungsi Pakai dalam Kerajinan

Fungsi Hias

Benda kerajinan memiliki fungsi dalam pembuatannya dan fungsi tersebut adalah fungsi hias. Kerajinan tangan dengan fungsi hias mengutamakan keindahan tanpa memperhatikan fungsi pemakaiannya. Kerajinan tangan fungsi hias ini dibuat semata-mata sebagai hiasan pada suatu benda atau sebagai pajangan suatu ruang dengan memperhatikan nilai estetika tertentu.

Nilai estetik dalam kerajinan fungsi hias dilihat dari segi bentuk,warna ragam hias, dan komposisi. Dari segi bentuk disuguhkan aneka ragam bentuk, sesuai fungsi yaitu sebagai produk hiasan, baik bentuk dua atau tiga dimensi.

Kerajinan fungsi hias juga dapat dimodifikasi sedemikian rupa agar menciptakan nilai lebih pada benda tersebut. Modifikasi adalah mengubah,menggayakan,menambah atau menyederhanakan bentuk,memadukan aneka bahan, mengatur ulang komposisi warna, motif,dan menciptakan karya baru yang sangat berbeda dari asalnya.

Contoh benda kerajinan memiliki fungsi dalam pembuatannya dan fungsi tersebut adalah fungsi hias yaitu, patung, lukisan, miniatur, bunga, dan berbagai benda yang memiliki nilai estetika lainnya.

Fungsi Pakai

Benda kerajinan memiliki fungsi dalam pembuatannya dan fungsi tersebut adalah fungsi pakai. Fungsi pakai tentu sangat berkaitan dengan nilai kegunaan praktis dari produk kerajinan tersebut. Kerajinan tangan dengan fungsi pakai adalah kerajinan yang hanya mengutamakan kegunaan dari benda yang dihasilkan tersebut dan memiliki nilai estetika sebagai tambahan agar lebih menarik.

Kerajinan yang memiliki fungsi pakai adalah barang-barang yang lebih mengutamakan aspek fungsionalnya. Bisa dikatakan bahwa barang kerajinan tersebut dapat digunakan untuk membantu suatu pekerjaan. Contoh benda kerajinan memiliki fungsi dalam pembuatannya dan fungsi tersebut adalah fungsi pakai yaitu, kursi kayu, tikar, meja, lampu hias, dan lain-lain.

4 dari 4 halaman

Unsur Penting dalam Kerajinan Tangan dari Fungsi Hias

Benda kerajinan memiliki fungsi dalam pembuatannya dan fungsi tersebut adalah fungsi hias dan fungsi pakai. Dalam kerajinan fungsi hias selain unsur keunikan bahan, terdapat beberapa unsur penting yang membuat kerajinan dengan fungsi hias ini memiliki nilai jual dan seni. Unsur-unsur kerajinan tangan ini meliputi:

1. Keterampilan tangan

Untuk menciptakan kerajinan dengan fungsi hias yang bernilai seni diperlukan keterampilan tangan yang baik. Keterampilan tersebut meliputi merangkai dan menyusun bahan-bahan kerajinan menjadi benda yang memiliki fungsi hias.

2. Unsur Hias

Unsur hias dibuat dengan berbagai teknik seperti lukis,ukir, atau cetak. Ada dua jenis cara penerapan unsur hiasan pada produk kerajinan. Pertama, hiasan pada permukaan produk yaitu hiasan yang dibuat setelah produk kerajinan selesai dibuat. Sementara yang kedua adalah hiasan terstruktur yaitu hiasan yang dibentuk sejak awal kerajinan dibuat sehingga menyatu dengan produk itu sendiri.

3. Unsur Estetika

Estetika dalam kerajinan dengan fungsi hias dilihat dari segi bentuk,warna ragam hias, dan komposisi. Produk kerajinan dibentuk berdasarkan pada proporsi, komposisi, keseimbangan dan kesatuan, irama, dan pusat perhatian sehingga dihasilkan produk kerajinan yang harmonis. Adanya unsur estetika pada karya kerajinan dapat meningkatkan nilai lebih pada produk kerajinan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.