Sukses

12 Fakta Menarik tentang Neraka Berdasarkan Gambaran dalam Al-Qur'an, Ternyata Bisa Dingin

Berikut adalah sejumlah fakta menarik tentang neraka berdasarkan apa yang digambarkan Al-Qur'an dan Hadits.

Liputan6.com, Jakarta Dalam ajaran agama Islam, setiap amal perbuatan yang dilakukan setiap orang selama hidup didunia akan mendapatkan ganjarannya. Bagi yang berat timbangan amal baiknya, maka mereka akan mendapatkan ganjaran surga. Sedangkan bagi mereka yang berat timbangan amal buruknya, maka neraka adalah balasannya.

Neraka adalah seburuk-buruknya tempat. Bahkan jika ada satu tempat di dunia yang paling buruk sekalipun, neraka masih jauh lebih buruk dari itu. Bahkan dikatakan, mereka yang masuk ke dalam neraka karena amal buruknya, maka mereka telah mengalami kerugian besar.

Tidak hanya mengalami kerugian yang sangat besar, neraka juga akan membuat seseorang yang masuk ke dalamnya akan terhina. Allah berfirman dalam Surat Ali Imran ayat 192 yang artinya,

“Ya Rabb kami, sesungguhnya barang siapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang lalim seorang penolong pun.” (QS. Ali Imran: 192).

Lalu apa yang dimaksud dengan neraka, bagaimana gambaran neraka berdasarkan ayat-ayat Al-Qur'an? Berikut adalah sejumlah fakta menarik tentang neraka berdasarkan apa yang digambarkan Al-Qur'an, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (14/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Neraka adalah Makhluk Allah

Sama seperti halnya manusia, hewan, langit, bumi, dan seluruh alam semesta, neraka juga termasuk salah satu dari makhluk Allah SWT. Sebagai salah satu makhluk Allah, neraka adalah makhluk yang telah diciptakan. Dengan kata lain, meski saat ini belum kiamat, namun surga dan neraka telah ada sekarang.

Allah berfirman dalam Surat Ali Imran ayat 131, yang artinya,

”Dan peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.” (QS Ali Imran ayat 131)

Ayat tersebut menunjukkan bahwa neraka disediakan untuk orang-orang kafir. Menurut tafsir Imam Qurthubi, Ini sebagai bantahan terhadap kaum jahmiyah. Karena sesuatu yang belum ada, tidak akan pernah dijadikan janji

2. Neraka Memiliki Penjaga

Sama halnya seperti penjara, neraka pun juga memiliki penjaga-penjaga. Para penjaga neraka inilah yang akan memberikan siksaan kepada orang-orang kafir atas perintah Allah SWT. Dikatakan dalam Al-Qur'an bahwa para penjaga neraka ini memiliki perawakan yang besar dan ekspresi wajah yang menyeramkan.

Tidak hanya itu, para penjaga neraka ini juga memiliki suara yang amat garang dan memiliki temperamen yang kasar, sadis dan keras. Allah berfirman dalam Surat At-Tahrim Ayat 6, yang artinya,

"Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." (QS. At-Tahrim: 6)

3. Neraka Memiliki Pintu

Seperti yang telah sedikit dibahas sebelumnya, neraka adalah seburuk-buruknya tempat, di mana orang-orang kafir akan menerima siksaan yang kekal. Dan perlu diketahui, calon penghuni neraka nantinya akan masuk ke dalamnya melalui pintu-pintu sesuai dengan dosa yang telah mereka perbuat selama hidup di dunia.

Allah SWT dalam Surat Al-Hijr ayat 43 dan 44, yang artinya,

“Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya. Jahannam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan tertentu dari mereka” (QS. Al-Hijr: 43-44).

3 dari 5 halaman

4. Penghuni Neraka Akan Diikat dengan Rantai Belenggu

Neraka adalah tempat yang telah disiapkan oleh Allah SWt untuk orang-orang kafir dan orang-orang yang lebih banyak melakukan amal buruk selama hidupnya. Para penghuni neraka tersebut akan diperlakukan dengan hina. Orang-orang kafir juga akan dipasangi rantai belenggu di lehernya, sebagaimana telah difirmankan oleh Allah SWT dalam surat Al-Insan ayat 4 yang artinya,

"Sungguh, Kami telah menyediakan bagi orang-orang kafir rantai, belenggu dan neraka yang menyala-nyala." (QS. Al-Insan: 4)

Tidak hanya itu saja, setelah orang-orang kafir ini dipasangi rantai belenggu di lehernya, mereka akan diseret untuk dibawa ke dalam air yang sangat panas, lalu dibakar di dalam api.

“ketika belenggu dan rantai dipasang di leher mereka, sambil mereka diseret ke dalam air yang sangat panas, kemudian mereka dibakar di dalam api” (QS. Ghafir: 71-72).

5. Bahan Bakar Api Neraka

Sama halnya seperti api yang ada di dunia yang memerlukan bahan bakar untuk bisa tetap menyala, api neraka pun juga membutuhkan bahwan bakar. Namun berbeda dengan api yang ada di dunia yang membutuhkan bahan bakar kayu atau minyak, bahan bakar api neraka antara lain adalah manusia-manusia yang durhaka kepada Allah SWT dan juga batu.

Hal itu telah disampaikan dalam Al-Qur'an Surat At-Tahrim Ayat 6, yang artinya,

"Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." (QS. At-Tahrim: 6)

6. Panasnya Api Neraka 70 Kali Panasnya Api Dunia

Sulit untuk membayangkan seberapa panas api neraka. Namun Nabi Muhammad SAW pernah menggambarkan panasnya api neraka adalah 70 kali dari api yang pernah dibuat manusia di dunia. Dengan kata lain, api paling panas yang bisa dibuat oleh manusia kemudian itu dikalikan 70 kali, maka itu menjadi panasnya api neraka.

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

“Api yang dinyalakan oleh Ibnu Adam adalah satu bagian dari tujuh puluh bagian dari panasnya api Jahannam” (HR. Bukhari no. 3265, Muslim no. 2834).

Dalam Al-Qur'an juga dikatakan bahwa panasnya api neraka lebih panas dari teriknya sinar matahari.

“Orang-orang munafik berkata, ‘Janganlah kamu berangkat (pergi berperang) dalam panas terik ini.’ Katakanlah, ‘Api neraka Jahannam itu lebih panas(nya),’ jikalau mereka mengetahui” (QS. At-Taubah: 81).

4 dari 5 halaman

7. Neraka Ditarik 70.000 Tali

Neraka terikat pada 70.000 tali, yang pada setiap talinya ditarik oleh 70.000 malaikat. Dari Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

“Neraka (Jahannam) pada hari kiamat akan didatangkan, ia memiliki 70.000 tali. Pada setiap talinya terdapat 70.000 malaikat yang menariknya” (HR. Muslim no: 2842).

8. Dalamnya Neraka

Neraka adalah tempat yang sangat dalam. Bahkan jika sebuah batu dilemparkan ke dalam neraka, batu tersebut membutuhkan waktu hingga 70 tahun untuk bisa mencapai dasarnya.

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, beliau berkata,

“Kami pernah bersama Nabi shallallahu alaihi wasallam tiba-tiba beliau mendengar seperti suara benda jatuh ke dasar. Nabi shallallahu alaihi wasallam bertanya, ‘Tahukah kalian suara apa itu?’ Kami menjawab, ‘Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.’ Beliau bersabda, ‘Ini adalah batu yang dilemparkan ke neraka sejak 70 tahun yang lalu dan sekarang baru mencapai dasarnya’” (HR. Muslim no. 2844).

9. Makanan dan Minuman di Neraka

Meski di neraka, para penghuni neraka pun juga akan tetap akan diberi makan dan minum. Hanya saja, makanan dan minuman di neraka ini hanya akan menambah penderitaan para penghuni neraka. Adapun minuman yang akan diberikan kepada para penghuni neraka adalah air mendidih dan nanah, sebagaimana telah difirmankan Allah SWT dalam surat QS. An Naba ayat 24 dan 25, yang artinya,

“mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah” (QS. An Naba’: 24-25).

Sedangkan makanan yang kan diberikan kepada para penghuni neraka adalah buah zaqqum, sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Ad-Dukhan ayat 43-46. yang artinya,

“Sesungguhnya pohon zaqqum itu, makanan orang yang banyak berdosa. (Ia) sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut, seperti mendidihnya air yang amat panas” (QS. Ad-Dukhan: 43-46).

Nabi Muhammad SAW pernah memberikan gambaran tentang betapa mengerikannya buah zaqqum itu.

“Kalaulah saja setetes dari buah zaqqum menetes di dunia, niscaya akan menimbulkan kerusakan terhadap kehidupan penduduk dunia” (HR. At Tirmidzi no. 2585, ia berkata, “hasan shahih”).

5 dari 5 halaman

10. Pakaian Penghuni Neraka

Para penghuni neraka juga akan diberikan pakaian yang akan menambah penderitaan mereka. Bagaimana tidak, pakaian yang akan dikenakan oleh para penghuni neraka adalah pakaian yang terbuat dari api neraka itu sendiri. Bisa dibayangkan betapa menderitanya para penghuni neraka.

Allah SWT berfirman,

“Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka. Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit (mereka). Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi.” (QS. Al-Hajj: 19-21).

11. Siksaan Paling Ringan

Seringan-ringannya siksaan di neraka, tetaplah sangat mengerikan. Adalah Abu Thalib, sosok yang disebutkan akan menjalani siksaan paling ringan di neraka. Dia akan mengenakan sandal yang terbuat dari api neraka. Akan tetapi karena sandal tersebut sangat panas, otaknya sampai mendidih.

Dari An Nu’man bin Basyir radhiallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

”Penduduk neraka yang paling ringan siksaannya di neraka adalah seseorang yang memakai dua sandal neraka yang memiliki dua tali. Kemudian otaknya mendidih karena panasnya sebagaimana mendidihnya air di kuali. Orang tersebut merasa tidak ada orang lain yang siksanya lebih pedih dari siksaannya. Padahal siksaannya adalah yang paling ringan diantara mereka” (HR. Muslim no. 213).

Dalam riwayat lain disebutkan orang tersebut adalah Abu Thalib, paman Nabi. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Penduduk neraka yang paling ringan siksaannya di neraka adalah Abu Thalib. Ia memakai dua sandal neraka yang membuat otaknya mendidih karena panasnya” (HR. Ahmad 4/241, dishahihkan oleh Ahmad Syakir dalam ta’liq-nya terhadap Musnad Ahmad).

12. Neraka Bisa Dingin

Neraka selalu digambarkan dengan panas api yang melebihi panasnya api yang ada di dunia. Akan tetapi, siksa neraka tidak selalu dengan panas api neraka saja, tapi juga bisa menyiksa dengan dingin. Allah SWT berfirman,

“mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan air yang sangat dingin (ghassaq)” (QS. An Naba’: 24-25).

Ghassaq ditafsirkan oleh sebagian ulama sebagai nanah, dan sebagian ulama yang lain menafsirkan bahwa ghassaq adalah air yang busuk yang sangat dingin. Ibnu Katsir dalam Tafsir-nya menggabungkan dua makna ini, maka ghassaq adalah air yang busuk yang luar biasa dingin tak tertahankan, yang berasal dari nanah dan keringat penghuni neraka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.